Campuspedia – Wawancara kerja sendiri sudah merupakan hal yang mendebarkan, apalagi jika dilakukan dalam bahasa Inggris yang mana tidak digunakan dalam keseharian kita.

Akhir-akhir ini wawancara dalam bahasa asing memang sering dilakukan karena perusahaan yang mungkin sering berhubungan dengan klien dari luar negeri.

Jika kamu adalah salah satu pencari kerja yang akan berhadapan dengan wawancara dalam bahasa Inggris, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya perusahaan akan memaklumi jika cara bicaramu tidak lancar.

Namun tentunya, itu bukan menjadi alasan untuk tidak belajar sebelum melakukan wawancara. Pastikan kamu sudah mengetahui beberapa pertanyaan wawancara dalam bahasa Inggris berikut agar interview yang kamu lakukan lebih lancar.

Pertanyaan dan Jawaban Wawancara dalam Bahasa Inggris

Tergantung dari pekerjaan yang kamu lamar, jawaban untuk pertanyaan wawancara berikut bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan. Namun biasanya, inilah pertanyaan wawancara bahasa Inggris secara umum yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Can you tell me about yourself? / Ceritakan tentang dirimu

Ini adalah pertanyaan yang umumnya ditanyakan di awal wawancara dalam bahasa Inggris. Jawaban yang bisa kamu berikan, contohnya:

My name is [sebutkan nama], I’ve been working for [sebutkan posisi pekerjaan sebelumnya] at a [sebutkan perusahaan seperti apa kamu bekerja sebelumnya]. My responsibility before is [sebutkan jobdesk selama di kantor]. I’ve been in this work field because this is my dream job.

2. Why do you want to work in our company? / Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami?

Jika pertanyaan wawancara ini muncul, pastikan kamu telah melakukan riset pada perusahaan yang kamu lamar. Contoh jawabannya:

I want  to work in a company with a strong, clear, and innovative vision and I see that your company has it. I also would also like to grow together with your company because I see that your core values are the same as mine. That’s  why I think that this company is suitable for me.

3. Why do you want this job? / Mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini?

Ketika pertanyaan ini keluar, itulah waktunya bagimu untuk menunjukkan semangat dan passion yang kamu miliki dalam pekerjaan. Jawabn yang bisa kamu berikan, misalnya:

I’m very interested in this [pekerjaan yang kamu lamar] position because my experience in [sebutkan skill yang kamu miliki] aligns perfectly with the responsibilities you’ve outlined. I believe my skills and enthusiasm would be a great asset to your team.  I’m confident that I can make a significant contribution to your team’s success.

4. What is your greatest achievement? / Apa pencapaian terbesarmu?

Jika pertanyaan wawancara bahasa Inggris satu ini keluar, kamu bisa menjawabnya dengan menceritakan satu situasi dalam pekerjaan yang membuatmu merasa puas.

Kamu bisa menjawabnya dengan metode STAR atau (S)ituation, (T)ask, (A)ction, dan (R)esult atau situasi, apa yang kamu hadapi, bagaimana kamu menghadapinya, dan bagaimana hasilnya kemudian.

5. Do you find it difficult to adapt in a new environment? / Apakah kamu merasa kesulitan beradaptasi di lingkungan baru?

Pertanyaan wawancara bahasa Inggris ini bisa saja muncul karena kamu akan bekerja di lingkungan yang menggunakan bahasa asing. Ini contoh jawaban yang bisa kamu katakan:

Of course I will need some adjustment to adapt in a new environment. Maybe I will find it difficult at first, but after some time I believe I can adapt just fine just like in my previous experience.

Wawancara dalam bahasa Inggris pastinya membuat tegang. Namun selama kamu berlatih lebih dulu, kamu pasti bisa melewatinya dengan lancar. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *