Halo Campuspedia Friends! Impian bagi semua mahasiswa adalah untuk cepat lulus kuliah. Maka dari itu tak jarang dari mereka yang bahkan sampai mencari tips lulus kuliah tepat waktu atau bahkan cara cepat lulus kuliah.

Baca Juga:

Tentunya bukan tanpa alasan ya impian tersebut muncul. Semakin cepat kamu lulus, maka akan semakin cepat juga kesempatanmu untuk mendapat kerja. Tapi tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan berbagai pengalaman di CV ya bukan dari IPK tinggi saja.

Nah kalau kamu termasuk salah satu yang ingin lulus kuliah tepat waktu atau bahkan lebih cepat dalam 3,5 tahun, coba simak beberapa cara cepat lulus kuliah berikut ini!

maksimalkan jumlah sks sebagai cara cepat lulus kuliahMaksimalkan Jumlah SKS

Pasti sudah tidak asing lagi ya dengan SKS atau satuan kredit semester, si biang kerok penyebab perang KRS bagi mahasiswa di beberapa universitas.

Sebenarnya alasan SKS dijadikan sebagai tujuan dari perang KRS itu memang ada tujuannya lho, Campuspedia Friends! Karena beberapa kelas memiliki kapasitas mahasiswa yang berbeda-beda jadi ketika kelas yang kamu incar sudah penuh, otomatis kamu tidak bisa mengambil SKS secara maksimal di semester tersebut.

Baca Juga:

Batasan maksimal SKS sendiri adalah 24 SKS. Apabila kamu mengalami kasus seperti yang tadi dijelaskan, maka tidak ada salahnya mengambil mata kuliah yang ada di semester atas bila memungkinkan. Jadi SKS mu akan terisi full dan gak akan berasa rugi bayar kuliah mahal-mahal.

Tapi jangan lupa untuk konsultasikan juga dengan dosen pembimbingmu ya. Karena mengambil SKS harus disesuaikan dengan pribadi masing-masing. Percuma bila kamu mengambil 24 SKS tapi kalau tidak mampu belajar dengan baik, maka akan sia-sia.

tidak absen saat kelasJangan Pernah Absen

Dibutuhkan kedisiplinan dalam rangka lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Hal ini bisa dibuktikan dengan kamu yang tidak pernah absen dalam perkuliahan kecuali ada sesuatu yang urgent.

Walaupun absen memang kedengarannya sepele, tapi dia juga menentukan kelulusanmu lho. Karena percuma saja bila kamu pintar namun kamu tidak disiplin dan suka skip kelas.

membagi waktu agar cepat lulus kuliah dengan planner dan scheduleBagi Waktu Dengan Baik

Sebagai mahasiswa, harusnya pola pikirmu juga sudah menjadi lebih dewasa dan mampu untuk bisa membagi waktu dengan lebih baik. Kamu harus mulai memikirkan masa depan dan fokus untuk menggapai mimpimu.

Namun memang kuliah gak selalu fokus belajar saja ya, yang ada nanti kamu stress sendiri. Kamu tetap bisa nongkrong atau hangout bareng temen atau bahkan aktif berorganisasi kok, selama kamu mampu untuk membagi waktunya dengan baik.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat planner atau daily/weekly schedule. Melalui planner dan schedule, jadwal harian atau mingguanmu akan tertata rapi dan kamu bisa tracking pekerjaan yang akan kamu lakukan atau yang sudah selesai kamu kerjakan.

mempersiapkan dan mengerjakan skripsi dengan baikTentukan Topik Skripsi Sejak Awal Semester

Kuliah haha hihi doang tiba-tiba sudah semester akhir saja.

Tenang saja, ini fenomena yang bisa dirasakan oleh hampir semua mahasiswa kok. Jatohnya manusiawi dan normal.

Baca Juga:

Tapi tentu saja kalau tujuan kuliahmu adalah untuk lulus 3,5 tahun, maka sejak awal semester akhir atau bahkan sebelum itu, kamu sudah harus menentukan topik skripsimu. Segeralah untuk melakukan riset di awal semester dan fokus untuk mengikuti mata kuliah sakral ini dengan benar.

Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu. Karena mereka akan memberikan petuah-petuah yang kamu perlukan dan bisa kamu ajak diskusi untuk menentukan topik skripsi terbaik.

Sangat disarankan untuk memilih topik yang memang kamu sukai kemudian kuasai ilmunya. Tujuannya biar selama mengerjakan skripsi kamu bisa tetap semangat dan dibawa enjoy.

Nah, itu dia Campuspedia Friends, beberapa cara cepat lulus kuliah dalam 3,5 tahun yang bisa kamu coba. Selama kamu tetap fokus dan serius dalam menjalani perkuliahanmu, maka kelulusanmu bukan suatu hal yang sulit untuk digapai kok!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *