Cek dan Manfaatkan Tagihan BPJS Kesehatan dengan Tiga Cara Mudah Ini

Cek dan Manfaatkan Tagihan BPJS Kesehatan dengan Tiga Cara Mudah Ini

1. Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak hanya memberikan akses kesehatan yang mudah, tapi juga beragam keuntungan yang dapat dinikmati peserta yang rajin melakukan pengecekan tagihan dan membayarnya tepat waktu.

Baca Juga: Begini Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Pelayanan Medis yang Komprehensif

Peserta BPJS Kesehatan yang teratur membayar dan memeriksa tagihannya berhak atas pelayanan medis yang menyeluruh. Mulai dari konsultasi, perawatan jalan, rawat inap, hingga kebutuhan farmasi, semuanya dapat diakses di fasilitas kesehatan terdaftar.

Perawatan Jalan yang Luas

Fasilitas perawatan jalan BPJS mencakup pengobatan, pencegahan, konseling kesehatan, imunisasi, hingga layanan keluarga berencana. Layanan ini juga termasuk screening kesehatan yang membantu mendeteksi risiko penyakit dan memberikan solusi tanpa biaya besar.

Fasilitas Rawat Inap

Peserta BPJS Kesehatan berhak atas layanan rawat inap yang mencakup administrasi dan tindakan medis di rumah sakit terdaftar. Termasuk dalam layanan ini adalah bantuan kebidanan untuk persalinan.

Layanan Medis Rujukan

Jika fasilitas kesehatan pilihan tidak dapat memberikan layanan tertentu, BPJS menyediakan layanan rujukan ke fasilitas lain yang lebih sesuai untuk kebutuhan medis Anda.

Kepesertaan Seumur Hidup dengan Biaya Terjangkau

Kepesertaan BPJS Kesehatan berlaku seumur hidup dengan iuran bulanan yang terjangkau. Dalam skala kelas tertentu, iuran BPJS Kesehatan adalah:

  • Kelas I: Rp150 ribu/bulan
  • Kelas II: Rp100 ribu/bulan
  • Kelas III: Rp35 ribu/bulan

2. Inovasi Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Saat ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan secara online melalui berbagai platform, termasuk aplikasi, WhatsApp, dan SMS.

Aplikasi Mobile JKN

Unduh aplikasi Mobile JKN untuk memeriksa tagihan BPJS Kesehatan. Login dengan NIK atau nomor kartu BPJS, pilih Info Iuran untuk melihat tagihan dan Info Riwayat Pembayaran untuk riwayat pembayaran iuran.

WhatsApp Assistant JKN

Simpan nomor 0811-8750-400, lalu mulai chat dengan pesan apa saja. Pilih menu Cek Tagihan Iuran dan berikan NIK serta tanggal lahir untuk informasi tagihan BPJS.

Pemeriksaan Melalui SMS

Kirim pesan ke 0877-7550-0400 dengan format TAGIHAN (spasi) nomor kartu BPJS untuk mendapatkan informasi rinci tentang tagihan.

3. Pembayaran Mudah Melalui OCTO Clicks

Setelah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan secara online, Anda dapat membayarnya dengan mudah menggunakan layanan OCTO Clicks dari CIMB Niaga.

Baca Juga: Syarat & Dokumen Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Panduan Lengkap

Fitur Auto Debet

Dengan OCTO Clicks, Anda bisa menggunakan fitur auto debet untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan secara otomatis setiap bulannya. Pilih menu Bayar Tagihan, Kesehatan & Asuransi, lalu Autodebet BPJS Kesehatan untuk mengatur pembayaran otomatis dari rekening Anda.

Dengan kehadiran layanan digital dan fitur pembayaran otomatis, proses cek dan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan menjadi lebih sederhana dan efisien bagi semua peserta.

Penulis: Dia Restyani
Kampus swasta terbaik: Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *