Cara memperluas sumber pencarian Anda

Cara memperluas sumber pencarian Anda

[ad_1]

Gambar: Andy Wolber/TechRepublic

Halo Sobat Teknokrat – Berbicara masalah memperluas sumber pencarian, Jika Anda menelusuri web dalam bahasa Inggris, kemungkinan besar Anda menggunakan Google. Daftar pangsa pasar mesin pencari secara konsisten menampilkan Google (Gambar  Akiri) di lebih dari 80% pangsa pasar, dengan Microsoft Bing (Gambar A, kanan) jarak jauh di sekitar 8% pangsa pasar. Di perangkat seluler, bahkan Apple memilih Google sebagai penyedia pencarian default.

Gambar A

Sebagian besar orang mengandalkan pencarian Google, sementara jauh lebih sedikit yang bseralih ke Microsoft Bing.

Halos Sobat Teknokrat – Untuk pencarian dengan satu jawaban spesifik dan faktual, pilihan Anda antara Google, Bing, atau penyedia pencarian lainnya mungkin tidak masalah. Misalnya, kedua mesin pencari memberikan hasil yang cepat dan akurat ketika Anda ingin mengetahui tahun berapa IBM PC pertama kali diproduksi (1981) atau tim mana yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2022 Putra (Argentina).

Namun, ketika niat Anda adalah untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, masuk akal untuk menanyakan mesin pencari yang berbeda. Misalnya, menelusuri Google dan Bing untuk “praktik terbaik komputasi edge” atau “menggunakan vi dan tmux” memberikan kumpulan halaman tertaut yang sedikit berbeda untuk ditinjau.

Alternatif pencarian yang tercakup di bawah ini tidak hanya mencakup sumber pencarian yang benar-benar independen tetapi juga layanan pencarian sekunder. Layanan pencarian sekunder ini seringkali bergantung pada hasil Bing atau Google yang kemudian difilter dan disortir oleh layanan secara berbeda dari indeks pencarian sumber.

Lompat ke:

Jelajahi layanan pencarian independen

Di luar Google dan Bing, mesin pencari independen berbahasa Inggris yang paling signifikan adalah Mojeek, ditampilkan di Gambar B, kiri. Posting blog Oktober 2022 mengklaim bahwa Mojeek memiliki lebih dari 6 miliar halaman yang diindeks. Sebagai layanan yang menghormati privasi, Mojeek juga memilih untuk tidak melacak Anda.

Mesin pencari lain yang benar-benar independen adalah Gigablast, ditampilkan di Gambar B, benar, yang juga berfungsi sebagai indeks sumber untuk pencarian yang dilakukan di Private.sh. Namun, kedua situs tersebut memprioritaskan dan menampilkan hasil secara berbeda, dengan hasil pengelompokan Gigablast dari sumber terkenal dan Private.sh menyediakan daftar tautan konvensional.

Gambar B

Sementara sebagian besar layanan pencarian mengandalkan indeks dan data dari sumber seperti Google atau Bing, indeks pencarian independen memang ada. Mojeek, di sebelah kiri, telah mengindeks lebih dari 6 miliar halaman. Gigablast, di sebelah kanan, juga mempertahankan indeks independennya sendiri.

Carilah penyedia pencarian sekunder

Sebagian besar layanan pencarian mengandalkan Bing atau Google sebagai sumber untuk beberapa — jika tidak semua — hasil mereka. DuckDuckGo (Gambar Ckiri), misalnya, bermitra dengan Microsoft untuk hasil dari Bing, sedangkan Halaman Awal (Gambar Ckanan) hasil sindikat dari Google.

Gambar C

Banyak penyedia pencarian mengandalkan hasil dari Bing dan Google. DuckDuckGo, misalnya, bermitra dengan Microsoft Bing, sedangkan Startpage mengandalkan Google.

Apa yang membedakan DuckDuckGo dan Startpage dari sumber data pencarian mereka, bagaimanapun, adalah kebijakan privasi masing-masing: Keduanya menjanjikan privasi yang lebih besar dan pelacakan yang lebih sedikit daripada Google atau Bing. Qwant dan Yahoo sama-sama mendapatkan hasil dari Bing, sedangkan Brave Search menggabungkan hasil dari Bing dan Google. Setidaknya beberapa mesin pencari pemula, seperti Kagi dan Neeva, menawarkan paket gratis dan berbayar yang memungkinkan Anda memprioritaskan, memfilter, dan menyesuaikan hasil.

Berbeda dengan layanan pencarian sekunder yang tercantum di atas, yang semuanya merupakan entitas nirlaba, MetaGer.org, ditampilkan di Gambar D, dioperasikan oleh organisasi nirlaba yang berbasis di Jerman. Seperti layanan pencarian sekunder lainnya, ini mengambil hasil dari sumber lain, termasuk Bing, Yahoo, Scopia, dan Infotiger. Anda tidak hanya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan salah satu dari keempat sumber ini, MetaGer juga memungkinkan Anda memilih untuk mengecualikan domain atau subdomain tertentu dari hasil.

Gambar D

MetaGer.org, dijalankan oleh organisasi nirlaba, bergantung pada sumber pencarian Bing, Yahoo, Scopia, dan Infotiger. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan salah satu sumber ini.

Langsung mencari situs yang relevan

Beberapa jawaban sebaiknya diperoleh langsung dari sumber yang relevan. Jawaban yang secara historis ditemukan di ensiklopedia atau atlas, misalnya, dapat diselesaikan dengan pencarian di Wikipedia.org atau OpenStreetMap.org. Sebagian besar layanan pencarian dan pemetaan utama bergantung pada sumber-sumber ini.

Meskipun sering dipertanyakan, keandalan umum Wikipedia sebagai sumber, khususnya, telah dipertanyakan dipertimbangkan dan ditangani secara menyeluruh. Demikian pula, pertanyaan yang mungkin Anda ajukan kepada kolega yang berpengetahuan dapat dijawab dengan pertanyaan dari Stack Exchange, Stack Overflow, Quora, atau Wikihow. Jawaban dari situs ini mungkin perlu dievaluasi dengan hati-hati dan pertimbangan yang tepat.

WolframAlpha (Gambar E) memberikan contoh menarik dari mesin penelitian khusus. Sistem bergantung pada sekumpulan sumber yang dipilih untuk akurasi. Misalnya, jika Anda meminta sistem untuk memberikan populasi manusia di Mars, sistem akan mengembalikan angka nol, seperti yang Anda harapkan. WolframAlpha unggul dalam perhitungan dan pertanyaan matematika dan sains, bersama dengan jawaban yang mungkin berasal dari sejarah dan fakta yang ada. WolframAlpha edisi gratis dan berbayar tersedia.

Gambar E

Sebagai mesin riset khusus, WolframAlpha memberikan jawaban yang diambil dari serangkaian sumber yang sangat dikuratori untuk membantu memastikan keakuratan hasil.

Opsi pencarian browser Tor

Orang yang menggunakan browser Tor biasanya menempatkan prioritas tinggi pada privasi yang mungkin juga meluas ke preferensi untuk hasil pencarian yang menghargai privasi. DuckDuckGo, MetaGer Dan Berani masing-masing menawarkan layanan pencarian yang dapat diakses melalui layanan bawang browser Tor, sebelumnya dikenal sebagai layanan tersembunyi. Anda harus mengakses tautan bawang di kalimat sebelumnya hanya dari browser Tor, karena tautan tersebut tidak akan berfungsi di browser standar.

Hasil dari ketiga penyedia ini mengembalikan situs web dan sumber daya konvensional. Namun, karena permintaan dialihkan melalui jaringan Tor untuk menjaga privasi, waktu responsnya cenderung lebih lama daripada pencarian konvensional.

Apa pengalaman pencarian Anda?

Mesin telusur atau penyedia penelusuran sekunder mana yang sering Anda gunakan? Apakah Anda hanya mengandalkan Google atau Bing untuk hasil? Seberapa sering Anda menggunakan sumber tambahan, seperti DuckDuckGo, Mojeek, atau WolframAlpha? Sebutkan atau kirimi saya pesan di Mastodon (@awolber) untuk memberi tahu saya tentang layanan penelusuran pilihan Anda.

[ad_2]

10 thoughts on “Cara memperluas sumber pencarian Anda

  1. Its like you read my thoughts! You seem to understand so much about this, such as you wrote the e book in it or something.
    I believe that you could do with a few %
    to force the message house a little bit, however instead of that,
    that is magnificent blog. A great read. I will certainly be back.

  2. Undeniably believe that which you stated. Your favorite justification appeared to be on the
    internet the simplest thing to be aware of. I say to
    you, I certainly get irked while people think about worries that they plainly don’t know about.

    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing
    without having side effect , people can take a signal.

    Will likely be back to get more. Thanks

  3. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will surely come again again.

  4. I have been absent for a while, but now I remember why I used to love this blog. Thank you, I will try and check back more frequently. How frequently you update your website?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *