INFORMASI TENTANG BEASISWA LPDP 2023

INFORMASI TENTANG BEASISWA LPDP 2023

Bagi kamu pejuang beasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan beasiswa LPDP. Beasiswa yang rutin dilaksanakan setiap tahun, selalu menjadi favorit para calon mahasiswa jenjang S2 dan S3. Jika kamu tertarik, segera persiapkan berkas dan syarat pendaftaran, jadwal seleksi, hingga tips lolos beasiswa LPDP untuk tahun ini.

Pengertian tentang Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program pembiayaan perguruan tinggi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikelola Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Beasiswa ini memberikan bantuan dari biaya kuliah sampai tempat tinggal demi kelancaran studi di berbagai universitas luar negeri. Beasiswa LPDP tersedia untuk para lulusan D4/S1 yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di luar atau di dalam negeri.

Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka dua kali dalam satu tahun dengan banyak jenis beasiswa yang bisa dipilih oleh calon pendaftar.

Kategorin Beasiswa LPDP 

Ada tiga kategori beasiswa LPDP yang dapat diikuti. Berikut adalah daftar dan skemanya untuk masing-masing kategori:

1. General Scholarship  

Beasiswa Reguler

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

Beasiswa Co-funding

2. Targeted Scholarship 

Beasiswa PNS, TNI, dan Polri

Beasiswa Kewirausahaan

3. Affirmative Scholarship 

Beasiswa Penyandang Disabilitas

Beasiswa Putra Putri Papua

Beasiswa Pra Sejahtera

Beasiswa Daerah Afirmasi

Daftar Seleksi Beasiswa LPDP 2023

Jika Anda berminat mendaftar, pastikan untuk memperhatikan jadwal seleksi pendaftaran beasiswa LPDP 2023. Proses seleksinya mencakup seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi, dengan jadwal sebagai berikutJadwal Seleksi Tahap 1

Pendaftaran Beasiswa: 25 Januari – 25 Februari 2023 

Seleksi Administrasi: 27 Februari – 11 Maret 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 14 Maret 2023

Seleksi Bakat Skolastik: 27-29 Maret 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 5 April 2023

Seleksi Substansi: 10-15 April dan 2-31 Mei 2023

Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: 8 Juni 2023

Jadwal Seleksi Tahap 2

Pendaftaran Beasiswa: 9 Juni – 9 Juli 2023

Seleksi Administrasi: 10-23 Juli 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 27 Juli 2023

Seleksi Bakat Skolastik: 7-9 Agustus 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 16 Agustus 2023

Seleksi Substansi: 4 September – 27 Oktober 2023

Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: 7 November 2023

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP :

Syarat pendaftaran beasiswa LPDP, yaitu sebagai berikut :

  • Calon penerima beasiswa harus merupakan WNI yang telah menyelesaikan program studi D4/S1 untuk mendaftar beasiswa S2.
  • Menyelesaikan program studi S2 untuk mendaftar beasiswa S3, atau langsung lulus D4/S1 untuk mendaftar beasiswa doktoral.
  • Selain itu, calon penerima beasiswa harus berasal dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek atau Kedutaan Besar RI di negara asal universitas. 
  • Calon penerima beasiswa tidak sedang menempuh pendidikan program magister atau doktoral di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri.
  • Calon penerima beasiswa harus merupakan WNI yang telah menyelesaikan program studi S2, dan oleh karena itu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa magister.
  • Begitu juga, calon penerima beasiswa harus merupakan WNI yang telah menyelesaikan program studi S3, dan oleh karena itu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa doktor. 
  • Calon penerima beasiswa yang belum bekerja harus memasukkan surat rekomendasi dari akademisi, sedangkan yang sudah bekerja dapat memasukkan surat rekomendasi dari atasan. Selain itu, mereka harus memilih universitas dan program studi yang sesuai dengan persyaratan LPDP.
  • Beasiswa hanya berlaku untuk kelas reguler yang diadakan di perguruan tinggi induk, dan tidak berlaku untuk kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jarak jauh, kelas internasional dengan tujuan khusus di dalam negeri, kelas yang diadakan di lebih dari satu perguruan tinggi di negara lain, atau kelas lain yang tidak sesuai dengan persyaratan LPDP.
  • Calon penerima beasiswa jenjang doktor harus menuliskan komitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dan merencanakan kontribusinya di Indonesia, sebagai salah satu persyaratan pendaftaran.
  • Mereka diwajibkan menyusun proposal penelitian.
  • Sebagai persyaratan pendaftaran, calon penerima beasiswa harus menyetujui untuk menandatangani surat pernyataan. Selain itu, untuk pendaftar jenjang S2, diperlukan IPK minimal 3,00 dengan melampirkan transkrip asli atau yang sudah dilegalisir, sedangkan untuk pendaftar S3, diperlukan IPK minimal 3,25. Namun, untuk pendaftar program Doktor yang berasal dari program Magister tanpa IPK, mereka harus melampirkan surat keterangan dari kampus asal.
  • Terakhir, Calon penerima beasiswa yang merupakan lulusan luar negeri harus memberikan hasil konversi IPK, yang dapat dihitung menggunakan https://www.scholaro.com/gpa-calculator/, dan harus dilampirkan bersama dengan transkrip.

Baca Juga : 10 Pilihan Universitas Terbaik di Indonesia untuk Menempuh Studi S1 Teknik Elektro.

Bukti yang harus dilampirkan mahasiswa

  • Calon penerima beasiswa harus melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku, yang diterbitkan oleh ETS, PTE, atau IELTS, dengan persyaratan berikut:
  • Untuk pendaftar program Magister (S2) dalam negeri, dibutuhkan skor minimal kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50 atau IELTS 6.0.
  • Calon pendaftar program Magister (S2) yang mendaftar dari luar negeri diharuskan memiliki skor kemampuan bahasa Inggris tidak kurang dari TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6.5.
  • Untuk program Doktor (S3) dalam negeri, dibutuhkan skor kemampuan bahasa Inggris minimal TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6.0 bagi pendaftar.
  • Dan terakhir, calon penerima beasiswa harus memberikan surat keterangan penundaan mulai studi dari universitas yang dituju jika jadwal awal studi yang tercantum dalam LoA Unconditional tidak sesuai dengan ketentuan LPDP.

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP

Cara yang dapat kamu lakukan untuk melalukan pendaftaran beasiswa LPDP, antara lain :

• Daftar secara online dengan situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  

• Lengkapkan dan unggah semua dokumen yang dibutuhkan pada aplikasi pendaftaran.v

• Pastikan aplikasi pendaftaran sudah disubmit untuk memperoleh kode registrasi/pendaftaran.

• Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan, atau dokumen serupa diterbitkan pada tahun 2023 sesuai dengan informasi terperinci yang tercantum dalam booklet atau buku panduan masing-masing program.

Kelebihan Beasiswa LPDP 

Keunggulan atau manfaat yang bisa didapatkan para Beasiswa LPDP, yaitu :

  • Biaya kuliah ditanggung penuh dari awal kursus hingga kelulusan.
  • Menerima uang saku bulanan dan biaya tambahan lainnya seperti biaya transportasi dan asrama.
  • Dapat memperoleh biaya kedatangan seperti asuransi kesehatan, biaya darurat, dan lain sebagainya.
  • Kamu bebas memilih perguruan tinggi yang diinginkan, baik itu perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri yang telah bekerja sama dengan LPDP.
  • Dan sebelum berangkat, peserta akan mengikuti program persiapan yang mencakup pelatihan soft skill dan pengetahuan lainnya.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan TOEIC di SMKN 1 Braja Selebah Lampung Timur

Cara Lolos Beasiswa LPDP

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kamu untuk lolos dari beasiswa LPDP antara lain :

• Penting untuk memperhatikan jadwal atau periode waktu pendaftaran untuk mengajukan aplikasi beasiswa LPDP.

Seleksi untuk beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dan dibagi dalam dua periode. Satu hal yang penting, pastikan kamu sudah benar-benar siap. Anyway, kamu tidak harus sudah diterima di kampus tujuanmu saat mendaftar. Terakhir, kamu juga perlu ingat bahwa waktu dimulainya perkuliahanmu maksimal adalah enam bulan setelah jadwal penutupan pendaftaran. Jangan sampai terlambat, ya!

• Untuk lolos pada tahap administrasi, teliti dalam mengisi persyaratan seleksi.

Tahap awal dalam seleksi LPDP adalah seleksi administrasi. Untuk itu, kamu harus ekstra teliti dalam mengisi seluruh dokumenn yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat dari deadline. Jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh dokumen dari jauh-jauh hari, karena persyaratan dokumen untuk beasiswa LPDP cukup banyak.

• Meningkatkan Skor TOEFL dan IELTS

Sertifikat kemampuan bahasa adalah salah satu aspek penting yang harus dilampirkan dalam proses seleksi beasiswa LPDP. Oleh karena itu, diperlukan skor TOEFL, IELTS, atau sertifikat bahasa lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan peluang lolos seleksi beasiswa ini.

• Usahakan membuat esai dengan sebaik mungkin.

Untuk lulus seleksi tahap administrasi, penting untuk menulis esai yang kuat dan berkualitas. Esai harus berisi rencana studi yang jelas, terperinci, dan terarah, seperti program studi dan universitas yang diinginkan, serta rencana setelah lulus. Tulislah se-detail dan se-real mungkin.

• Letter of Acceptance (LoA)

LoA atau Letter of Acceptance adalah sebuah surat penerimaan yang dikeluarkan oleh universitas yang menjadi incaran pendaftar. Meskipun tidak wajib disertakan dalam pendaftaran beasiswa LPDP, LoA dapat menjadi faktor penentu penerimaan dan memberikan nilai tambah pada profil pendaftar, sehingga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

Berikut ini adalah informasi lengkap tentang pendaftaran beasiswa LPDP. Pastikan untuk melengkapi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, serta melakukan pendaftaran jika kamu berminat.

One thought on “INFORMASI TENTANG BEASISWA LPDP 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *