Halo sobat Campuspedia. Kamu pernah dengan tentang business analyst belum? Kalo belum yuk simak artikel berikut ini untuk menambah wawasanmu. Siapa tau bisa membuka insight baru tentang karir. Minca, bakal ngasi tau gimana caranya menjadi business analyst yang hebat bersama kak Amira Alhaddad.

Tanggal 13 Maret 2021, Campuspedia Academy mengadakan online career class yang membahas business analyst. Business analysis adalah kegiatan menentukan kebutuhan perusahaan dan mendesain. Kemudian, mendeskripsikan solusi untuk permasalahan bisnis yang nantinya akan di sampaikan ke stakeholder lainnya. Orang yang melakukan kegiatan business analysis disebut dengan business analyst atau bisa juga disebut BA. BA ini yang nanti akan menjembatani orang yang mengerti teknis dengan orang yang mengerti bisnis. Untuk menjadi BA yang hebat kamu harus memahami business analysis core concept model. Apa aja itu? Check this out!

Baca Juga : 

What are the kinds of change we are doing?

Untuk menjadi business analyst yang baik kamu harus mengerti perubahan apa yang akan kamu buat di perusahaan. Seperti contoh ada perusahaan yang ingin menjadi digital, maka kamu harus breakdown apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan tersebut. Buat menjadi detail agar bisa dengan mudah diterima oleh orang teknis.

What are the needs we are trying to satisfy?

Kebutuhan apa yang perlu disiapkan oleh perusahaan untuk menuju perubahan. Seperti contoh sebelumnya ketika ada perubahan menjadi perusahaan digital. Kira-kira apa saja yang diperlukan oleh perusahaan. Let’s say, mereka butuh inegrasi data, progress kesiapan mereka untuk bertransformasi menjadi digital, bagaimana konsep platform yang akan dibuat perusahaan dan sebagainya.

Baca Juga : 

What are the solutions we are creating or changing?

Dari kebutuhan yang di breakdown maka kamu bisa membuat solusinya. Solusi ini tentunya mendukung perubahan yang akan dibuat bersama perusahaan tersebut. Misal, sebagai seorang business analyst, kamu ingin merubah system organisasi, atau proses bisnis, atau strategi sales and marketing. Kemampuan berpikir kritis dan sistematis sangat diperlukan disini.

Who are the stakeholders involved?

Selain itu, kamu juga perlu memahami siapa saja yang berperan dalam melakukan perubahan itu. Siapa saja yang akan kamu ajak kerjasama. Contoh, untuk menuju perusaan digital, business analyst memerlukan tim web development, tim data, atau mengajak tim marketing berkolaborasi. List siapa saja yang perlu kamu butuhkan.

What do the stakeholders consider to be of value?

Business analyst harus tahu apa yang diharapkan oleh pimpinan yang telah memberikan project atau tujuan awal dari Iini. Jadi, kamu harus bekerja sesuai arahan atau goals dari head of project yang kamu kerjakan.

Baca Juga : 

What are the contexts that we and the solution are in?

Dan yang terakhir BA harus memberikan solusi atas perubahan yang akan dibuat. Solusi ini yang akan mengantarkan perusahaan mencapai tujuannya. Tujuan bisa macam-macam, seperti menaikkan produk terjual, transformasi produk, mengubah segmen pasar dan lain-lain.

So, buat kamu yang ingin jadi business analyst pahami tujuan dari perusahaan. Kamu harus menganalisa berbagai masalah dan memberikan solusi. Solusi tersebut tentunya berhubungan dengan urusan bisnis yang harus bisa dipahami oleh orang teknis. Kamu juga harus bisa berkolaborasi dengan semua tim untuk meraih goals tersebut. Gimana? Keren baget bukan? So, buat kamu yang kepo dan ingin join bareng kami di kales-kelas online lainnya. Langsung aja klik link

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *