Ini Dia, 9 Hewan yang Pintar Dalam Menerapkan Prinsip Fisika!

Ini Dia, 9 Hewan yang Pintar Dalam Menerapkan Prinsip Fisika!

Apakah kamu menyadari bahwa banyak hewan yang pintar dalam menerapkan prinsip-prinsip fisika? Jika kamu tidak percaya, berikut adalah beberapa buktinya:

1.Burung

Dirancang dengan sempurna untuk terbang, sayap memiliki bentuk melengkung yang aerodinamis sehingga udara dapat mengalir lebih cepat di permukaan atas. Hal ini menciptakan perbedaan tekanan udara antara bagian atas dan bawah sayap, yang pada gilirannya mengatasi gaya tarik gravitasi sehingga burung dapat terbang dengan keindahan yang khas.

Bagaimana burung yang duduk di atas kawat listrik dapat terhindar dari tersengat arus listrik? Ternyata, kaki burung menginjak kawat yang memiliki tegangan yang hampir sama, sehingga tidak ada beda potensial yang signifikan yang mengalir melalui burung. Ini berarti bahwa arus listrik yang mengalir melalui tubuh burung sangat kecil, sehingga burung tidak akan mengalami cedera.

Baca Juga : 5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

2.Bebek

Bebek dapat terbang dengan cara menggunakan tenaga jet yang dihasilkan oleh dorongan kaki saat lepas landas, sehingga memungkinkannya untuk meluncur ke udara.

3.Lumba-Lumba

Jika kamu ingin mempelajari sistem navigasi, kamu bisa mengamati lumba-lumba. Lumba-lumba menggunakan sistem navigasi dengan menggunakan ultrasound, yang memungkinkannya untuk melihat janin tanpa perlu menggunakan sinar-X atau alat USG.

4.Kelelawar

Memberikan pembelajaran mengenai cara menggunakan radar.

5.Ikan

Ketika melihat seekor ikan, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Salah satu alasan mengapa ikan memiliki tubuh yang ramping adalah untuk memungkinkannya bergerak dengan mudah melalui air tanpa terhambat. Karena alasan ini, kapal laut dan kapal selam dirancang dengan bagian depan yang ramping dan melebar ke bagian belakang, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi yang diinginkan.

6.Jackrabbit

Kelinci dengan telinga panjang memiliki wilayah kekuasaan di mana suhu permukaan tanah dapat mencapai 70 derajat Celsius pada musim panas. Agar dapat bertahan hidup, kelinci jenis jackrabbit menggunakan prinsip fisika yang terkait dengan proses radiasi termal di dalam sarangnya.

7.Kerang

Dapat dipelajari tentang material komposit dari kulit kerang. Seperti tembok rumah, kulit kerang terdiri dari batu bata dan adukan semen. Perbedaannya, “batu bata” pada kulit kerang sangat tipis, dan “semen” setebal 10 nm atau 1 per 10 milyar meter. Meskipun tipis, kulit kerang sangat kuat, bahkan dua kali lebih kuat dari keramik sintetis. Hal ini telah menginspirasi para peneliti dari Universitas Princeton untuk menciptakan bahan pelapis tank.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan Aplikasi Kahoot.it di SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung

8.Kumbang

Kulit kumbang tertentu juga memanfaatkan teknologi canggih seperti kulit kerang. Ketika dilihat melalui mikroskop elektron, kulit kumbang menunjukkan banyak kesamaan dengan komposit yang biasanya digunakan pada pesawat tempur. Perbedaannya adalah pada komposit sintetis, lapisan serat disusun secara simetris. Namun, pada kulit kumbang, susunan seratnya tidak simetris namun tetap teratur. Ada yang berpendapat bahwa struktur yang tidak simetris bersifat labil dan mudah berubah, namun kulit kumbang terbukti mampu menahan beban lebih besar dan tahan banting. Menakjubkan!

9.Hiu

Hiu memiliki kemampuan untuk mendeteksi perubahan kecil gelombang listrik dan elektromagnetik yang disebabkan oleh organisme lain. Sinyal listrik ini dapat dihantarkan melalui air laut yang mengandung garam atau elektrolit. Hiu memiliki alat di sekitar mulut yang disebut electroreceptor yang berfungsi untuk mendeteksi gelombang listrik tersebut. Dengan kemampuan ini, hiu dapat mendeteksi keberadaan mangsanya, termasuk manusia.

Apakah kamu tahu hewan lain yang juga memiliki kemampuan menarik yang terkait dengan Fisika? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar!

2 thoughts on “Ini Dia, 9 Hewan yang Pintar Dalam Menerapkan Prinsip Fisika!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *