Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

Artritis, yang sering disebut sebagai radang sendi, merupakan kondisi medis yang dicirikan oleh peradangan atau iritasi pada satu atau beberapa sendi di tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kaku, nyeri, dan sulitnya gerakan pada sendi yang terkena.

Radang sendi umumnya dialami oleh orang lanjut usia, meskipun tidak jarang juga terjadi pada usia muda, terutama pada mereka yang pernah mengalami cedera sendi karena kecelakaan.

Baca Juga :Latar Belakang Hero Aurora Mobile Legend

Ada dua penyebab utama dari radang sendi, yaitu osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Osteoartritis merupakan jenis radang sendi yang paling umum terjadi, di mana elastisitas tulang rawan menurun sehingga membuat sendi lebih rentan terhadap kerusakan. Sementara itu, penyebab pasti dari rheumatoid arthritis belum diketahui secara pasti, tetapi faktor genetik seringkali memainkan peran dalam kondisi ini.

Bagi penderita radang sendi, tetap berolahraga merupakan hal yang penting meskipun dengan intensitas dan jenis olahraga yang tepat. Beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk penderita radang sendi antara lain:

Berenang: Aktivitas air ini cocok karena mengurangi beban pada sendi dan membantu menjaga kelenturan tanpa memberikan tekanan berlebihan pada sendi.

Bersepeda: Aktivitas ini menguatkan otot di sekitar kaki tanpa memberikan tekanan berlebihan pada sendi. Bersepeda statis dengan beban yang dapat diatur juga merupakan pilihan baik.

Yoga dan Pilates: Dengan tempo yang lambat dan pose yang nyaman, yoga dan pilates membantu meregangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Tai chi: Olahraga ini melatih keseimbangan tubuh dan mengurangi ketegangan pada sendi dengan gerakan yang lembut dan ringan.

Baca Juga : Dua Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Juara Newscasting Nasional

Berjalan Santai: Aktivitas ini ramah bagi siapa pun dan dapat dilakukan di pagi hari untuk meredakan stres serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Meskipun jenis olahraga di atas cenderung ringan, penderita harus tetap memperhatikan kondisinya dan menghindari olahraga yang dapat memperparah cedera pada sendi seperti angkat beban atau olahraga yang memberikan tekanan berlebihan pada sendi tertentu.

penulis : audy

11 thoughts on “Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

  1. I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is tasteful your authored subject matter stylish nonetheless you command get got an edginess over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *