Halo Sobat Campuspedia! Bagi kamu yang sedang memperjuangkan impianmu agar dapat sukses di masa depan nanti, kamu harus tahu nih beberapa cara mengembangkan potensi diri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 

Sebelumnya, Kenali Dulu Pengertian Potensi Diri

Sebelumnya, Kenali Dulu Pengertian Potensi Diri

Bagi kamu yang belum tahu, potensi berasal dari bahasa Inggris to potent yang berarti kuat atau keras. Selain itu, potensi juga memiliki istilah lain seperti kekuatan, kemampuan, kesanggupan, dan juga daya.

Berbicara tentang potensi diri, pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu potensi. Potensi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu kemampuan dasar dari sesuatu yang masih tersimpan di dalam sesuatu dan menunggu untuk dinyatakan menjadi sesuatu kekuatan nyata yang ada di dalam diri.

Lantas, kira-kira apa yang dimaksud dengan potensi diri, ya? Jadi, potensi diri merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh manusia, tetapi masih terpendam di dalam dirinya dan menunggu untuk dinyatakan menjadi sesuatu yang bermanfaat secara nyata dalam kehidupannya.

Apa Saja Jenis-Jenis Potensi Diri?

Apa Saja Jenis-Jenis Potensi Diri?

1. Potensi Berpikir

Semua manusia pasti memiliki potensi berpikir. Di mana nantinya masing-masing manusia akan memiliki potensi untuk mempelajarin beragam informasi baru dan dapat menghasilkan pemikiran yang baru juga.

2. Potensi Emosi

Selanjutnya, ada potensi emosi yang memiliki pengertian sebagai potensi cita rasa. Di mana dengan adanya hal tersebut manusia dapat memahami orang lain, ingin mencintai dan dicintai, memperhatikan dan diperhatikan, menghargai dan dihargai. Jangan lupa kalau hal tersebut cenderung ke arah kebaikan dan keindahan.

3. Potensi Fisik

Pada waktu-waktu tertentu, terkadang manusia juga dapat memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadikan gerakan fisik yang efisien dan efektif serta memiliki kekuatan fisik yang unggul. Biasanya, seseorang yang memiliki bakat di bidang fisik dapat mempelajari olahraga dengan cepat dan selalu menampilkan permainan paling baik di antara yang lain.

4. Potensi Sosial

Bagi seseorang yang memiliki potensi sosial, tentunya akan memiliki kapasitas dalam penyesuaian diri dan mempengaruhi orang lain. Biasanya, hal tersebut dibedakan berdasarkan kemampuan belajarnya, baik dalam dataran pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki oleh manusia tersebut.

Baca Juga: 

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Potensi Diri Berikut Ini!

Ciri-ciri seseorang yang memahami potensi dirinya biasanya dapat dilihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari, baik dalam kehidupan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Hal tersebut bisa menjadi tolok ukur bagi seseorang itu sendiri. Berikut beberapa ciri-ciri seseorang yang sudah mengenal potensi dirinya sendiri:

  1. Bersikap tulus dan tidak licik
  2. Bersedia menerima kiritik dan saran yang diberikan oleh orang lain
  3. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
  4. Senang belajar hal-hal baru dan selalu melihat kekurangan yang dimiliki
  5. Tidak menyalahkan orang lain saat mengalami permasalahan
  6. Berjiwa optimis dan tidak mudah putus asa.
  7. Tidak takut melakukan perubahan secara total untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Baca Juga: 

Lantas, Sebenarnya Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri?

Lantas, Sebenarnya Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri?

Berikut ini merupakan beberapa cara yang harus kamu tahu untuk mengetahui, menilai, dan mengukur dengan tepat mengenai berbagai kelebihan dan kelemahan yang kami miliki:

1. Lakukan Introspeksi Diri “Pengukuran Individual”

Berdasarkan cara ini, kamu sebaiknya meluangkan waktumu untuk mengevaluasi berbagai hal yang sudah kamu lakukan selama ini. Apa saja yang telah kamu raih yang mana hal ini dapat kamu anggap sebagai suatu kelebihan yang dapat mendukungmu.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui kegiatan apa yang dapat memperlambat tercapainya prestasimu dan anggap hal tersebut sebagai kekuranganmu. Dengan cara seperti ini, dinilai sangat efektif jika individu bersikap jujur, terbuka pada diri sendiri, dan mau bersungguh-sungguh memperhatikan kata hatinya.

2. Jadilah Gelas Kosong, Terimalah Feedback dari Orang Lain dengan Terbuka

Dengan cara ini, diyakini dapat membantu setiap individu untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan potensi dirinya dengan cara menerima masukan atau feedback yang diberikan oleh orang lain. Feedback ini dapat mencangkup segala sesuatu mengenai sikap dan perilaku seseorang berdasarkan persepsi orang lain.

3. Ikuti Tes Psikologi

Dengan cara ini, pastinya kamu dapat mengukur potensi psikologis yang kamu miliki agar dapat memberikan gambaran kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki yang dilihat berdasarkan aspek psikologis.

Baca Juga:

Yuk, Kenali Cara Mengembangkan Potensi Diri agar Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Yuk, Kenali Cara Mengembangkan Potensi Diri agar Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Apakah kamu ingin mengembangkan potensi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi? Dan cara agar bisa percaya diri dengan potensi diri yang kamu miliki?

Untuk menjawab semua pertanyaan dan kebingunganmu, kamu bisa nih ikutan online career class edisi “Knowing Yourself to Know Your Magnificent Potency” pada 14 Maret 2021 pukul 19.15 WIB bersama Muhamad Yasir, People Engagement (Sr.) Executive of PT HM Sampoerna Tbk. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

What will you learn:

  • Introduction: Apa itu potensi diri
  • Bagaimana cara kita mengenali diri
  • Bagaimana cara mengenali potensi yang baik
  • Apakah tes psikologi mampu mendefinisikan potensi
  • Bagaimana cara menyikapi potensi
  • Bagaimana cara agar percaya diri dengan potensi tersebut
  • Cara yang baik untuk mengembangkan potensi
  • Praktek sederhana/wawancara dengan narasumber untuk mengenali potensi

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *