Halo Sobat Campuspedia! Menurut kamu, apakah membangun personal branding itu diperlukan? Mungkin kebanyakan orang masih berpikir kalau personal branding itu hanya dibutuhkan oleh orang-orang penting. Padahal, manfaat personal branding itu banyak sekali, khususnya untuk kamu ingin berselancar di media sosial, lho!

Pertanyaannya, kamu ingin dikenal sebagai apa? Nantinya, personal brandinglah yang akan menentukan bagaimana orang lain menggambarkan dirimu, apakah kamu seorang introvert, ekstrovert, pemimpin yang sederhana, atau penggambaran yang lain.

Dengan dukungan dari perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang dan beragam media sosial yang dapat kamu gunakan. Pastinya, hal tersebut akan membuat proses saat kamu ingin membangun personal branding akan lebih mudah, bukan? Namun, jangan sampai kamu lebih condong ke arah pencitraan ya, Sobat Campuspedia!

Tidak dapat dipungkiri kalau kedua hal tersebut memiliki banyak kesamaan. Namun, sebenarnya value yang diberikan berbeda jauh, lho! Hal ini disebabkan karena personal branding lebih memfokuskan pada core competencies yang dimiliki oleh seseorang. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 

Sebenarnya, Apa Itu Personal Branding?

Sebenarnya, Apa Itu Personal Branding?

Bagi Sobat Campuspedia yang belum tahu, personal branding adalah cara yang kamu lakukan untuk mempromosikan diri, karier, dan pencapaian terbaikmu ke orang lain. Baik di media sosial maupun dunia nyata. Oleh sebab itu, setiap individu pastinya memiliki personal brandingnya masing-masing. Hal tersebut juga ditentukan berdasarkan persepsi orang lain terhadap dirimu yang nantinya akan menjadi personal branding yang kamu miliki.

Di era sekarang, personal branding bukan lagi hanya perkara soal bisnis saja, tetapi telah meluas menjadi ajang untuk memperkenalkan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap individu. Jadi, kamu harus memahami kalau mengoles citra diri kamu itu sangat penting untuk membentuk personal branding yang sesuai dengan dirimu, ya!

Baca Juga: 

Lantas, Apa Pentingnya Personal Branding?

Lantas, Apa Pentingnya Personal Branding?

Kamu pasti sudah mengetahui kalau persaingan di dunia karier semakin lama semakin ketat. Hal ini disebabkan karena semakin banyak orang yang berlomba untuk menunjukkan bahwa diri mereka adalah yang terbaik dibandingkan orang lain. Dengan adanya personal branding, pastinya dapat mendukung kamu baik dalam hal karier maupun kehidupan, lho!

Saat kamu memperhatikan personal branding apa yang kamun miliki, pastinya akan membuat kamu lebih peduli terhadap dirimu sendiri. Misalnya saja saat kamu sedang melamar pekerjaan, selain Curriculum Vitae (CV) dan portofolio, personal branding yang kamu tunjukkan di media sosial juga dapat menjadi salah satu faktor pendukung, lho!

Oleh sebab itu, mulai sekarang, cobalah untuk memfilter jejak digital media sosialmu ke arah yang positif. Bisakah kamu membayangkan, ketika kamu melamar pekerjaan, tetapi jejak digitalmu diketahui sangat buruk, apakah perusahaan akan menerima kamu?

Baca Juga:

Manfaat Personal Branding di Media Sosial yang Harus Kamu Pahami!

Manfaat Personal Branding di Media Sosial yang Harus Kamu Pahami!

1. Membantu Kamu Terlihat Lebih Unggul Dibandingkan dengan Para Pesaingmu

Di era serba digital seperti sekarang, segala sesuatu dapat lebih mudah untuk dicari, tak terkecuali jejak digital yang kamu tinggalkan di media sosial milikmu. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Career Builder di tahun 2018, sekitar 70% HR menggunakan media sosial sebagai salah satu faktor untuk memfilter para kandidat dalam proses rekruitmen kerja.

Jadi. Jika kamu sudah membangun personal branding yang baik di media sosialmu, maka dapat dipastikan kalau anntinya first impression para rekruter akan lebih baik padamu dibandingkan dengan para kandidat yang lain, bukan?

2. Dapat Memperluas Relasi

Saat kamu mengembangkan keahlian, kemampuan, dan minat yang kemudian kamu tunjukkan di media sosial yang kamu punya, mungkin hal tersebut akan menjadi sebuah keuntungan bagimu, lho! Bagaimana tidak, dengan begitu pastinya kamu dapat terhubung dengan orang-orang professional lainnya yang memiliki minat yang sama dengan yang kamu miliki.

Baca Juga: 

3. Membantumu untuk Membangun Sebuah Kredibilitas

Untuk membangun sebuah kredibilitas, dibutuhkan tindakan nyata yang kuat, salah satunya dengan membentuk personal branding di media sosial. Kamu pasti sudah paham dengan manfaat personal branding yang satu ini, pastinya kamu dapat menunjukkan keahlianmu pada para audiens di media sosial yang kamu punya. Coba kalau kamu malu untuk menunjukkannya, bukankah hal tersebut akan membuat keahlianmu kurang dikenal banyak orang

4. Pastinya, Akan Mempermudah Perjalananmu dalam Berkarier

Manfaat personal branding selanjutnya adalah kamu dapat menumbuhkan keyakinan pada orang-orang yang ingin bekerja sama denganmu, lho! Biasanya, hal tersebut dapat diketahui melalui media sosial atau jejak digitalmu di internet nih, Sobat Campuspedia! Ketika hal-hal positif tentangmu yang mereka temukan di Google, bukankah hal tersebut akan membuat perjalananmu dalam berkarier akan menjadi lebih mudah?

5. Belajar Banyak Hal Baru untuk Menambah Pengalaman

Sebelum kamu memulai langkah pertama untuk membentuk sebuah personal branding di media sosial, bukankah kamu diharuskan untuk belajar banyak hal? Misalnya saja seperti menulis, mengedit, atau melakukan keahlian-keahlian lain yang dapat kamu tunjukkan di media sosialmu. Meskipun kamu belum menguasai sepenuhnya, tetapi at least kamu pasti akan “dipaksa” unyukk belajar mengenai hal-hal tersebut nih, Sobat Campuspedia!

Jadi, apakah personal branding itu penting? Jelas, personal branding sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat untuk menunjang karier ke depannya nanti. Namun, kamu juga harus ingat kalau untuk membangun sebuah personal branding membutuhkan proses yang tidak sebentar. Maka dari itu, segeralah mulai dari sekarang, ya!

Baca Juga:

Kamu ingin dapat informasi lain seputar upgrade skill dan persiapan karier? Yuk, ikuti instagram  dan pantau kelas online yang tersedia di web  untuk bantu kamu mengembangkan skill dan mempersiapkan karier yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *