Halo Campuspedia Friends! Udah mau mendekati masa-masa penentuan, jangan sampai kamu kemakan hoaks UTBK SBMPTN 2021 ya.

Baca Juga:

Soalnya, gak sedikit loh orang-orang yang kerap tertipu karena tidak tahu antara fakta dan hoaks seputar UTBK SBMPTN 2021. Nah, biar kamu gak jadi salah satunya, yuk simak informasi berikut ini!

fakta dan hoaksPusat UTBK Harus Sesuai Dengan Pilihan Prodi dan PTN

Banyak yang mengira dan percaya bahwa dalam memilih pusat UTBK, maka harus sesuai dengan pilihan prodi dan PTN yang diambil. Padahal sebenarnya, para peserta UTBK dianjurkan untuk memilih pusat UTBK yang terdekat dari rumahnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari bepergian jauh atau mobilisasi antar kota atau bahkan antar provinsi. Apalagi kan sekarang lagi pandemi ya, jadi lebih baik kamu memilih pusat UTBK yang masuk domisilimu saja.

Peserta Cukup Daftar Online dan Bayar Melalui Bank Mitra

Ada yang mengira bahwa kita cukup mendaftarkan diri secara online kemudian tinggal bayar melalui bank mitra. Tentu saja ini termasuk hoaks UTBK SBMPTN 2021 ya.

Karena faktanya, kita harus menyelesaikan pendaftaran hingga mencetak kartu UTBK SBMPTN 2021. Tujuannya, dengan mencetak kartu tersebut, maka akan ketahuan nanti nomor pesertamu, gelombang, tanggal, hingga waktu ujian.

Baca Juga:

Peserta Dapat Memilih Sendiri Kelompok Ujian

Kalau memilih orientasi ujiannya, ya iya kamu dapat memilihnya sendiri. Namun, kalau kamu berpikir untuk mengambil prodi Saintek namun ingin mengambil ujian Soshum, nah itu baru salah.

Jelas ini merupakan hoaks UBTK SBMPTN 2021 ya. Karena sebenarnya, kelompok ujianmu akan ditentukan secara otomatis melalui sistem sesuai dengan pilihan prodi yang kamu ambil.

Cuma Bisa Milih 2 Program Saintek atau 2 Program Soshum

Kalau hoaks yang satu ini sepertinya udah ada sejak dulu ya. Padahal sebenarnya, kamu bisa memilih paling banyak hingga 2 PTN. Opsi kedua adalah kamu bisa memilih paling banyak hingga 2 prodi pada 1 PTN atau 2 PTN.

Ohiya, jangan lupa bila kamu pemegang KIP Kuliah, maka kamu gak bisa memilih PTN yang berada dibawah naungan Kementerian Agama.

Pilih 2 Prodi Hanya dari PTN Saja, atau Poltek Saja, atau PTKIN Saja

Jelas ini merupakan hoaks UTBK SBMPTN 2021 ya. Karena faktanya kita bisa memilih 2 prodi kombinasi dari PTN/Poltek atau PTN/PTKIN atau Poltek/PTKIN.

Namun kamu juga harus ingat kalau kamu pemegang KIP Kuliah, maka kamu gak bisa memilih PTKIN ya.

Baca Juga:

Biaya UTBK Seragam dan Langsung Bayar Saat Ujian

Nah kalau yang ini, biaya UTBK tentunya berbeda ya. Kalau kamu memilih kelompok ujian Saintek atau Soshum, maka kamu harus membayar Rp 200.000. Tapi kalau kamu memilih kelompok ujian Campuran, maka kamu harus membayar Rp 300.000.

Kemudian, biaya tersebut tidak bisa kamu bayarkan langsung saat ujian ya. Karena kartu ujian hanya bisa kamu cetak ketika kamu sudah selesai membayar. Kamu bisa membayarnya melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI. Nah bagi kalian pemegang KIP Kuliah, kalian tidak akan dipungut biaya ya.

Calon Peserta Bisa Nentuin Gelombang, Jadwal, dan Sesi Ujian

Ketika mendaftar untuk UTBK SBMPTN 2021, kamu hanya bisa memilih pusat UTBK. Sedangkan untuk gelombang, jadwal, dan sesi ujian ditentukan dari sistem.

Semua informasi tersebut bisa kamu lihat ketika kamu sudah mencetak kartu peserta UTBK SBMPTN 2021 ya.

Nah, itu dia informasi seputar fakta dan hoaks UTBK SBMPTN 2021. Jangan sampai kamu keliru dan kemakan hoaks ya! Share ke teman-teman kamu sesame pejuang UTBK SBMPTN 2021 biar mereka gak jatuh ke aliran sesat!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *