Cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview memang gampang-gampang susah. Kita dituntut untuk berkata jujur. Namun, perlu hati-hati, jawaban yang keluar harus diperhitungkan. Ingin tahu bagaimana tips dan trik menjawab kelebihan dan kekurangan sata interview? Langsung aja simak di artikel berikut ini.

Apa kelebihan kamu?

Saat interview berlangsung, HRD akan meminta kamu menjelaskan tentang kelebihanmu .

Banyak orang termasuk kamu mungkin bingung, bagaimana menjawab pertanyaan “Apa kelebihan kamu” tanpa terlihat sombong atau narsis.

Kamu berharap jawaban yang keluar dari mulutmu adalah jawaban yang jujur, namun tetap professional.

Ini bukan hal yang sulit, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapan. Siapkan jawaban yang bisa membuat Anda tampak menonjol dan beda dari pelamar lain.

Jangan hanya menyebutkan kelebihan, tapi buatlah kelebihan tersebut dalam sebuah kisah yang menarik untuk didengar.

Baca juga:

Contoh Cara Menjawab Kelebihan Saat Interview

  1. Dapat bekerja secara kolaboratif bersama tim, merupakan salah satu kelebihan terbaik saya. Tahun lalu, saya berkesempatan untuk tergabung dalam suatu project hasil gabungan antar Universitas. Saat itu,  saya dipercaya untuk menjadi pemimpin project. Selama project berlangsung, saya bekerja dengan baik untuk bisa berbaur dan menginspirasi anggota tim yang beragam, serta bekerja berdampingan dengan mereka untuk mencapai tujuan project .
  2. Menulis adalah kelebihan utama saya. Saya mampu melakukan riset mendalam untuk dapat menghadirkan konten yang dibutuhkan oleh pembaca. Saya juga ahli dalam mengelola waktu, sehingga walaupun banyak deadline, pekerjaan tetap dapat terselesaikan dengan baik. Hingga saat ini, saya telah terlibat di beberapa project menulis, dan yang terakhir saya dipercaya untuk mengelola konten artikel website untuk salah satu rumah sakit swasta terkenal di Jakarta.
  3. Kekuatan terbesar saya adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien. Saya dapat melihat situasi tertentu dari berbagai perspektif, sehingga walaupun saya berada dalam kondisi menantang saya mampu menemukan jalan keluar terbaik untuk masalah yang sedang saya hadapi. Saya pikir kemampuan saya untuk melihat semua sisi dari suatu masalah akan membuat saya menjadi aset yang hebat bagi tim.
  4. Kelebihan yang selalu saya banggakan adalah, saya orang yang berdedikasi penuh atas pekerjaan saya. Sekali saya melangkah dan memutuskan untuk terlibat dalam suatu project, maka saya pastikan pekerjaan itu akan selesai dengan hasil semaksimal mungkin. Oleh karena itu, saya pastikan jika saya tergabung dalam tim ini, saya akan menunjukkan kemampuan saya secara maksimal, dan mengusahakan yang terbaik untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama.

Contoh jawaban di atas bisa kamu rangkai sesuai dengan kelebihan yang kamu miliki. Jika saat ini kamu masih kesulitan menemukan apa kelebihan utamamu, coba untuk menanyakan itu pada teman atau orang terdekat.

Apa kekurangan kamu?

Pertanyaan kedua yang sering ditanyakan selain kelebihan adalah “Apa kekuranganmu?”

Ini pertanyaan yang sulit sekaligus menjebak. Bagaimanapun jika kamu menjawab tidak ada, itu akan membuat kamu tampak sombong dua kali lipat. Namun, jika kamu menjawab banyak hal negatif tentang dirimu, ini bisa jadi memperkecil peluang kamu diterima.

Tipsnya: Cobalah untuk tetap rendah hati mengatakan apa kekuranganmu, dan beri solusi atas kekurangan yang kamu sebutkan.

Cara ini dianggap efektif untuk memberikan gambaran pada recruiter, tentang bagaimana kamu mengatasi setiap kekurangan yang kamu miliki.

Baca juga:

Contoh Cara Menjawab Kekurangan Saat Interview

  1. Perfeksionis: Kekurangan terbesar saya selama bekerja adalah saya selalu menginginkan hasil yang terbaik. Sisi perfeksionis saya terkadang membuat saya kesulitan untuk mengambil langkah pertama dalam penyelesaian tugas. Oleh karena itu, setiap saya mencoba untuk memulai suatu pekerjaan, saya akan coba tanamkan mindset bila tidak ada pekerjaan di dunia ini yag sempurna. Mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali. Hal-hal seperti ini biasanya membantu saya untuk lebih percaya diri dalam mulai mengerjakan suatu tugas.
  2. Tidak sabar: Cara kerja saya yang serba cepat, membuat saya kurang sabar bekerja dengan orang yang ritme kerjanya lambat. Ini kemudian membuat saya harus mengambil tugas mereka dan menanganinya sendiri. Jika sudah seperti ini, biasanya saya akan merasa kelelahan dan membuat pihak lain merasa bersalah. Untuk mengatasinya, biasanya saya akan mencari tahu penyebab ritme kerja mereka melambat. Bisa jadi mereka mengalami kesulitan yang tidak saya ketahui. Oleh karena itu, penting bagi saya untuk berempati dan melihat dari perspektif lain kondisinya, agar tercipta win win solution
  3. Mudah lelah: Saya suka terlibat dalam banyak pekerjaan, ini kemudian membuat saya menjadi mudah lelah dan burnout. Untuk mengatasinya, di awal minggu saya selalu membuat skala prioritas pada hal-hal yang perlu saya selesaikan. Skala prioritas ini membantu saya dalam memilah pekerjaan yang penting dan tidak penting untuk dilakukan. Dengan begitu, saya dapat menghemat energi saya, untuk pekerjaan lain atau untuk istirahat.
  4. Pelupa: Kelemahan terburuk saya adalah pelupa. Saya dapat terlibat di banyak kegiatan namun lupa akan jadwal meeting yang perlu saya datangi. Sebagai solusinya, setiap ada jadwal meeting, di waktu itu juga saya akan langsung mencatatnya di kalender online saya. Hal ini berguna untuk memantau apakah hari itu saya sudah memiliki agenda lain dan untuk pengingat bagi saya di hari selanjutnya.

Kuncinya adalah menjawab secara jujur dan profesional

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jawab setiap pertanyaan “Apa kelebihan dan kelemahan Anda?” secara jujur namun, tetap menunjukkan sisi kompetensi kamu dalam bekerja.

Artikel di atas semoga membantu kamu dalam menemukan ide jawaban untuk pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan kamu saat interview.

Sukses selalu dan sampai jumpa.

Baca juga:

Biar ga ketinggalan info seputar kampus, yuk follow official Instagram, facebook, twitter, dan LINE Campuspedia!

  • Instagram :
  • Facebook  :
  • Twitter      :
  • Line          :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *