Halo Sobat Campuspedia! Kamu pastinya pernah mengalami kejadian di saat kamu diundang ke sebuah wawancara kerja dan memiliki keinginan besar agar dapat diberikan kesempatan untuk bekerja di posisi sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, bagaimana jadinya jika tiba-tiba pertanyaan HRD saat interview di luar ekspetasimu?

Memang, tidak dapat dipungkiri ketika kamu dipanggil untuk melakukan wawancara kerja itu menandakan kalau kamu sudah berhasil meyakinkan HRD tentang CV dan portofolio yang kamu miliki.

Baca Juga:

Hal tersebut juga membuat kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka. Namun, bagaimana jadinya jika di tengah perjalanan wawancara, tiba-tiba HRD berkata, “Posisi yang anda inginkan kebetulan sudah ada yang mengisi. Namun, perusahaan ini punya posisi lain untuk anda, yaitu sebagai (…). Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya?”

Pastinya, kamu tidak akan pernah menduga pertanyaan seperti ini akan ditanyakan, bukan? Selain itu, kamu pastinya hanya menginginkan bekerja di posisi yang telah kamu incar sebelumnya, bukan? Kalau hal seperti ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, lho! Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 

Jangan Gegabah untuk Menjawab, Tenangkan Dirimu Terlebih Dahulu

Jangan Gegabah untuk Menjawab, Tenangkan Dirimu Terlebih Dahulu

Ketika kamu menghadapi pertanyaan HRD saat interview seperti sekarang, kamu pastinya sangat kaget dan bingung sekali, bukan? Selain itu, kamu juga bisa mengalami gejala baper ataupun takut.

Kaget karena posisi yang ditawarkan itu ternyata bukan posisi sesuai dengan yang kamu incar saat melamar dan baper karena ternyata kemampuanmu selama ini itu lebih baik dan luas daripada yang kamu pikirkan.

Namun, di sisi lain, kamu juga takut karena jika kamu langsung menolak tawaran ini, kamu bisa melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan. Terlepas dari apapun yang sedang ada di dalam pikiranmu, bukankah akan lebih baik kalau kamu menenangkan dirimu, Sobat Campuspedia? Ingatlah kalau kamu sedang diwawancarai.

Baca Juga: 

Langkah selanjutnya, kamu bisa meminta waktu sejenak pada HRD untuk memikirkan tawaran tersbeut. Jika kamu merasa membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk berpikir, tidak ada salahnya lho untuk meminta waktu sekitar satu atau dua hari pada HRD sebelum memberikan jawaban.

Kalau Merasa Tidak Cocok dengan Posisi Lain, Cobalah untuk Menolaknya dengan Bijaksana

Kalau Merasa Tidak Cocok dengan Posisi Lain, Cobalah untuk Menolaknya dengan Bijaksana

Setelah mempertimbangkan segala sesuatunya dan kamu merasa tidak cocok dengan posisi lain yang ditawarkan, berikan jawaban dengan bijaksana, ya! Kamu bisa menjawab seperti ini,

“Terima kasih untuk kepercayaan dan kesempatan yang bapak/ibu telah berikan. Namun, saya merasa lebih yakin dan nyaman untuk bekerja di posisi yang sudah saya pahami sebelumnya. Jika posisi tersebut kembali dibuka, saya bersedia untuk dihubungi kembali dan mencoba kesempatan untuk bekerja di perusahaan bapak/ibu. Terima kasih.”

Dengan gaya bicara untuk menjawab secara bijak, pastinya akan membuat HRD memberikan nilai positif kepadamu, lho! Dengan demikian, kesempatanmu untuk diundang mengikuti wawancara kerja tidak tertutup.

Jika Memang Merasa Yakin, Maka Terimalah Tawaran HRD

Setelah kamu mempertimbangkan segala sesuatu dari berbagai sudut pandang dan akhirnya kamu memutuskan untuk menerima tawaran yang diberikan HRD. Namun, sebelumnya pastikan kalau alasan kamu menerimanya bukan karena beranggapan mumpung ada tawaran pekerjaan, jadi diterima saja, ya!

Oleh sebab itu, saat mempertimbangkan, cobalah untuk memahami terlebih dahulu posisi pekerjaan yang ditawarkan kepadamu. Misalkan saja seperti tanggung jawab dan bagaimana mekanisme kerjanya. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan benefit yang akan kamu dapatkan nantinya, lho!

Baca Juga: 

Untuk itu, kamu dapat memberikan jawaban seperti ini,

“Saya tertarik dengan posisi yang bapak/ibu tawarkan. Meskipun saya percaya bahwa kemampuan yang saya miliki lebih sesuai untuk posisi yang saya lamar sebelumnya. Namun, jika bapak/ibu merasa kemampuan yang saya miliki bisa digunakan untuk mengisi posisi (…), maka saya akan mencoba kesempatan yang bapak/ibu berikan. Terima kasih.”

Jika kamu memiliki pengalaman di posisi tersebut, tidak ada salahnya juga lho kalau kamu memberitahukannya pada HRD, seperti ini,

“Saya memiliki pengalaman di posisi yang bapak/ibu tawarkan. Oleh sebab itu, saya yakin jika saya dapat berkontribusi dengan baik bagi perusahaan bapak/ibu. Terima kasih.”

Nah, sekarang kamu tidak perlu merasa kebingungan lagi, ya! Sebab, kamu sudah tahu jawaban apa yang kamu berikan kalau ditawari posisi yang lain oleh HRD nantinya.

Baca Juga:

Kamu ingin dapat informasi lain seputar upgrade skill dan persiapan karier? Yuk, ikuti instagram  dan pantau kelas online yang tersedia di web  untuk bantu kamu mengembangkan skill dan mempersiapkan karier yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *