Hallo Campuspedia Chingu! Ketika kita sudah memiliki pekerjaan akan ada saat dimana mulai menginginkan suasana baru, atau mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Sebelumnya kita harus melakukan resign terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara untuk membuat alasan resign agar tetap terlihat profesional. Simak informasinya berikut ini.

Resign

Resign dapat diartikan dengan mengundurkan diri dari pekerjaan. Dalam dunia kerja kita akan mendengar istilah ini. Istilah resign berlaku untuk siapa saja, bagi para staf maupun orang dengan jabatan yang tinggi. Untuk dapat resign kita memerlukan alasan yang kuat, alasan yang dibuat pun bisa bermacam-macam sesuai dengan kondisi yang ada. 

Namun, ada baiknya jika kita melakukan resign dengan alasan yang baik dan masuk akal agar tetap terlihat profesional.

Jika kamu sudah memutuskan untuk resign, pilihlah alasan yang baik agar citra terakhir yang kalian tinggalkan tetap baik dan berkesan.

Baca juga:

Cara Resign Yang Sopan & Baik 

  • Tidak melakukannya secara mendadak
  • Tetap menjaga kinerja sampai masa resign
  • Membuat surat resign resmi
  • Tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja
  • Jangan lupa untuk berpamitan dengan rekan kerja sebelumnya dan atasan

Itu dia beberapa cara mengundurkan diri atau resign yang baik dan sopan. Lalu apa saja alasan yang bisa kamu berikan untuk resign.

Alasan Resign

Melanjutkan Pendidikan

 

Melanjutkan pendidikan dapat menjadi alasan resign yang bagus dan terkesan profesional. Kamu bisa mengatakan bahwa ingin melanjutkan pendidikan S2/S3 kepada atasanmu. Dengan itu atasanmu akan berpikir bahwa kamu memang orang yang mengutamakan pendidikan. Selain itu mungkin permintaan resign akan cepat disetujui.

 

Penawaran Jenjang Karir yang Lebih Baik

 

Lalu kamu juga bisa menggunakan alasan sudah mendapatkan penawaran kerja yang lebih baik. Hal ini akan dilihat oleh atasanmu sebagai langkah untuk pengembangan diri. Kalian akan terlihat sebagai orang yang ingin terus berkembang, walaupun harus pindah ke tempat kerja yang lain.

Baca juga:

 

Keluarga

 

Alasan resign yang baik selanjutnya adalah keluarga. Alasan ini tidak hanya digunakan oleh karyawan wanita saja. Contoh alasan resign keluarga yaitu ingin merawat orang tua, kehamilan, pindah rumah, dan sebagainya. Ini menunjukan kamu orang yang mengutamakan keluarga dibanding apapun. Hal ini dapat meninggalkan kesan yang baik untuk atasan dan juga rekan kerjamu.

 

Ingin Menjadi Karyawan Tetap

 

Jika kamu seorang pekerja kontrak atau part-time ini akan menjadi alasan yang bagus. Terlebih jika kalian tidak kunjung diangkat menjadi karyawan tetap. Menjadi karyawan tetap akan memberimu keuntungan dan pendapatan yang lebih baik. Untuk itu alasan ini bisa digunakan untuk alasan resign yang baik. Selain itu jika perusahaan tidak mengangkatmu menjadi karyawan tetap, mereka tidak memiliki alasan untuk tidak mengabulkan permohonan resign.

 

Gaji Tidak Sesuai

 

Hal terakhir yang bisa digunakan untuk alasan adalah gaji yang tidak sesuai dengan beban pekerjaan yang dilakukan. Dalam perjanjian kerja biasanya tertulis besaran gaji yang akan diterima serta tugas yang diberikan. Namun jika tugas yang diberikan melebihi dengan yang ada di kontrak, kalian bisa menggunakan alasan ini, Karena pekerjaan yang kamu lakukan tidak sebanding dengan besaran gaji yang diterima.

Baca juga:

Sekian informasi yang dapat minca seputar memberikan alasan resign yang profesional. Jika pekerjaan yang kalian lakukan kurang cocok dengan yang diharapkan, kalian bisa menggunakan alasan di atas untuk mengajukan resign. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *