Benarkan UTBK diundur? Pejuang UTBK wajib simak informasi resmi dari LTMPT. Yuk disimak. 

Info soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diundur viral di media sosial pada Kamis (1/4/2021). 

Pengunduran itu disebutkan lantaran  2021 bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). 

Calon peserta  pun dilanda keresahan lantaran belum ada penjelasan resmi dari pihak LTMPT. 

Sementara itu melansir dari Kompas.com, pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) langsung memberikan bantahan. 

Berdasarkan penelusuran, seorang pengguna Facebook bernama Nia sedang menanyakan mengenai informasi UTBK-SBMPTN 2021 akan diundur karena banyak sekolah melaksanakan ujian sekolah. 

Baca juga:

“Apakah benar utbk 12-18 diundur pada tanggal 20? Mohon infonya,” tulis Nia dalam grup privat Facebook bernama SBMPTN 2021. 

Ia juga mengunggah foto dari tangkapan layar yang menyebutkan diundurnya UTBK-SBMPTN 2021. 

Berikut bunyi pesan dari tangkapan layar tersebut: 

“TES UTBK SBMPTN 12-18 APRIL 2021 DI UNDUR MENGINGAT BANYAK SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL ADN TES AKAN DI LAKSANAKAN TANGGAL 20 APRIL 2021”.Hingga Jumat (2/4/2021) malam, unggahan tersebut sudah direspons sebanyak 381 kali dan dikomentari sebanyak 234 kali oleh pengguna Facebook lainnya. 

Menanggapi pesan yang beredar itu, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. 

“Itu kabar bohong. Sumbernya dari mana? Siapa yang nyebarin? Kalau orang mau bikin kacau ya gampang saja,” ujar Budi kepada Kompas.com, Jumat (2/4/2021). 

Baca juga:

Terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021, Budi menyampaikan bahwa prosesnya masih berjalan seperti biasa dan tidak ada perubahan jadwal. 

Menurutnya, pihak yang membuat informasi tersebut tidak bertanggungjawab. Bahkan, LTMPT akan mencari pihak yang menyebarkan hoaks tersebut dan mengusut pelaku penyebaran. 

“Orang yang menyebarkan informasi tidak bertanggungjawab akan kita tuntut, bikin kacau luar biasa itu,” kata dia. 

Tidak hanya bikin kacau, penyebaran informasi yang salah juga dapat berdampak merugikan dan menimbulkan kebingungan bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021. 

“Masyarakat jadi kacau, orang bohong kayak gitu menyebabkan masyarakat jadi bingung, kan itu merugikan,” lanjut dia. 

Lantaran informasi tersebut sudah menyebar di beberapa media sosial, Budi mengimbau kepada masyarakat (terutama peserta UTBK-SBMPTN 2021) untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. 

Ia juga menyarankan kepada peserta untuk terus memperbarui informasi terkait UTBK-SBMPTN 2021 di laman resmi LTMPT. 

Baca juga:

Adapun pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 terdiri dari dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada 12-18 April 2021, sementara gelombang kedua berlangsung pada 26 April-2 Mei 2021. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN dijadwalkan berlangsung pada 14 Juni 2021. 

Nah jadi isu mengenai UTBK diundur itu hoaks ya gais. Tetap persiapkan sebaik mungkin karena melalui UTBK inilah yang berpengaruh pada masa depanmu. 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu nggak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *