Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia lewat juru bicaranya mengusulkan dispensasi mudik santri. Dispensasi ini ditujukan bagi santri untuk mudik atau pulang ke rumah saat lebaran. Usulan ini menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan. Bagaimana informasi selengkapnya? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Keterangan Masduki Baidlowi

Juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan bahwa Wakil Presiden meminta supaya ada dispensasi bagi santri agar tetap bisa pulang ke rumah masing-masing dengan tidak dikenai aturan ketat mengenai larangan mudik tahun ini.

Selanjutnya, Masduki juga mengatakan bahwa lebaran adalah kesempatan bagi santri untuk pulang ke rumah setelah beberapa lama tinggal di pondok pesantren. Banyak di antara para santri ini yang berasal dari lintas wilayah atau pulau. Oleh sebab itu, perlu ada dispensasi bagi santri untuk bisa pulang ke rumah saat lebaran nanti. 

Baca juga:

Keterangan Gubernur Jawa Timur

Khofifah Indar Parawangsa sebagai Gubernur Jawa Timur telah lebih dahulu memberikan dispensasi agar santri bisa pulang ke rumahnya masing-masing. Dispensasi ini diberikan karena memang sudah tidak ada kegiatan belajar-mengajar di pesantren saat libur lebaran Idul Fitri. 

Bentuk dispensasi kepada santri ini diberikan dengan surat pengantar  atau surat jalan yang menyatakan bahwa santri tersebut diperbolehkan untuk pulang ke rumah jika ada pemeriksaan atau penyekatan di jalan. 

Baca juga:

Keterangan Komisi IX DPR RI 

Charles Honoris sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI menanggapi usulan dispensasi mudik bagi santri tersebut. Menurutnya, pemerintah harus konsisten dalam menerapkan kebijakan pencegahan pandemi Covid-19 tanpa membedakan latar belakang seseorang.

Charles juga menambahkan bahwa ketidak konsistenan ini dikhawatirkan akan memunculkan variasi baru seperti yang terjadi di India. Menurutnya, ketidak konsistenan kebijakan pemerintah India ini menyebabkan lonjakan kasus di India semakin membludak. 

Awalnya, India sempat berhasil menahan laju Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun,  muncul kebijakan baru yang mengizinkan acara keagamaan dan kampanye politik. Ketidak konsistenan kebijakan ini menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus Covid-19 membludak. 

Baca juga:

Nah itu dia informasi terkait dispensasi mudik santri yang menuai pro dan kontra. Sobat Campuspedia sendiri masuk tim pro atau tim kontra nih? Apapun keputusannya semoga itu yang terbaik dan virus Covid-19 ini segera hengkang dari negara kita ya. 

Biar teman-temanmu juga tau informasi ini, jangan lupa buat sebar artikel ini juga ya!

Yuk follow seluruh medsos Campudpedia di Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, OA Line, dan Youtube kita ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *