Aplikasi digital BYOND milik PT Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan yang sudah berlangsung selama beberapa hari. Corporate Secretary BSI, Wisnu Sunandar, mengonfirmasi bahwa gangguan ini disebabkan oleh proses upgrade sistem untuk meningkatkan kualitas layanan transaksi bagi nasabah. Meskipun terjadi kendala dalam layanan transaksi melalui e-Channel, BSI memastikan bahwa transaksi tetap bisa dilakukan di cabang-cabang BSI.

Data Nasabah Tetap Aman dan Waspadai Penipuan

Wisnu Sunandar menegaskan bahwa data dan dana nasabah tetap aman meskipun ada gangguan pada aplikasi BYOND. Ia mengingatkan nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti password, PIN, dan OTP, serta tidak membagikannya kepada siapa pun, termasuk pegawai BSI. Nasabah yang mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi BYOND dapat menghubungi BSI Call Center di 14040 atau mengunjungi kantor cabang BSI terdekat untuk informasi lebih lanjut.

Gangguan Layanan BYOND Berdampak pada Transaksi Nasabah

Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah nasabah melaporkan bahwa aplikasi BYOND tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Bahkan, seorang karyawan di Jakarta mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut telah mengalami error selama beberapa hari berturut-turut. Nasabah lainnya juga mengungkapkan terpaksa beralih menggunakan aplikasi bank lain karena BYOND tidak dapat berfungsi dengan normal.

Keluhan Warga Aceh tentang Gangguan Layanan BSI

Masalah serupa juga dirasakan oleh masyarakat di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Mereka mengeluhkan gangguan pada aplikasi BYOND serta Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BSI yang tidak dapat digunakan untuk transaksi, seperti pengiriman dan penarikan uang. Salah seorang warga di Lhokseumawe mengungkapkan kesulitan yang dialaminya, terpaksa meminjam uang karena hanya mengandalkan ATM dan BYOND untuk transaksi sehari-hari.

BSI Berupaya Pulihkan Layanan dan Tingkatkan Kualitas Sistem

Hingga Senin sore (10/2/2025), aplikasi BYOND BSI masih terpantau belum bisa digunakan. Namun, BSI berkomitmen untuk segera menyelesaikan proses upgrade sistem guna memperbaiki kualitas layanan transaksi bagi nasabah. Nasabah diimbau untuk tetap sabar dan memanfaatkan cabang BSI terdekat sebagai alternatif selama gangguan ini berlangsung.

Solusi dan Dukungan untuk Nasabah

BSI mengajak nasabah untuk terus mengikuti perkembangan informasi terkait gangguan layanan ini melalui kanal resmi mereka di website www.bankbsi.co.id. Sebagai langkah pengamanan, nasabah juga diimbau untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan pihak BSI selama proses pemulihan aplikasi ini berlangsung.

penulis : Alif Nur Tauhidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *