Hallo Campuspedia Friends! Siapa disini yang siap jadi anak rantau? Biasanya kalau lokasi kampus atau tempat kerjamu jauh dari rumah, mau gak mau harus merantau ya. Tapi sebelum kamu merantau, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips merantau supaya kamu bisa survive nantinya. Soalnya, persiapan sebelum merantau itu penting lho!

Yuk, yang bentar lagi harus merantau, segera merapat! Kita bahas tips merantau satu – satu ya.

Baca Juga:

persiapan sebelum merantauRestu Orang Tua

Mendapatkan restu orang tua dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan tuh memang penting ya, Campuspedia Friends. Makanya, salah satu persiapan sebelum merantau itu harus mendapatkan restu orang tua dulu ya.

Dengan menerima restu dari kedua orang tuamu, niscaya perantauanmu di lokasi baru akan berjalan lancar dan baik – baik saja.

Lakukan Riset Lokasi Sederhana

Nah, salah satu tips merantau yang bisa kamu lakukan tentunya melakukan riset terlebih dahulu mengenai lokasi rantaumu ya.

Lakukan riset sederhana seperti bagaimana budaya disana, lokasi makan yang murah, dan lainnya yang akan menunjang keperluan sehari – harimu. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kamu gak akan bingung lagi kalau nanti mau kemana – mana.

Baca Juga:

Jangan Boros!

Kalau yang satu ini, merupakan tips merantau paling absolut yang harus kamu lakukan. Intinya dalam merantau itu harus bisa manage keuangan sendiri dengan baik. Kalau boros, kamu sendiri nanti yang bakalan repot.

Mulailah untuk belajar hidup irit ya. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa melakukan perhitungan biaya hidupmu selama merantau nanti. Jadi kamu bisa memperkirakan berapa banyak uang yang kamu perlukan sekaligus menabung sisanya untuk keperluan mendesak nanti.

Punya Rekening Tabungan

Biar kamu gak sengsara di akhir bulan, kamu bisa menabung beberapa uang bulananmu untuk disimpan dalam rekening tabungan. Selain lebih aman, rekening tabungan memungkinkan kamu untuk menjadi lebih hemat. Yakin deh, kalau kamu menaruh uang di dompet pasti serasa dihipnotis untuk memakainya kan yang akhirnya kita cenderung lebih boros?

Nah, rekening tabungan ini tidak boleh kamu sentuh sama sekali ya. Artinya, kamu tidak boleh mengambil uang sedikitpun dari rekening tabunganmu kecuali dalam keadaan mendesak.

Baca Juga:

Belajar Mandiri

Tips merantau terakhir yang tak kalah penting adalah, belajar mandiri. Ingatlah bahwa selama merantau, you’re all by yourself. Kamu harus melakukan segalanya sendiri, mulai dari memasak, mencuci baju, hingga membeli keperluan hidup sehari – hari.

Anggap ini sebagai persiapan kamu untuk masa depan ya. Jadi biasakan untuk produktif dan keluar dari zona nyaman ya.

Jadi itu dia beberapa tips merantau yang bisa membantumu untuk membuat persiapan sebelum merantau, Campuspedia Friends! Kira – kira kamu udah siap belum jadi anak rantau?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *