Cara menambah kosakata bahasa Inggris – Hallo Campuspedia Friends! Saat ini Orang-orang sudah harus belajar bahasa Inggris karena kebutuhan yang semakin tinggi. Salah satu alasanya mulainya kerja sama perusahaan asing dengan Indonesia yang akhirnya menuntut pekerjanya lancar bahasa Inggris. Hal lain lagi seperti keinginan belajar di luar negeri atau masalah sepele cumanmau ngerti film bahasa Inggris.

Walaupun sangat dibutuhkan, tapi masih ada beberapa orang yang merasa payah banget bahasa Inggrisnya. Banyak nih yang mengerti orang lain saat ngomong bahasa Inggris, tapi gak bisa pas disuruh ngomong karena kurangnya pengetahuan vocabulary.

Alasannya orang gak bisa bahasa Inggris pun bermacam-macam. Salah satunya malas belajar. Banyak di antara mereka yang merasa jenuh kalau belajar dari buku. Berasa gak ada yang bisa ditangkap gitu.

Makanya Minca mau kasih tips belajar cara menambah kosakata bahasa Inggris selain dari buku biar kamu gak merasa jenuh!

Baca juga : 

1. Nonton film dengan subtitle Inggris

Cara paling gampang dan bisa dilkukan semua orang nih. Tentunya kamu pasti suka nonton film atau drama kan? Cara ini cocok banget buat kamu! Gak perlu film barat yang menggunakan bahasa Inggris kok. Film Jepang, Korea, China, atau India sekalipun bisa kamu coba dengan pasang subtitle berbahasa Inggris.

Cara ini efektif banget buat yang masih kesulitan bahasa Inggris. Setidaknya kamu perlu tahu arti kosakata Inggrisnya. Kalau udah merasa ngerti, bisa tuh next stage cari film barat dan menonton tanpa subtitle.

2. Bermain game

Cara menyenangkan lainnya adalah dengan bermain game. Selain jadi pengisi waktu luang, bermain game bisa jadi tips menambah kosakata bahasa Inggris. Setting game mu jadi bahaasa Inggris ya.

Oh ya, akan lebih bagus kalau kamu bermain game yang punya storyboardnya. Kalau ada storyboard atau alur cerita game, kamu pasti pengen baca buat tahu jalan ceritanya kan. Percumakalau bermain game yang cuman sekali main karena bahasa Inggrismu cuman terbatas menu option aja.

3. Ikut komunitas atau forum berbahasa Inggris

Kamu punya ketertarikan atau hobi sesuatu? Boleh tuh join komunitas internasionalnya. Praktik langsung dengan ngobrol sama orang asing juga bisa membantu untuk memperkaya kosakata kamu. Kamu juga bisa belajar percakapan sehari-hari nih. Ingat lho! Orang luar itu gak terlalu pentingin grammar, yang penting apa yang kamu sampaikan itu dimengerti oleh mereka.

4. Ikut course atau pelatihan berbahasa Inggris

Mau belajar bahasa Inggris tapi mau belajar skill lainnya juga. Tapi gak ada waktu buat belajar dua-duanya. Kalau begitu kenapa kita tidak gabungkan saja?

Bisa bahasa Inggris memang skill yang penting. Tapi jangan lupakan skill penting lainnya. Kamu bisa lho belajar skill dari course atau pelatihan yang pembelajarannya bahasa Inggris, seeperti Coursera. Selain kamu bisa dapat skill yang mau kamu pelajari, kamu bisa menambah kosakata bahasa Inggris baru saat menonton videonya.

Baca juga : 

5. Jadikan bahasa inggris sebagai bahasa bawaan aplikasi di hp

Bisa itu dimulai karena terbiasa. Jadi mulai saat ini ubahlah semua apliaksi yang ada di ponselmu menjadi bahasa Inggris. Kalaupun ada bagian yang gak kamu mengerti, lama-lama kamu akan terbiasa untuk bisa bahasa Inggris karena setiap hari melihat bahasa Inggris di ponselmu.

6. Cari teman buat ngobrol bahasa Inggris

Kalau ikut komunitas internasional kan kamu cuman bisa ngobrol dengan media chat atau tulisan ya. Nah, kamu perlu juga cari teman yang bisa diajak ngobrol bahasa Inggris. Percuma dong kalau kamu punya banyak kosakata di kepala tapi pas disuruh ngomong malah gagap.

7. Belajar dari Youtube

Gak suka belajar dari buku? Atau ngerasa belajar dari buku itu terlalu kaku? Sekarang teknologi udah makin canggih nih. Orang-orang pun sudah mulai beralih ke Youtube. Kamu bisa lho cari channel yang mengajarkan bahasa Inggris.

8. Dengerin lagu berlirik bahasa inggris

Cara menambah kosakata bahasa Inggris paling cocok buat penikmat musik. Pilihlah lagu yang memiliki lirik bahasa Inggris. Dari lagu bahasa Inggris, kamu bisa belajar arti lirik tiap kosakatanya, spelling kosakatanya bagaimana, dan juga cara pengucapannya yang benar.

9. Baca artikel luar negeri

Kalau kamu suka baca artikel, cobalah membaca artikel luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris. Topiknya gak harus berita berat yang membahas politik kok. Topik ringan malah lebih bagus biar kamu juga gak jenuh. Misalnya topik Korea, tips diet atau kesehatan, atau dll.

Baca juga : 

Dengan cara-cara di atas, kamu gak perlu takut belajar bahasa Inggris lagi deh! Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *