Hallo Campuspedia Friends! Terkadang saat mau mendaftar beasiswa, kamu jadi sering overthinking. Pertanyaan “Kira-kira lolos gak ya?” sering banget timbul di antara para pelamar beasiswa, apalagi mereka yang merasa insecure dengan pencapaian orang lain. Bahkan ada dari beberapa orang sering banget percaya hal-hal berbau beasiswa yang sebenarnya cuman mitos.

Mitos-mitos kaya gitu sebaiknya jangan kamu dengerin karena itu bisa menghambat pendaftaran beasiswamu. Berpikir pesimis yang ada malah bikin kamu stres lho.

Terus apa aja mitos beasiswa yang bisa menghambat proses pendaftaran beasiswa? langsung scroll aja yuk!

Baca juga : 

1. Susah carinya

Ya kalau kamu males carinya, jelaslah bakal susah. Jangan nunggu informasi dari orang, kamu harus coba inisiatif sendiri. Dengan begini aja kamu udah selangkah lebih maju lho dari orang lain. Ketika orang lain belum tahu informasi terupdate, kamu udah tahu duluan.

2. Harus punya skor IELTS/TOEFL yang tinggi

Memang skor IELTS atau TOEFL sering dijadikan sebagai salah satu syarat beasiswa. Biasanya mereka akan mematokkan minimal skor yang perlu diserahkan. Kalau begini, makin tinggi makin bagus kan buat bersaing dengan orang lain?

Tapi gak semua beasiswa mengharuskan punya skor IELTS atau TOEFL yang tinggi lho. Misalnya beasiswa Pemerintah China, Beasiswa Brunei Darussalam, Global Korea Scholarship, Beasiswa Turkiye Buslari, dan masih banyak lagi.

Nah, kan ada beberapa negara yang gak pakai bahasa Inggris seperti Jepang dan Korea. Biasanya dalam beasiswa tersebut, kamu akan mendapat program belajar bahasa ibu mereka. Jadi kamu gak perlu khawatir juga kalau gak punya skor TOEFL atau IELTS.

3. Harus Punya IPK tinggi

Ada beberapa beasiswa yang memang mensyaratkatkan IPK, tapi bukan berarti kamu harus cumlaude juga. Pastikan IPK mu di atas 3 buat nilai minimal, ini tuh cuman sebagai penanda aja apakah kamu orang yang serius belajar atau gak.

Kalau IPK mu terbilang jelek, ya perbaikin dong. Tapi kamu bisa juga ikut beasiswa yang gak harus mensyaratkan IPK buat mendaftar kok.

4. Harus punya rekomendasi dari “Orang Kuat” 

Inget ya! Yang kuliah itu kamu bukan pemberi rekomendasi. Surat rekomendasi dari pejabat tinggi sekalipun, belum tentu kamu dinyatakan lolos. Bahkan ada beberapa beasiswa yang gak perlu surat rekomendasi, seperti Russian Government Scholarship, Romanian Government Scholarship, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 

5. Ngurus beasiswa itu ribet

Saking banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi saat mendaftar beasiswa, ada kalanya kamu jadi males dan merasa ribet. Padahal ini merupakan langkah awal agar kamu bisa kuliah gratis. Baru ngurus dokumen kaya gini aja udah dibilang ribet, apalagi saat kuliah nanti yang beban nya mungkin lebih banyak.

Kalau kamu merasa gini, inget aja kamu bakal kuliah gratis dengan melewati semua tahap seleksi ini. Jadi anggap aja kalau usahamu sekarang merupakan investasi buat dapetin beasiswa.

6. Sekali apply langsung lolos beasiswa

Gak salah kok kamu optimis, justru optimis memang diperlukan agar dirimu lebih percaya diri. Tapi jangan kelewat over pede ya. Bagusnya kamu jangan terlalu berharap bisa langsung lolos saat baru sekali apply.

Cukup lakukan dengan usaha yang maksimal dan sisanya serahkan pada Tuhan. Ketika belum lolos, yuk bangkit dan move on buat cari beasiswa lain.

7. Cuman bisa buat mahasiswa PTN

Big mistake! Jangan merasa minder hanya karena pesaingmu itu anak UI, ITB, UGM, atau PTN besar lainnya. Semua orang itu punya kesempatan yang sama kok tanpa melihat mereka berasal dari kampus mana. Apalagi kalau kamu melamar buat beasiswa luar negeri. Mereka itu nerima dari seluruh dunia, mana hapal kampus tiap negara.

Kamu cukup maksimalkan berkas dokumen dan saat interview nanti. Berikan hasil yang terbaik versi kamu yang bisa mengimpresif para penyeleksi.

8. Cuman buat orang gak mampu

Kalau kamu daftar beasiswa dalam negeri mungkin banyak yang ditujukan buat orang gak mampu. Tapi kalau kamu mendaftar beasiswa luar negeri, mereka gak peduli kamu orang miskin atau kaya. Mereka cuman mau memilih pelamar yang punya kualitas bagus.

Baca juga : 

Itulah mitos beasiswa yang sebaiknya jangan kamu yakini karena bisa menghambat proses pendaftaran beasiswa kamu. Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *