Campuspedia Friends, apakah dari kalian ada yang baru saja masuk ke dunia kerja? Atau sedang berusaha beradaptasi di tempat kerja baru? Wah, selamat ya! Semoga langkah baru dalam hidupmu mendatangkan kesuksesan!

Mendapat tempat kerja baru bisa jadi adalah sebuah kabar baik. Kamu dapat pengalaman baru, kolega baru, suasana, tantangan, hingga gaji baru. Oleh karena itu, sangat penting melakukan adaptasi dengan hal-hal baru tersebut.

 

Baca juga :

 

Mungkin dari kalian ada yang masih bingung nih, gimana sih cara yang tepat untuk beradaptasi di tempat kerja baru ? Nah bisa nih simak tips dari minca berikut ini.

 

Buat first impression yang baik

 

First Impression (kesan pertama) dapat menjadikan jalan adaptasi selanjutnya lebih mulus. Kesan pertama dapat dibentuk melalui sapaan, memberikan senyum yang tulus, berusaha membuka obrolan terlebih dahulu.

 

Fokus berkenalan dengan tempat kerja

 

Selain harus memperkenalkan diri pada lingkungan baru, kamu juga harus berkenalan dengan tempat kerjamu. Satu minggu pertama saat masa-masa perkenalan, manfaatkan dengan baik dan fokus saja ke sana.

Kurangi dahulu bermain untuk memahami tempat kerja baru.Jangan malu untuk bertanya pada senior. Wajar bagi junior untuk banyak tanya. Hal ini juga akan memudahkan proses adaptasimu di tempat baru.Dengan begitu, selain meminimalisir kebingungan, kamu juga dapat menjalin relasi baru.

 

Baca juga :

 

 

Hindari sikap sombong, sebaiknya buka diri

 

Bekerja di tempat baru, membuat dirimu akan banyak dihadapkan hal-hal baru. Banyak rekan yang lebih berpengalaman. Maka dari itu jangan menutup diri dan berlakusombong, merasa sanggup melakukan semua sendiri. Bersikaplah  terbuka dan terima hal-hal baru sebagai pembelajaran.

Sikap rendah hati juga akan membuat rekanmu tak ragu untuk mendekatimu, dengan begini, relasi dapat terjalin dengan baik.

 

Bersikap antusias nggak ada salahnya

 

Banyak melakukan sesuatu hal baru di tempat kerja baru, kamu mungkin akan dihadapkan dengan hal-hal yang banyak kamu bingungkan. Bersikap antusias tentu nggak ada salahnya. Beberapa orang justru senang ketika junior baru masuk, dan antusias terhadap berbagai hal baru.

 

Tunjukkan kualitas diri

 

Selesaikan pekerjaan secara on-time, tunjukkan hasil kerja berkualitas, dipadukan dengan langkah-langkah di atas akan membuat hasil kerjamu lebih sempurna.

Kamu mungkin akan dikenal sebagai orang yang mudah beradaptasi dan berkembang dengan baik oleh rekan kerja. Dengan begitu, mereka tak lagi ragu untuk bekerja sama denganmu.

 

Berusaha untuk tidak complain dan membanding-bandingkan

 

Merasa lelah saat bekerja di tempat baru merupakan hal yang wajar dialami. Selain harus melaksanakan tugas yang sudah diberikan, proses adaptasi juga sangat melelahkan.

Namun. akan sangat baik jika kamu berusaha untuk tidak complain atau membandingkan porsi kerjamu seperti di tempat kerja sebelumnya.Wajar jika kamu merasa nyaman di tempat kerja lama, karena kamu sudah lama beradaptasi di sana.

 

Bersyukur dan tersenyum

 

Bersyukur bahwa sekarang kamu bekerja adalah teknik jitu berhenti mengeluh dan membanding-bandingkan. Lakukan minimal dengan tersenyum. Dengan begitu, atmosfer kebahagiaan akan terus mengalir dalam dirimu dan rekan kerja juga bahagia bersamamu.

 

Baca juga :

 

 

Hindari hal-hal negatif

 

Sala satu contohnya adalah bergosip. Selain dapat menimbulkan adanya forum dalam forum yang dapat memecah belah organisasi, hal itu juga tak ada manfaatnya bagimu.

Mungkin kamu akan merasa lebih dekat dengan rekan kerjamu, namun akan lebih baik jika jadikan rekan kerjamu sebagai mentormu dalam bekerja daripada bergosip ria.

 

Nah itu tadi tips dari minca agar kamu lancar beradaptasi di tempat kerja baru. Semoga kamu lancar dalam pekerjaan dan memperoleh hasil maksimal, ya!

Baca juga :

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *