Hallo Campuspedia Chingu! Berita dibukanya pendaftaran CPNS, ternyata mengalami kemunduran. BKN menyatakan bahwa pendaftaran CPNS yang semula akan dibuka 31 Mei 2021 harus mengalami penundaan.

Seperti yang kita tahu pendaftaran ASN melalui jalur seleksi pegawai negeri sipil nasional dan juga PPPK kabarnya akan dibuka sebentar lagi. Namun pihak BKN mengatakan jika dibukanya pendaftaran ASN akan mengalami perubahan jadwal. Lalu apa alasan pendaftaran CPNS mengalami kemunduran? Ini dia penjelasannya.

Baca juga:

Pendaftaran CPNS

Menurut jadwal yang didapatkan para calon peserta pendaftaran CPNS dan PPPK akan mulai dibuka pada Senin, 31 Mei 2021. Namun hari sebelumnya BKN menyatakan bahwa dibukanya pendaftaran ASN akan mengalami kemunduran karena adanya beberapa hal. Kabar ini dibenarkan oleh BKN yang memberi klarifikasi melalui halaman Instagram resminya. Para calon pendaftar pun menyayangkan hal ini karena mereka sudah memperkirakan bahwa proses seleksi tidak akan mengalami kemunduran lagi.

Peraturan CPNS Belum Ditetapkan?

Alasan pertama diundurnya pendaftaran ASN karena adanya beberapa peraturan mengenai CPNS dan PPPK tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah. Peraturan pengadaan ASN saat ini masih dalamtahap revisi penetapan formasi yang dibutuhkan.

Dalam surat kepala BKN Nomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 menjelaskan  mengenai proses seleksi ASN yang dilakukan dalam dua jalur, namun bebeapa peraturan pengadaan CPNS dan PPPK masih belum ditetapkan. Kepala BKN juga mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan pendaftaran ASN akan diinformasikan lebih jelas lagi nanti.

Baca juga:

Masalah Anggaran?

Pengadaan proses seleksi ASN juga tidak luput dari masalah anggaran. Kepala BKN juga menjelaskan mengenai permasalahan anggaran, dimana untuk Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dan PPPK Non Guru akan disiapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau PPK sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Lalu anggaran untuk Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Selain itu tiap instansi pusat maupun daerah juga diminta untuk membentuk panitia seleksi yang akan mengurus peserta pendaftar seleksi ASN pada masing-masing instansi.

Lokasi Seleksi

Untuk tetap menjaga keamanan peserta seleksi dan mencegah penularan Covid-19, BKN meminta kepada instansi pusat dan daerah agar menyiapkan sejumlah titik lokasi tes seleksi. Penyiapan lokasi tes seleksi ini harus meliputi adanya:

  • Tempat atau gedung seleksi
  • Komputer
  • Jaringan komputer maupun internet yang memadai
  • Genset
  • Dan sarana pelaksanaan tes seleksi yang sesuai dengan protokol kesehatan (berkoordinasi dengan SATGAS Covid-19)

Baca juga:

Itu dia informasi mengenai alasan diundurnya pendaftaran CPNS 2021. Bagi chingu yang sedang mempersiapkan CPNS bisa menyiapkan berkas yang dibutuhkan dan jangan lupa belajar ya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *