Campuspedia Friends, isu plagiarisme seolah tak akan pernah habis diperbincangkan. Karya seni hingga tulisan sederhana saja kerap diplagiat atau diakui kepemilikannya oleh orang lain yang bukan pemilik aslinya. Kali ini minca bakal kasih tips menghindari plagiarisme.

Kamu yang akan menciptakan sesuatu, atau agar karyamu tidak di plagiat, wajib simak tips berikut ini!

Pahami Bahwa Plagiarisme Itu Tidak Benar

Tindakan mengakui karya milik orang lain sebagai milik kita adalah sesuatu yang keliru. Hal itu sama saja kita sedang mencuri, dan bentuk barang yang kita curi adalah suatu karya. Hargai pencipta asli dengan tidak asal copy paste tulisan atau meniru keseluruhan karya mereka.

 

Baca juga :

 

Kenali Topik Karyamu

Jika kamu paham dengan topik yang kamu angkat, kemungkinan juga akan memudahkan kalian ketika membuat parafrasa dari sumber yang kalian gunakan. Saat kita melihat satu sumber, kita bisa membuat kalimat sendiri sesuai dengan cara penyampaian kita. Sehingga terbebas dari plagiat terhadap sumber tersebut.

Dampak lainnya, ketika diharuskan presentasi, kalian juga akan lebih mudah menyampaikan gagasan karena sudah sangat mengenali topik tersebut.

Cantumkan Sitasi dan Daftar Pustaka

Bagi kalian yang sering membaca jurnal ilmiah, buku nonfiksi, artikel aktual, atau karya berbasis kejadian nyata dan penelitian orang, pasti tidak heran dengan namanya catatan kaki, daftar pustaka, dan kawan-kawannya. Seperti,

Menurut Williamson dalam Santana (2005:5), “…”

Keraf (1983) berpendapat bahwa …

Hal ini merupakan suatu bentuk tindakan mengutamakan kejujuran dan salah satu cara menghindari plagiarisme.

Tulis Gagasanmu

Kamu mungkin sudah mengutip banyak sumber untuk karyamu, namun jangan lupakan untuk menambahkan opinimu. Tentunya opini di sini harus sesuai dengan topik yang kamu angkat. Hal ini juga dapat menjadi cerminan pemahaman kamu terhadap topik tersebut dan membuktikan bahwa kamu telah benar-benar melakukan riset secara mendalam.

 

Baca juga :

 

A T M (Amati – Tiru – Modifikasi)

Istilah gaul  ini kerap dijadikan tips utama dalam membuat karya anti plagiarisme. 

Misal kamu berhenti di langkah ‘tiru’ dari ATM di atas, ya sama saja kalian melakukan plagiarisme, Campuspedia Friends! 3 langkah ini saling berkaitan, dengan langkah modifikasi  sebagai penentu apakah tulisan kalian layak disebut plagiat atau tidak. Yang perlu diingat hanya, jangan berhenti pada satu langkah atau juga berhenti di pertengahan langkah dari ATM tersebut, ya!

 

Gunakan Bantuan Situs Cek Plagiarisme

Ini merupakan langkah praktis supaya tulisanmu bebas plagiarisme. Saat ini, banyak website-website penyedia layanan cek plagiarisme yang mudah digunakan, dilengkapi banyak fitur tambahan, serta gratis. Seperti dan   

 

Baca juga :

 

Sekian dulu tips dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *