Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa Aplikasi Atau Screenshot

Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa Aplikasi Atau Screenshot

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer milik Facebook yang ramai digunakan oleh pengguna ponsel. Di aplikasi tersebut terdapat fitur yang bernama “Status”. Fitur ini memungkinkan penggunanya memajang foto, video pendek, dan GIF, sebagai status mereka, mirip Instagram Stories. Status WhatsApp sendiri, seperti Instagram Stories, bakal hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Pengguna biasanya memanfaatkan fitur “screenshot” di ponsel untuk menyimpan status-status para kontak WhatsApp mereka agar tidak hilang.

Baca juga : Resep Nasi Goreng Rendah Kalori nan Lezat

Langkah-Langkah Menyimpan Status WhatsApp Tanpa Aplikasi atau Screenshot

  1. Buka Aplikasi File Manager di Ponsel Anda

Perlu dicatat, aplikasi file manager ini namanya mungkin berbeda-beda di beberapa merek ponsel. Di ponsel merek Samsung, misalnya, aplikasi file manager diberi nama “My Files”, sementara di ponsel merek Xiaomi aplikasi file manager bernama “File Manager”. Meski aplikasinya berbeda, langkah-langkah atau cara untuk menyimpan status WhatsApp ini bisa dibilang memang mirip antara satu aplikasi file manager dengan aplikasi serupa lainnya.

  1. Menuju ke Pengaturan Aplikasi File Manager

Setelah membuka aplikasi file manager, langsung pergi ke menu pengaturan aplikasi tersebut. Di aplikasi “My Files”, pengguna bisa mengakses menu pengaturan dengan meng-klik ikon “tiga titik” di kanan atas aplikasi kemudian pilih menu “Settings”.

  1. Aktifkan Opsi “Show Hidden Files”

Di halaman pengaturan, aktifkan opsi “Show hidden files”. Dengan mengaktifkan opsi ini, seperti namanya, aplikasi “My Files” akan dapat menampilkan beberapa folder dan file yang tersembunyi di media penyimpanan internal.

  1. Kembali ke Tampilan Awal Aplikasi File Manager

Setelah mengaktifkan opsi “Show hidden files”, kembali ke tampilan awal aplikasi file manager. Di sini, pilih menu “Internal Storage” yang berada di kolom “Phone”.

  1. Akses Folder “WhatsApp”

Lalu, setelah meng-klik “Internal Storage”, pengguna akan disodori tampilan daftar folder dan file yang ada di media penyimpanan internal. Gulir layar hingga ke bawah dan pilih folder “WhatsApp”.

  1. Pilih Folder “.Statuses”

Di folder “WhatsApp”, pilih folder bernama “Media” kemudian pilih folder “.Statuses”. Nah, di folder inilah pengguna akan menemukan gambar atau video yang sumbernya dari status-status di aplikasi WhatsApp. Perlu diingat, untuk memunculkan status (video atau foto) di folder ini, Anda sudah harus melihat status itu di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Setelah status dilihat, foto atau video yang berada di status WhatsApp tadi akan secara otomatis muncul di folder “.Statuses”. Dengan kata lain, status-status WhatsApp yang belum dilihat tidak akan muncul di folder ini.

  1. Simpan Status WhatsApp yang Diinginkan

Setelah berada di dalam folder “.Statuses”, pilih Status (foto atau video) yang ingin disimpan, lalu salin atau pindahkan file tersebut ke folder lain yang mudah diakses. Dengan langkah ini, Anda berhasil menyimpan status WhatsApp tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melakukan screenshot.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Mengakses File Manager?

Jika Anda mengalami kesulitan mengakses file manager pada ponsel Anda, Anda dapat mencoba solusi alternatif berikut ini:

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi file manager bawaan, Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga dari Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Beberapa contoh aplikasi file manager populer adalah “ES File Explorer” dan “Solid Explorer File Manager”.

  1. Gunakan Fitur Ekspor dari WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur ekspor yang memungkinkan Anda untuk menyimpan status WhatsApp ke dalam galeri ponsel Anda. Caranya adalah dengan membuka status WhatsApp yang ingin disimpan, lalu klik ikon “Ekspor” atau “Save” yang biasanya berada di bagian pojok kanan atas. Status akan otomatis tersimpan di dalam folder “WhatsApp” di galeri Anda.

FAQs

  1. Apa itu Status WhatsApp?

Status WhatsApp adalah fitur di aplikasi WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk memajang foto, video pendek, dan GIF sebagai status mereka, mirip dengan Instagram Stories. Status ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam.

  1. Mengapa Saya Harus Menyimpan Status WhatsApp?

Beberapa pengguna ingin menyimpan status WhatsApp teman mereka karena status tersebut mungkin berisi momen berharga atau informasi penting. Menyimpan status WhatsApp memungkinkan Anda untuk melihat kembali konten tersebut di kemudian hari.

  1. Apakah Memungkinkan untuk Menyimpan Status WhatsApp Tanpa Aplikasi atau Screenshot?

Ya, Anda dapat menyimpan status WhatsApp teman tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melakukan screenshot dengan mengakses file manager pada ponsel Anda dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

  1. Bagaimana Jika Ponsel Saya Tidak Memiliki Aplikasi File Manager?

Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi file manager bawaan, Anda dapat mengunduh aplikasi file manager pihak ketiga dari Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur ekspor dari WhatsApp untuk menyimpan status WhatsApp.

  1. Apakah Proses Menyimpan Status WhatsApp Aman?

Ya, proses menyimpan status WhatsApp menggunakan file manager atau fitur ekspor dari WhatsApp merupakan metode yang aman dan tidak akan menyebabkan masalah pada aplikasi WhatsApp atau ponsel Anda.

  1. Apakah Aplikasi File Manager Tersedia untuk Semua Tipe Ponsel?

Iya, aplikasi file manager tersedia untuk berbagai tipe ponsel, termasuk Android dan iOS. Namun, beberapa merek ponsel mungkin memiliki aplikasi file manager dengan nama yang berbeda, tetapi langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya tetap berlaku.

Sumber : teknokrat

Penulis : dwi

One thought on “Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa Aplikasi Atau Screenshot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *