Hallo Campuspedia Friends! Selagi kamu menunggu hasil SNMPTN atau sedanga berjuang untuk UTBK. Tentunya kamu harus mencari informasi tentang kampus kamu bukan? Salah satu yang mesti kamu telurusi adalah mengenai biaya kuliah di PTN.

Sistem biaya kuliah di PTN

Sebelum itu kamu perlu mengetahui dulu nih arti UKT. UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah sebutan untuk biaya kuliah yang dibayarkan setiap semesternya. Biaya ini sudah termasuk biaya gedung, almamater, wisuda, ujian semester, dan biaya lainnya.

Jika PTS dihitung berdasarkan jumlah SKS dan SPP dengan biaya terpisah. Hal ini menyebabkan perbedaan tarif biaya setiap semesternya berbeda karena perbedaan jumlah SKS di tiap semester. Ini berbeda dengan sistem UKT yang tarifnya akan selalu sama samapai lulus. Jadi gak ada pemungutan lainnya lagi.

Besaran UKT biasanya terbagi beberapa golongan atau level tergantung kampusnya.  Hal Ini akan dipertimbangkan berdasarkan pendapatan orang tua. Biasanya paling tinggi golongan 5 bahkan sampai 8 tergantung kampusnya.

Untuk mahasiswa yang menerima KIP-Kuliah nantinya akan mendapat biaya kuliah secara gratis.

Selain dari pendapatan orang tua, besaran UKT ditentukan berdasarkan jalur seleksi. Ada sedikit perbedaan bagi mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN dan SBMPTN dengan jalur mandiri.

Baca juga : 

Perbedaan besaran UKT lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri

Untuk UKT lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN menggunakan sistem golongan yang dipertimbangkan dari pendapatan orang tua. Biaya ini juga sudah termasuk biaya kuliah lainnya kok.

Nah, biasanya ada perbedaan untuk jalur mandiri. Sebenarnya setiap kampus punya kebijakan sendiri, tapi pada umumnya jalur mandiri itu dipatok dengan biaya mahal.

Ada kampus yang menerapkan sistem UKT mandiri sama dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Tapi ada juga kampus yang menetapkan di golongan tertinggi. Biasanya juga selain UKT, di jalur mandiri harus membayar biaya lainnya lagi.

Sekarang Minca mau kasih info mengenai biaya kuliah di PTN favoritnya calon mahasiswa Indonesia. Ini dia!

1. IPB University

Program S1 selain internasional

biaya kuliah ipb

biaya kuliah IPB
sumber : https://admisi.ipb.ac.id/

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Biaya pendidikan per semester bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNMPTN sebagai berikut

Fakultas UKT/semester
Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Rp12.500.000
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Rp20.000.000

Baca juga :

3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

UKT diberlakukan untuk semua calon mahasiswa yang diterima di berbagai program studi melalui SNMPTN dan SBMPTN kecuali Program Studi Joint Degree.

Kategori Tarif UKT (Rp)
1 500.000
2 1.000.000
3 2.500.000
4 4.000.000
5 5.000.000
6 6.000.000
7 7.500.000

Khusus untuk program Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan, biaya pendidikan sebesar Rp 20.000.000,00 per semester.

Pada jalur mandiri terdapat 3 kategori untuk pembayaran UKT

Kategori UKT
1 7.500.000
2 10.000.000
3 12.500.000

Selain itu ada Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang perlu dibayarkan untuk jalur mandiri

biaya kuliah its

4. Universitas Indonesia (UI)

Biaya kuliah UI terbagi menjadi 2, yaitu BOP-Berkeadilan (BPO-B) dan BPO-Pilihan (BPOB-P). BPO-B merupakanbiaya yang ditentukan dengan menyesuaikan penghasilan oran tua. Sedangkan BPO-P merupakan biaya yang ditetapkan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan untuk membantu biaya operasional pendidikan di UI.

Tarif BPO-B

biaya kuliah ui

Tarif BPO-P

biaya kuliah ui

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Rincian untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN

biaya kuliah upi

Baca juga :

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *