Listening skill atau kemampuan mendengarkan merupakan salah satu indikator yang menentukan kemahiran seseorang dalam berbahasa Inggris. Sebagian dari Campuspedia Friends mungkin kebingungan bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan listening tersebut. 

Tapi tenang saja! Sebagai seseorang yang bukan pengguna asli bahasa Inggris, Campuspedia Friends tidak usah minder dengan listening skill yang kamu miliki saat ini. 

Baca juga:

Kendati demikian, listening skill dalam bahasa Inggris juga mesti diasah. Lantaran kemampuan berbahasa Inggris pada saat ini semakin dibutuhkan, terlebih di dunia kerja. 

Agar listening skill kamu semakin baik, sebenarnya tidak perlu cara ribet, lho. Berikut Minca rangkum cara mudah dan ampuh untuk meningkatkan listening skill kamu. 

Menonton dan Mendengarkan Konten Bahasa Inggris

Kamu hanya perlu membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Caranya dengan menonton atau mendengarkan konten dalam bahasa Inggris. Seperti menonton video dan film, atau kamu juga bisa mendengarkan lagu, radio, dan podcast.

Namun, dalam hal ini kamu tidak hanya sekadar menonton dan mendengarkan saja. Lebih dari itu, kamu juga menyimak konten tersebut dengan baik. Apabila kamu menemukan kata-kata asing, tulislah dan cari tahu arti kata tersebut. 

Kamu perlu melakukannya secara rutin. Tidak perlu dipaksa, perlahan-lahan namun pasti. Sehingga selain kemampuan listening kamu meningkat, kosakata atau vocabulary kamu juga semakin bertambah.

Baca juga:

Tinggalkan Subtitle Bahasa Indonesia

Inilah saatnya kamu meninggalkan subtitle bahasa Indonesia di segala kondisi. Khususnya, ketika kamu menonton konten berbahasa Inggris.

Alih-alih menggunakan subtitle bahasa Indonesia, sebaiknya kamu menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa menebak kata apa yang disampaikan dalam video atau film tersebut.

Kamu juga akan lebih paham bagaimana cara penyampaian suatu kata. Sehingga kemampuan listening kamu semakin meningkat. Lebih dari itu, kamu juga bisa meniru gaya bicara native speaker dengan menggunakan metode ini, lho.

Berbincang dalam Bahasa Inggris

Carilah kawan berbicara yang nyaman. Bisa teman, keluarga, atau bahkan orang asing. Ajak mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, setiap hari atau di hari-hari tertentu.

Agar perbincangan semakin menarik, kamu juga bisa menentukan topik-topik pembicaraan. Contohnya ngomongin topik yang sedang viral di media sosial atau bahkan ngomongin topik kesukaan masing-masing. Cobalah untuk saling mengeluarkan pendapat menggunakan bahasa Inggris.

Namun, jangan hanya sekadar berbincang biasa. Pastikan kamu fokus mendengarkan setiap kalimat dan mintalah umpan balik dari lawan bicara. Dengan demikian, kemampuan mendengarkan dan kemampuan berbicara mu dapat terasah dalam waktu yang sama.

Lakukan Evaluasi

Hal terpenting setelah kedua cara di atas adalah melakukan evaluasi. Semua latihan yang kamu lakukan akan berujung sia-sia, jika kamu tidak mau mengoreksi dirimu.

Pastikan kamu selalu mengevaluasi kekurangan dan kesulitan yang kamu temui. Kemudian, carilah solusi atas permasalahan itu. Dijamin listening skill kamu akan meningkat pesat!

Baca juga:  

Meningkatkan kemampuan listening memang tidaklah mudah. Kamu perlu mengerahkan usaha yang cukup besar untuk itu, terlebih bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu. Namun percayalah, cara meningkatkan listening skill di atas akan membantumu secara perlahan.

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *