Cara Meningkatkan Kecepatan Mengetik di Laptop Bagi Anak-Anak dan Orang Awam

Cara Meningkatkan Kecepatan Mengetik di Laptop Bagi Anak-Anak dan Orang Awam

Meningkatkan kemampuan mengetik cepat memerlukan latihan yang konsisten. Saat ini, memiliki kemampuan mengetik cepat sudah menjadi keuntungan tersendiri, tidak hanya untuk efisiensi di tempat kerja, tetapi juga sebagai keahlian yang istimewa. Jika saat ini kamu masih mengetik dengan 11 jari, artikel ini memberikan tips untuk meningkatkan kemampuan mengetik. Dengan mengikuti tips ini, kamu akan memiliki cara latihan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mengetik dengan cepat

Beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan mengetik dengan cepat sebagai berikut:

  1. Beli Papan Keyboard
    Untuk anak-anak atau pemula yang ingin berlatih mengetik, dapat mempertimbangkan penggunaan keyboard yang cocok sebagai media latihan. Keyboard yang cocok harus memiliki tombol yang besar sehingga mudah ditekan oleh jari-jari yang masih belajar mengetik. Jika kamu lebih sering mengetik angka, sebaiknya memilih keyboard dengan bantalan angka yang memudahkan dalam mengetik.

Penting juga untuk memilih keyboard dengan bentuk yang mirip dengan keyboard yang biasa digunakan. Dengan memilih keyboard dengan bentuk yang familiar, akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan tidak terasa seperti sedang melakukan latihan mengetik.

  1. Biasakan Mengetik Yang Benar
    Anak-anak sebaiknya diajarkan cara mengetik dengan mengedepankan posisi tangan yang efektif pada papan ketik menggunakan baris rumah, yaitu A, S, D, F, dan J, K, L, ;. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan mengetik serta menyebarluaskan posisi tangan secara merata pada seluruh papan ketik. Saat melihat keyboard, akan ditemukan garis pada dua tombol, yaitu “F” dan “J”, yang berfungsi untuk membantu orang yang kehilangan indera penglihatan menempatkan tangan pada posisi yang tepat. Telunjuk harus ditempatkan pada tombol-tombol tersebut, sedangkan jari-jari lainnya berada pada tombol-tombol yang berdekatan. Adapun jari-jari tersebut harus ditempatkan pada posisi baris rumah untuk meningkatkan efektivitas mengetik, sehingga pada akhirnya hanya perlu melihat layar saja. Dengan memanfaatkan sepuluh jari tersebut, kecepatan mengetik dapat meningkat.
  2. Latihan Mengingat Letak Tombol
    Cara efektif untuk berlatih mengingat letak masing-masing tombol adalah menutup satu per satu papan ketik saat sedang latihan. Ini cara terbaik untuk belajar mengingat letak semua tombol. Dengan cara ini juga, kamu jadi tidak perlu melihat ke tombol-tombol lagi karena bisa memperlambat aktivitas mengetik.
  3. Pelajari Shortcuts
    Untuk meningkatkan kecepatan mengetik dan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, penting untuk mempelajari shortcuts atau jalan pintas pada papan ketik. Dengan menggunakan shortcuts, kita dapat menghindari penggunaan kursor pada layar dan mengetik lebih cepat. Sebagai contoh, ketika kita menekan tombol Ctrl + Z, itu sama dengan melakukan undo atau membatalkan suatu tindakan yang baru saja kita lakukan pada komputer atau laptop. Dengan mempelajari shortcuts ini, kita dapat menghemat waktu dan usaha dalam menyelesaikan tugas-tugas pada perangkat komputer atau laptop.
  4. Cari Situs di Internet
    Ada banyak situs web yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan mengetik dengan cara yang menyenangkan dan meningkatkan level WPM. Beberapa situs ini menyediakan permainan, generator, dan kalkulator yang dapat membantu meningkatkan kecepatan dan akurasi mengetik.

Kesimpulan

Permainan seperti Typing Maniac dan Type Racer dapat digunakan untuk menguji kecepatan mengetik. Beberapa permainan lain menawarkan metode pembelajaran yang menantang dengan memberikan kata-kata yang sulit untuk diketik sehingga dapat meningkatkan keterampilan mengetik dan konsentrasi dalam menempatkan dan mengombinasikan jari.

Tips ini dapat diberikan kepada anak-anak maupun orang dewasa. Penting untuk tetap tenang ketika mengetik dan menghindari rasa gugup atau tegang yang dapat mengurangi konsentrasi dan meningkatkan kesalahan saat mengetik.

Selain itu, penting untuk menyesuaikan posisi tubuh agar dapat mengetik dengan cepat. Pastikan semua jari terlentang dan membentuk cakar, serta punggung tetap menempel pada kursi untuk meningkatkan kenyamanan dan konsentrasi dalam mengetik.

18 thoughts on “Cara Meningkatkan Kecepatan Mengetik di Laptop Bagi Anak-Anak dan Orang Awam

  1. Does your site have a contact page? I’m having a tough time locating it but,
    I’d like to send you an e-mail. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over
    time.

  2. I have been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts
    in this sort of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this site.
    Studying this info So i am satisfied to exhibit that I’ve an incredibly excellent uncanny feeling I discovered exactly what I needed.
    I most definitely will make certain to do not forget this web site and give it a glance on a continuing
    basis.

  3. I’m often to blogging and i really appreciate your content. The article has actually peaks my interest. I’m going to bookmark your web site and maintain checking for brand spanking new information.

  4. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will surely come again again.

  5. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will surely come again again.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *