Campuspedia Friends, saat ini menulis skripsi menjadi lebih menantang karena pandemi Covid-19. Mulai dari alasan kesehatan hingga alasan keamanan yang membuat kamu harus berada di rumah.

Akses menuju kampus pun semakin terbatas, apalagi bagi Campuspedia Friends yang mesti pulang kampung dan jauh dari kampus.

Imbasnya, proses mencari referensi buku di perpustakaan tambah susah. Padahal pejuang skripsi butuh banyak referensi. 

Baca juga:

Sudahi keluh kesahmu, mari membaca artikel ini. Di sini Minca sudah siapkan kumpulan website yang dapat membantu kamu dalam mencari referensi untuk skripsi. Yuk, simak!

Library Genesis

Buat Campuspedia Friends yang kesulitan mencari buku referensi, Library Genesis adalah solusinya. Website ini menyediakan berbagai buku dengan topik apapun. Selain lengkap, Library Genesis juga gratis loh, Campuspedia Friends. Kamu bisa mengunduh buku yang kamu inginkan sebebas-bebasnya.

Sayangnya, buku yang tersedia di Library Genesis hanya tersedia dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris. Belum ada buku berbahasa Indonesia di website ini. Meskipun begitu, setidaknya kamu tetap bisa mendapatkan referensi yang kaya untuk skripsi mu.

Klik untuk mencoba Library Genesis.

Google Books

Siapa yang tidak tahu dengan website satu ini. Google Book adalah tools dari Google yang membantumu dalam membaca buku secara gratis. Buku yang tersedia pun sangat beragam. Baik buku dari penulis dalam negeri, hingga luar negeri.

Namun, terkadang buku-buku di Google Book tidak sepenuhnya bisa kamu baca. Sebagian file tidak lengkap karena alasan hak cipta. Walaupun begitu, buku-buku di Google Book tetap bisa menambah referensi skripsi mu, kok.

Klik untuk mencoba Google Book.

Baca juga:

iPusnas

Inilah rajanya website kumpulan buku berbahasa Indonesia. Buku-buku di iPusnas bisa kamu akses secara gratis, baik melalui website maupun aplikasinya. Sistem aksesnya sama dengan sistem peminjaman buku di perpustakaan kampus. Kamu perlu membuat akun, lalu kamu dapat meminjam maksimal tiga buku dalam sekali peminjaman.

Eits, kamu harus bekerja lebih ekstra nih kalau mau meminjam buku di iPusnas. Pasalnya, kamu harus berebut dengan pengguna yang lain. Nyaris satu Indonesia meminjam buku di sini, jadi kamu harus gesit yah Campuspedia Friends.

Klik   untuk mencoba iPusnas atau langsung mengunduh aplikasinya di perangkatmu.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Selain iPusnas, kamu juga bisa mencari buku referensi berbahasa Indonesia di Perpusnas. Buku-bukunya pun lengkap. Cocok sekali buat Campuspedia Friends yang kebingungan mencari buku di tengah pandemi.

Namun bukan sembarang orang bisa meminjam buku di sini. Jika ingin meminjam buku, kamu perlu registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat email terlebih dahulu.

Klik untuk mencoba Perpusnas.

The Literature Network

Website yang satu ini menyediakan literatur lengkap dari penulis dunia. Hingga saat ini, terdapat sebanyak 3.607 buku tersedia di Literature Network secara gratis. Selain itu, karya-karya dari 267 penulis juga tersedia di sini.

Sebagai catatan, buku-buku di Literature Network hanya bisa diakses secara online. Jadi, sediakan paket internet kalau mau baca buku di sini, yah Campuspedia Friends.

Klik untuk mencoba The Literature Network.

OAPEN Library

Berdiri sejak 2007, OAPEN Library menyediakan lebih dari 20 juta buku akademik. OAPEN sendiri merupakan singkatan untuk Open Access, jadi kamu bisa membaca dan mengunduh buku-buku yang tersedia dengan gratis.

Sama halnya dengan website luar negeri lainnya, kamu akan kesulitan untuk mencari buku berbahasa Indonesia di OAPEN Library. Namun, jika kamu mencari buku berbahasa Inggris di sinilah jawaranya. 

Klik untuk mencoba OAPEN Library. 

Baca juga:

Bagaimana, banyak sekali bukan? Sekarang tidak ada lagi alasan Campuspedia Friends untuk menunda-nunda skripsi. Segera cari buku-buku yang kamu butuhkan dan jangan lupa mencoba kumpulan website di atas. Selamat skripsian, Campuspedia Friends!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *