Seperti yang sudah sering didengar bahwa manusia adalah makhluk sosial, yang hidupnya akan selalu berhubungan dengan manusia lain. Oleh sebab itu manusia seringkali bersosialisasi dan membangun relasi dengan orang lain. Seperti relasi di keluarga, tetangga, teman kuliah, sampai ke tempat kerja. Di tempat kerja membangun relasi sangat diperlukan. Mengapa? Karena di tempat kerja sebuah pekerjaan akan sering dilakukan bersama untuk mencapai tujuan bersama pula. Membangun relasi juga penting untuk memahami karakter masing-masing. Then, Gimana sih cara membangun relasi di tempat kerja? Check this out!

Berperilaku Baik

Siapa sih yang ga suka berdekatan dengan orang yang baik? Pasti semua orang juga akan nyaman saat diperlakukan secara baik. Saat kamu memasuki dunia kerja berperilaku baik tidak hanya ditujukan ke atasan namun juga ke teman sejawatmu. Berperilaku baik dapat dilakukan dengan bekerja secara professional sebagai suatu bentuk tanggung jawab. Menghormati sesama rekan kerja. Bekerja dengan hasil yang maksimal. Tidak mudah mengeluh saat di tempat kerja karena pasti semua orang mendapatkan bebannya masing-masing. Dan yang terakhir adalah disiplin terhadap waktu. Dengan berprilaku baik branding dirimu juga akan baik sehingga memudahkaanmu untuk membangun relasi di tempat kerja.

Baca Juga :  

Menghadiri Acara Perusahaan

Salah satu cara membangun relasi adalah dengan menghadiri acara yang dibuat oleh perusahaan. Tentu kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Jika diberi kesempatan untuk menjadi perwakilan perusahaan di acara lain kamu harus mengambil kesempatan itu. Karena hal itu menjadi peluang buat kamu menambah relasi pertemanan. Selalu bersikap ramah dan easy going juga merupakan kunci membangun relasi.

Menjaga Penampilan dan Sikap

Penampilan dan sikap yang kamu tujukan ke orang lain akan mempengaruhi penilaian dan respon orang tersebut ke kamu. Oleh sebab itu tempatkan diri dengan tepat. Selalu bersikap dan berpenampilan diri yang santun agar kamu dihargai orang. Cara berbusanamu juga menggambarkan karakter dirimu. So, pilihlah gaya busana yang sesuai denganmu dan tetap sopan. Dijamin kamu bisa dengan cepat membangun relasi di tempat kerja.

Baca Juga : 

Terapkan Kemampuan Basa Basi

Membangun relasi di tempat kerja juga perlu sedikit hal hal manis. Mungkin hal ini terdengan seperti basa-basi. Namun basa-basi juga tidak melulu berstigma negative. Justru basa-basi akan membantu kamu untuk mencari topic pembicaraan. Kamu bisa memulainya dengan menyapa dan mengucapkan selamat bagi ke semua orang yang ada di kantor saat kamu datang. Atau kamu juga bisa bertanya tentang hobi dan apa yang disukai teman kerjamu. Jika kamu menemukan hobi yang sama kamu bisa mengajak temanmu untuk melakukan hobi bersama. Dengan itu kamu bisa membangun relasi kerja yang baik

Baca Juga : 

Buat kamu para freshgraduate jangan pernah takut untuk memulai. Dunia kerja tidak semenakutkan seperti yang ada di pikiranmu. Tetaplah bersikap baik kesemua orang agar kamu bisa membangun relasi dan kepercayaan dengan orang sekitarmu. Semangat!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *