UTBK sebentar lagi, tetapi masih banyak pejuang UTBK yang belajarnya cuma ngikutin materi pada sekolah aja. Padahal materi kelas 12 itu hanya sebagian kecil berdasarkan soal-soal yang ada pada UTBK. Kalau cara belajar kamu masih seperti itu, nanti menjelang UTBK kamu bisa menyesal karena baru sadar kalau materi UTBK lebih banyak menguji bahan-bahan kelas 10 & kelas 11. Bahkan terdapat yg bahannya berdasarkan pelajaran Sekolah Menengah pertama loh.

Satu lagi sebagian besar pejuang adalah belajar matematika. Apalagi untuk setingkat ujian UTBK, gimana sulitnya ya? Tenang, Minca kasih tips untuk kamu yang mau belajar matematika sebagai persiapan di UTBK nanti. Yuk disimak!

1. Satu Soal Tidak Hanya Menguji Satu Materi

Satu soal pada UTBK itu tak jarang kali menguji lebih berdasarkan satu topik. Bahkan terdapat yg menguji kemampuanmu pada 3-4 topik sekaligus. Hal ini disebabkan oleh UTBK ini tujuannya untuk menyeleksi, bukan mengevaluasi output belajarmu.

Jadi soal dalam UTBK memang sengaja dibentuk susah agar sedikit yg mampu mengerjakannya. Ingat, PTN kan memang kursinya terbatas dan mereka yang diterima sedikit.

2. Perhatikan Soal-Soal yang Kompleks

Karena satu soal bisa mencakup beberapa materi, kamu wajib memperhatikan soal mana saja yang butuh pemahaman kompleks. Kalau memang dirasa kamu sulit menguasai materi terkait, kamu bisa skip saja materi itu dan fokus pada materi lain yang dapat kamu selesaikan dengan maksimal.

3. Harus Menjawab Berapa Soal?

Masih banyak pejuang yang bingung soal harus menjawab berapa soal agar mendapatkan nilai matematika yang tinggi di UTBK. Caranya cukup mudah, seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, fokuslah pada soal-soal yang kamu bisa terlebih dahulu.

4. Jangan Menganggap Remeh TPA

Meskipun TPS bobotnya lebih besar daripada TKA, kamu tidak boleh menganggap remeh TKA. Sebab, nilai TKA akan berpengaruh pada pembobotan prodi yang kamu pilih. Nah coba cek prodi kamu lebih unggul ke matematika atau subtes TKA lainnya nih?

5. Soal HOTS pada UTBK Matematika

Sejak UTBK 2019, Kemenristekdikti mengumumkan bahwa akan terdapat soal HOTS. Eits sebenarnya soal HOTS telah eksis semenjak lima tahun terakhir, khususnya pada UTBK Matematika. Sekadar informasi, soal HOTS ini tidak hanya menguji hafalan atau pemahamanmu saja, tetapi juga menguji kemampuanmu dalam mengaplikasikan penyelesaian.

Cara Belajar Efektif buat Matematika Dasar & Matematika IPA pada UTBK

1. Taktik Menentukan Sasaran

Masih bingung kok bisa tips pertama itu menentukan sasaran? Jadi begini, kamu ikut UTBK karena ingin masuk jurusan dan perguruan tinggi tujuanmu kan? Kalau iya, target kamu harus diubah sesuai taraf kesulitan prodi yang kamu pilih.

Kalau pilihan kamu merupakan jurusan-jurusan yang tingkat kesultannya tinggi banget misalnya STEI ITB atau FK UI dan jurusan lain yang sangat ketat persaingannya. Nah tips dari kami adalah kamu harus mampu mengerjakan seluruh soal Matematika Dasar.

Alasannya sederhana karena pesaingmu rata-rata sudah menguasai materi matematika dasar. Kalau kamu tidak benar seluruhnya, kamu kehilangan kesempatan untuk mendapat nilai lebih tinggi dong? Nah karena matematika dasar lebih mudah dibandingkan TKA, maksimalkan yuk!

2. Ini UTBK, Jangan Hanya Belajar Materi Kelas 12 Saja

Eits, Utbk itu tidak hanya materi kelas 12 saja yaa. Kamu harus kembali mempelajari konsep-konsep materi matematika pada kelas 10 dan 11.

3. Fokus Belajar Per Bab Dulu

Meskipun belajar matematika UTBK  menguji kemampuanmu pada aneka macam topik (bab), akan tetapi jika kamu pribadi belajar ke soal-soal campuran, itu bisa membuatmu terpecah. Untuk bener-bener menguasai konsepnya, kamu wajib  latihan per bab.

Catatan lagi, pelajarilah bab dengan urut ya. Maksudnya ukurlah tingkat kesulitan bab yang kamu pelajari dengan kuantitas seberapa sering materi tersebut muncul dalam soal.

4. Kuasai Konsep

Karena soal UTBK itu HOTS, tidak cukup kalau belajar matematika kamu malah sibuk menghafal rumus. Pastikan kamu sudah menguasai konsepnya ya guys. Tujuannya agar ketika bertemu dengan soal yang berbeda, kamu tetap mampu menyelesaikan soal tersebut.

5. Pahami Perbedaan Mengerjakan Soal Ujian VS Latiahn Soaal Saat Belajar

Terakhir, terdapat tips tambahan mengenai bedanya mengerjakan soal  ketika belajar dengan ketika ujian. Kalau lagi belajar, waktu kamu dihadapi sama soal susah, kamu nggak boleh mudah menyerah. Kalaupun kamu butuh saat seharian penuh buat mampu ngerjain soal itu, go ahead. Sama sekali nggak apa-apa belajar menggunakan cara begitu.

Nah pada dasarnya belajar, kamu wajib dapat challenge. Contohnya ketika kamu menggunakan teknik pomodoro, kamu bisa menchallenge dirimu menyelesaikan 20 latihan soal misalnya.

Nah itulah sejumlah tips mengerjakan dan belajar matematika UTBK 2021. Siapkan diri gengs karena persaingan sangat ketat!

Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *