Cara Menggunakan WhatsApp Reaction: Berikan Ekspresi dengan Emoji di Chat

Cara Menggunakan WhatsApp Reaction: Berikan Ekspresi dengan Emoji di Chat

Pendahuluan

WhatsApp telah merilis fitur baru yang telah dinantikan oleh pengguna di seluruh dunia – emoji reactions atau reaksi emoji. Pengguna WhatsApp di Indonesia kini dapat dengan senang hati menggunakan fitur ini untuk memberikan ekspresi dalam bentuk emoji pada chat pribadi maupun grup. Fitur emoji reactions ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp untuk perangkat Android dan iOS, memberikan kemudahan bagi semua pengguna untuk menanggapi pesan dengan lebih menarik dan ekspresif.

Menanggapi dengan Emoji di WhatsApp

Dengan adanya fitur emoji reactions, pengguna dapat dengan mudah menunjukkan tanggapan mereka terhadap pesan dengan menggunakan pilihan emoji yang tersedia. Ketika seseorang mengirimkan pesan, Anda dapat menunjukkan ekspresi Anda dengan memilih emoji yang paling sesuai dengan perasaan Anda terhadap pesan tersebut. Emoji reactions tidak hanya menambahkan dimensi ekspresif pada chat, tetapi juga membantu dalam menghindari kesalahpahaman atau ambigu dalam komunikasi.

Baca juga : Cara Mendeteksi Kehadiran Aplikasi Berbahaya Mirip ‘Paket APK’ pada Ponsel

Cara Menggunakan Fitur Emoji Reactions di WhatsApp

Untuk memanfaatkan fitur emoji reactions di WhatsApp, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan Aplikasi WhatsApp Anda Terbaru: Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal versi terbaru dari aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Jika Anda belum memiliki versi terbaru, pastikan untuk mengupdate aplikasi Anda melalui toko aplikasi resmi.
  2. Buka Chat yang Ingin Anda Tanggapi: Buka chat pribadi atau grup di mana Anda ingin memberikan emoji reactions.
  3. Ketuk dan Tahan Pesan: Pilih pesan yang ingin Anda tanggapi dan tahan pesan tersebut.
  4. Pilih Emoji Reactions: Setelah Anda menahan pesan, akan muncul pop-up yang menampilkan enam emoji reactions yang dapat Anda pilih. Emoji yang tersedia mencakup thumbs up, hati, wajah menangis sambil tertawa, wajah dengan mulut terbuka lebar, wajah menangis, dan dua tangan yang menyatu.
  5. Pilih Emoji yang Sesuai: Pilih emoji yang sesuai dengan tanggapan Anda terhadap pesan. Ini akan menampilkan ekspresi Anda di bawah pesan yang Anda tanggapi.

Mengubah dan Menghapus Emoji Reactions

Selain menambahkan emoji reactions, Anda juga dapat mengubah atau menghapus emoji yang telah Anda berikan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Mengubah Emoji Reactions: Jika Anda ingin mengubah emoji reactions yang telah Anda berikan, cukup ketuk pesan yang telah Anda tanggapi dan pilih emoji yang berbeda.
  • Menghapus Emoji Reactions: Jika Anda ingin menghapus emoji reactions yang telah Anda berikan, tahan pesan yang Anda tanggapi atau ketuk emoji yang muncul di bawah chat, lalu ketuk emoji reaction yang ingin Anda hapus.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

  • Setiap pesan hanya dapat memiliki satu emoji reactions.
  • Jika pesan yang Anda tanggapi menghilang secara otomatis, emoji reactions yang Anda berikan juga akan menghilang.
  • Anda tidak dapat menyembunyikan emoji reactions yang telah Anda berikan atau jumlah reaksi tersebut.
  • Penerima pesan masih dapat melihat emoji reactions yang telah Anda berikan sebelum dihapus, atau jika penghapusan tidak berhasil.
  • Perlu diingat bahwa ini adalah versi pertama dari fitur emoji reactions oleh WhatsApp, dan kemungkinan akan ada pengembangan lebih lanjut di masa depan.

FAQ’s – Pertanyaan Umum Mengenai Emoji Reactions di WhatsApp

  1. Apa itu emoji reactions di WhatsApp? Emoji reactions adalah fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menanggapi pesan dengan emoji yang sesuai, menambah dimensi ekspresif dalam komunikasi.
  2. Bagaimana cara menggunakan emoji reactions di WhatsApp? Anda dapat menggunakan emoji reactions dengan menahan pesan yang ingin Anda tanggapi, memilih emoji dari opsi yang muncul, dan menambahkan emoji reactions di bawah pesan.
  3. Bisakah saya mengubah atau menghapus emoji reactions yang telah saya berikan? Ya, Anda dapat mengubah emoji reactions dengan memilih emoji lain atau menghapusnya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Apakah setiap pesan dapat memiliki beberapa emoji reactions? Tidak, setiap pesan hanya dapat memiliki satu emoji reactions.
  5. Apakah penerima pesan dapat melihat emoji reactions yang saya berikan? Ya, penerima pesan dapat melihat emoji reactions yang telah Anda berikan sebelum dihapus atau jika penghapusan tidak berhasil.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur emoji reactions ini, WhatsApp telah mengambil langkah lebih jauh dalam membuat pengalaman pengguna lebih menarik dan berwarna. Kini Anda dapat mengekspresikan diri dengan lebih baik dalam percakapan digital Anda melalui emoji-emoji lucu dan menggemaskan. Selamat menikmati fitur baru ini!

Sumber Artikel : Klik disini

Penulis : Rasendria Paksi Hidayatulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *