Hallo Campuspedia Chingu! Siapa nih di sini teman-teman yang baru saja menyelesaikan masa kuliah dan menjadi fresh graduate? Menjadi seorang fresh graduate merupakan suatu langkah memasuki kehidupan baru. Bagi seorang fresh graduate melamar pekerjaan adalah hal yang penting, khususnya saat sesi wawancara atau interview. Sebagian orang pasti merasa tegang dan khawatir mengingat ini adalah langkah yang menentukan kamu untuk masuk ke perusahaan.

Di sini minca akan memberikan informasi seputar jenis-jenis interview yang harus kalian pahami. Yuk langsung simak ya.

Interview atau Wawancara adalah …

Interview atau wawancara merupakan suatu tahap akhir dari proses melamar pekerjaan. Di sesi wawancara ini, HRD akan menanyakan beberapa hal yang menyangkut diri kalian chingu. Pertanyaan ini ditanyakan untuk mengetahui sifat dan kebiasaan kandidat. 

Mulai dari pengenalan diri, pengalaman organisasi dan kerja, hingga kelemahan dan kelebihan. Dari wawancara ini pun kepribadian kalian bisa terbaca loh. Apakah sifat dan kebiasaan kalian sesuai dengan perusahaan, itu semua akan diketahui melalui tahap wawancara. 

“Terus apa aja sih minca jenis-jenis wawancara yang wajib kita tahu?”

Baca juga:

Jenis-Jenis Interview Kerja

Sebagai seorang fresh graduate kalian harus mengetahui jenis-jenis interview, agar persiapan kalian lebih matang ya chingu.

Interview Secara Langsung

Wawancara secara langsung adalah jenis yang paling sering digunakan pada perusahaan. Untuk proses wawancara, kita akan dipanggil oleh pihak HRD atau atasan yang bertanggung jawab pada divisi tertentu. Setelah memberikan pertanyaan, pewawancara secara tidak langsung akan mengevaluasi jawaban serta sikap yang diberikan oleh pelamar. Setelah itu barulah pengambilan keputusan hasil dapat dilakukan.

Interview Secara Daring

Wawancara secara online umumnya sama seperti wawancara secara langsung, hanya saja dilakukan secara online dan jarak jauh. Jenis interview ini akan dilakukan jika memang benar-benar ada kendala sehingga tidak bisa bertemu langsung. Contohnya seperti jarak pewawancara dan pelamar sangat jauh. Interview online ini bisa berupa via telepon, video call, dan lainnya.

Baca juga:

Interview Dengan Contoh Kasus

Interview dengan contoh kasus bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung, kita akan diminta menyelesaikan suatu kasus yang diberikan pihak perusahaan dengan cara kita sendiri. Secara tidak langsung, biasanya akan ditanyakan saat wawancara secara tatap muka. Kita akan ditanyakan suatu kasus dan cara penyelesaiannya. Di sini cara berpikirmu akan dinilai ya chingu. Usahakan untuk menganalisis permasalahan terlebih dahulu dan memberikan solusi yang terbaik dari kasus yang diberikan.

Interview Presentasi

Interview presentasi, biasanya pihak perusahaan akan memberikan tugas kepada kandidat berupa materi. Lalu kita diminta untuk melakukan presentasi terkait tugas yang diberikan. Pada tahap ini kemampuan komunikasi dan penyampaian materi akan dinilai. Usahakan menjelaskan dengan kalimat yang mudah dipahami dan to the point ya.

Interview Panel

Pada interview panel kita tidak akan hanya ditanya oleh satu orang, melainkan 2 sampai 3 orang dari pihak perusahaan. Pertanyaan yang ditanyakan juga akan lebih banyak dan bervariasi. Jika chingu mendapat jenis wawancara ini, usahakan untuk persiapkan diri sebaik mungkin ya. Hasil evaluasi akan digabungkan dari penilaian pihak pewawancara.

Baca juga:

Nah itu tadi merupakan beberapa jenis-jenis interview yang harus kamu ketahui ya chingu, khususnya untuk para fresh graduate. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *