Pada tanggal 25 Mei 2023, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Strategi Advokasi dalam Menjaga Keseimbangan dan Keberlanjutan Lingkungan”. Acara yang berlangsung di Aula FH UMSU ini diselenggarakan berkolaborasi dengan LBH UMSU, MHH PW Muhammadiyah Sumut, dan Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ).

Baca juga : Makna dan Signifikansi Persatuan serta Kesatuan dalam Konteks Sosial

FGD ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan dosen FH UMSU, serta dipandu oleh M. Indra Kurnia, Deputi Direktur YOSL-IOC. Dalam diskusi tersebut, hadir sejumlah narasumber terkemuka, antara lain Panut Hadisiswoyo (Ketua Dewan Kehutanan Daerah/DKD Sumut), Ibrahim Nainggolan (Aktivis Lingkungan dan Akademisi UMSU), serta Kusuma RB Simanjuntak (Polhut Muda pada Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera).

Acara ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Faisal SH MHum; Wakil Dekan I, Dr. Zainuddin SH MH; Wakil Dekan III, Atikah Rahmi SH MH; pengurus MHH PWM Sumut; pengurus STFJ; pengurus LBH UMSU; serta jajaran Kepala Bagian di FH UMSU. Di sela-sela kegiatan, dilakukan penandatanganan kerja sama antara Fakultas Hukum UMSU dan Sumatera Tropical Forest Journalism.

Dalam sambutannya, Direktur STFJ, Rahmad Suryadi, mengungkapkan bahwa isu lingkungan hidup merupakan topik yang selalu relevan dan penting. Dia menekankan bahwa masalah kerusakan lingkungan tidak hanya menjadi perhatian global, tetapi juga tingkat regional, nasional, dan lokal. Rahmad Suryadi menyatakan, “Isu kerusakan lingkungan memerlukan perhatian dan tanggung jawab bersama dari semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, LSM, dan dunia akademis, terutama di Sumatera Utara.”

Dekan FH UMSU, Dr. Faisal SH MHum, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa FGD ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah lingkungan yang semakin memprihatinkan. “Kerusakan lingkungan yang kita hadapi saat ini adalah akibat dari aktivitas manusia,” ujarnya, mengutip Surah Ar-Rum ayat 41 dari Al-Qur’an. Ia menekankan pentingnya mencari strategi untuk memperbaiki kerusakan ini dan menyelamatkan bumi, terutama dalam konteks advokasi lingkungan yang berkelanjutan.

Baca juga : Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Tahu Nggak? Ini Pekerjaan yang Bisa Jadi Karier Impianmu!

Selama FGD, narasumber menyampaikan berbagai informasi terkini mengenai isu lingkungan, dari tingkat global hingga lokal. Mereka juga membagikan gagasan dan pokok pikiran terkait strategi advokasi untuk menjaga keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan. Forum ini semakin dinamis dengan partisipasi aktif mahasiswa yang memberikan pandangan, pemikiran, dan saran tentang cara-cara efektif dalam advokasi lingkungan.

Penulis : Rahmat zidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *