Siapa nih yang ingin mendaftar atau bercita-cita menjadi seorang penghulu di KUA? Apakah kamu tahu jurusan apa saja yang bisa menjadi penghulu? Yuk lihat ada jurusan apa saja yang bisa mengantarkan kamu menjadi penghulu.

Sekadar informasi, new-baru ini penghulu di Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis. Jumlah yang seharusnya tak boleh kurang atau sedikit dari tingkat pernikahan di Indonesia, akhirnya terjadilah kekurangan.

Oleh karena itu, peluang saat ini untuk menjadi penghulu terbuka besar. Jadi, teruslah berusaha agar bisa mencapai tujuanmu tersebut.

Selain itu, ternyata ada beberapa arah yang sudah terbukti dan terjamin bisa menjadi penghulu dan kerja di KUA.

Namun, agar bisa bekerja menjadi penghulu atau di KUA, membutuhkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan Tupoksi KUA.

Baiklah, langsung saja inilah jurusan yang bisa atau mendapatkan peluang besar menjadi penghulu dan bekerja di KUA:

Jurusan yang Bisa Menjadi Penghulu

Jurusan Hukum

Salah satu jurusan yang diminati dan juga memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang hukum dan termasuk penghulu adalah jurusan hukum.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa menjadi penghulu atau bekerja di KUA harus berhubungan dengan Tupoksi KUA, nah salah satunya adalah jurusan hukum.

Hukum juga di dalamnya ada beberapa jurusan, seperti hukum keluarga, hukum agama islam, dan sebagainya.

Jurusan Agama Islam

Kedua adalah arah agama islam. Selain hukum yang berpeluang besar, ternyata jurusan agama Islam juga paling relevan.

Pada dasarnya, jurusan ini berkaitan dengan beberapa bidang agama Islam dan tentunya yang berkaitan dengan permasalahan di KUA.

Seperti fiqih, tafsir, aqidah, syariah, hadits, ushuluddin dan masih banyak lagi. Dari semua bidang ini pastinya ada penjelasan terkait pekerjaan menjadi penghulu.

Jurusan Pendidikan Agama

Sering kali disamakan tetapi berbeda dengan arah agama Islam. Di mana jurusan pendidikan agama juga berpeluang besar menjadi penghulu.

Disebabkan karena mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan agama, yang juga berkaitan dengan pekerjaan penghulu atau di KUA.

Itulah jurusan yang berpeluang besar dan dicari untuk menjadi penghulu. Namun, ketahuilah bekerja di KUA bukanlah menjadi penghulu saja tetapi ada berbagai staf lainnya.

Ada jurusan yang berkepeluang menjadi staf juga seperti, jurusan manajemen yang bisa menjadi staf administrasi/keuangan.

Karena di jurusan ini, mereka bisa menjadi staf pelayanan bimbingan zakat atau wakaf, yang berkaitan dengan program tersebut.

Kemudian, ada juga jurusan komunikasi yang bisa saja menjadi layanan dan bimbingan masyarakat Islam.

Mereka akan bertugas memberikan informasi kepada masyarakat terkait program Kemenag, dan sebagainya.

Kendati demikian, jurusan tidak menentukan nasib kita bekerja di mana dan menjadi apa, karena yang bisa menentukan hanyalah dirimu sendiri.

Bila kamu ingin menjadi penghulu, tidak harus memasuki arah di atas tersebut. Ketika kamu sudah berjuang dan terus belajar mendalaminya, kamu juga akan bisa menjadi penghulu.***

Baca Juga

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *