Akhir-akhir ini muncul istilah dopamine detox. Sobat Campuspedia udah tau belum apa itu dopamine detox? Jadi, dopamine detox itu merupakan upaya untuk membatasi kegiatan atau perilaku yang dapat memicu pelepasan dopamin dalam otak.

Asal kamu tau, saat melakukan hal yang menyenangkan, tubuh akan mengeluarkan senyawa kimia yang disebut dopamin. Hal yang menyenangkan tersebut contohnya adalah bermain gadget. Saat bermain gadget, tubuh akan mengeluarkan dopamin. Sebetulnya hal ini sangat wajar, namun jika bermain gadget terus menerus, maka tubuh akan kecanduan dan berefek negatif. Oleh karena itu, muncul dopamine detox untuk mengatasi hal tersebut.

Gejala Dopamine yang Berlebih

  • Tubuh mudah gelisah
  • Perasaan senang dan semangat yang susah dikontrol dan berlebihan
  • Hasrat seksual tinggi
  • Insomnia
  • Rentan stress

Baca juga: 

Tips Melakukan Dopamine detox

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk dopamine detox, diantaranya adalah

  1. Menjauhi hal yang membuat kamu kecanduan. Seperti menjauhkan diri dari gadget untuk mengurangi penggunaan media sosial dan game. Untuk memaksimalkan hal ini, kamu bisa meminta bantuan orang lain agar mengawasimu.
  2. Melakukan aktivitas yang bertolak belakang dengan keinginanmu. Cobalah kamu melakukan hal yang tidak membuatmu bahagia. Misalnya, kamu tidak suka berolahraga sehingga tidak ada perasaan senang ketika kamu melakukannya. Untuk dopamine detox ini, justru kamu harus berolahraga agar kamu tidak merasa senang berlebihan. 
  3. Time management. Kamu harus membuat to do list setiap harinya agar waktu yang kamu habiskan tidak hanya untuk scrolling media sosial aja. Kamu bisa melakukan aktivitas lainnya yang lebih produktif, seperti membaca buku, mempelajari skill baru, bersosialisasi, dan lain sebagainya

Baca juga:  

 

Beberapa hal yang harus dibatasi

Selain media sosial tentunya terdapat beberapa hal lain yang perlu kamu batasi. Berikut adalah beberapa hal yang harus dibatasi agar tidak membuat kecanduan atau rasa bahagia yang berlebihan:

  • Musik

Bagi sebagian orang, musik menjadi media penghibur untuk mengurangi stres, bosan, serta untuk menemani aktivitas. Namun musik ini tetap harus dibatasi penggunaannya karena dapat menghasilkan dopamin dan berujung pada kecanduan

  • Game

Bagi kamu yang sudah kecanduan game, sejam saja tanpa game akan membuat hidupmu hampa. Oleh karena itu penggunaan game ini juga harus dibatasi.

  • Berbelanja

Jangan remehkan hal ini, ternyata berbelanja juga bisa menimbulkan rasa senang berlebih, loh! Oleh karenanya, berbelanja juga harus dibatasi. Selain menghadang kecanduan, kamu juga akan lebih hemat.

  • Pornografi

Banyak orang yang menjadikan pornografi sebagai tontonan rutin. Jika dibiarkan terus menerus hal ini akan menjadi kecanduan yang negatif karena pornografi dapat merusak otak. Jadi, yuk mulai batasi atau bahkan tinggalkan jauh-jauh pornografi. 

Baca juga:

Nah itu dia informasi mengenai dopamine detox. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini? Yuk tulis di kolom komentar! Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu agar mereka juga tau!

Yuk follow seluruh akun media sosial Campuspedia di , , , , , dan untuk mendapatkan informasi menarik lainnya yang pastinya up to date banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *