Campuspedia – Yogyakarta (Jogja) menjadi salah satu destinasi banyak pelajar atau mahasiswa untuk menempuh pendidikan. Selain karena di sana bertebaran banyak kampus negeri terbaik di Indonesia, konon katanya biaya hidup kuliah di Jogja juga murah.

Apakah benar demikian? Simak rincian biaya hidup kuliah di Jogja berikut ini.

Rincian Biaya Hidup Mahasiswa Jogja

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Sebutan tersebut bukan hal yang mengherankan mengingat di daerah tersebut tersebar banyak sekolah-sekolah terbaik yang menghasilkan banyak pelajar berprestasi.

Tak hanya itu saja, di Jogja juga tersebar banyak kampus negeri. Salah satu kampus negeri, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) bahkan masuk dalam top 10 PTN terbaik di Indonesia.

Selain UGM, ada juga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta. Tentunya, selain kampus negeri, kampus swasta di Yogyakarta pun juga tak kalah bagusnya.

Hal tersebut pun membuat banyak orang berbondong-bondong untuk melanjutkan pendidikan di kota pelajar ini. Apalagi, katanya, biaya hidup kuliah di Jogja terbilang murah.

Menurut sumber, dibandingkan dengan beberapa kota “besar” lain di Indonesia, biaya hidup di Jogja, khususnya sebagai mahasiswa rantau, memang terbilang murah.

1. Biaya tempat tinggal

Biaya sewa kos per bulan dipatok dengan harga mulai dari Rp400 ribu dengan fasilitas yang cukup. Jika ingin kos dengan fasilitas lebih, mahasiswa bisa memilih kos dengan harga sewa Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Besar kecilnya biaya sewa kos ini tidak hanya dilihat dari fasilitas, tapi juga dari jauh-dekatnya dari kampus. Selain itu, perlu diingat jika beberapa kos mungkin menerapkan sistem pembayaran per 3-6 bulan di depan, tergantung kebijakan masing-masing.

Slain kos, ada pula apartemen dengan biaya sewa mulai dari Rp2 juta per bulan maupun kontrakan dengan biaya sewa mulai dari sekitar Rp10 juta per tahun.

2. Biaya makan (konsumsi)

Soal makan sehari-hari, kamu juga tidak perlu khawatir karena di Yogyakarta ada banyak makanan murah.

Sumber mengatakan jika makan di warung (nasi + lauk) bisa dimulai dari harga Rp10 ribu – Rp12 ribu sekali makan. Jika hanya membeli lauk, harga dimulai dari Rp8 ribu hingga Rp11 ribu dan nasi bisa memasak sendiri.

Tentunya biaya makan di atas tergantung di mana dan apa yang dibeli. Jika membeli makan di restoran atau kafe, harganya lebih dari itu.

3. Biaya hidup sebagai mahasiswa Jogja

Hal penting lain perlu menjadi perhitungan sebagai mahasiswa rantau di Yogyakarta adalah kebutuhan sehari-hari sebagai mahasiswa, seperti print, fotokopi, iuran, pulsa data, dan lain-lain.

Biaya satu ini tergantung dari aktivitas sehari-hari sebagai mahasiswa. Namun menurut sumber, Rp125 ribu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan satu ini. Jika kamu termasuk mahasiswa sibuk, biayanya tentu lebih dari ini.

Sementara itu untuk kebutuhan bulanan, seperti persediaan bahan makanan, air, bahan kebersihan biaya diperlukan sekitar Rp300 sebulan, tergantung merk serta kapasitas penggunaan harian.

4. Biaya transportasi

Transportasi juga menjadi bagian dari biaya hidup kuliah di Jogja yang perlu diperhitungkan.

Menurut sumber, ada bermacam moda transportasi yang bisa diandalkan mahasiswa Yogyakarta selain kendaraan pribadi. Ada Trans Jogja yang tarifnya mulai dari Rp3,5 ribu sekali jalan. Ada pula angkutan kota dengan tarif Rp5 ribu – Rp6 ribu sekali jalan.

Jika sedang terburu-buru atau ingin pergi ke tempat yang jauh, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi ojek online dengan tarif sesuai dengan aplikasi yang digunakan masing-masing.

5. Biaya rekreasi

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota yang sarat akan wisata. Jadi mahasiswa yang butuh liburan atau healing bisa pergi ke tempat wisata sekitar atau sekadar nongkrong di kafe dengan tarif mulai dari Rp50 ribu sekali pergi.

Itulah rincian biaya hidup kuliah mahasiswa Jogja. Selama kamu tahu cara untuk berhemat dan mampu mengendalikan diri, hidup di Yogyakarta pasti akan terasa murah. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *