Halo Campuspedia Friends! Siapa nih yang akan menjadi mahasiswa atau bahkan sudah menjadi seorang mahasiswa? Ada lho beberapa ciri mahasiswa yang sekaligus menjadi peran penting yang harusnya kamu lakukan sebagai mahasiswa.

Baca Juga:

Nah, kali ini kita bakal bahas seputar ciri-ciri mahasiswa yang sebenarnya. Yuk simak infonya!

Sebagai Agent of Change

Istilah yang satu ini pastinya sudah sangat sering kamu dengar ya. Apalagi sebagai mahasiswa pasti sering diungkit juga hal ini dalam beberapa webinar.

Nah mahasiswa sebagai agent of change sendiri maksudnya adalah bahwa diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan bagi masyarakat. Tujuan kamu berkuliah adalah untuk mendapatkan ilmu sebanyak mungkin untuk kemudian kamu aplikasikan kedalam masyarakat demi perubahan yang lebih baik.

Sebagai Iron Stock

Mahasiswa itu jumlahnya banyak banget dan gak ada habisnya. Karena seperti sekarang ini saja, melalui SNMPTN, SBMPTN, dan ujian masuk universitas, akan terbentuk mahasiswa-mahasiswa baru setiap tahunnya.

Baca Juga:

Nah dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang mampu menggantikan generasi sebelumnya, diharapkan bahwa mahasiswa memiliki kepribadian dan akhlak mulia. Mahasiswa juga harus tangguh dalam kehidupan. Bahkan jangankan kehidupan, menghadapi tugas kuliah dan skripsi saja sudah dilatih ya ketangguhannya.

Sebagai Guardian of Value

Bangsa dan generasi boleh maju, namun jangan sampai kemajuan tersebut menghapus nilai-nilai yang ada dalam masyarakat ya.

Ciri mahasiswa sebagai guardian of value berarti mahasiswa diharapkan dapat menjaga nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Mahasiswa harus menjaga dan melestarikan nilai-nilai tersebut di masyarakat agar tidak punah dan dapat menjaga moralitas masyarakat juga.

Sebagai Moral Force

Ciri-ciri mahasiswa itu salah satunya dikenal sebagai individu yang berintelektual. Nah ada baiknya kamu sebagai calon mahasiswa ataupun mahasiswa untuk menjaga nama baik ‘label’ tersebut.

Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencerminkan karakter baik dalam masyarakat sebagai orang yang berintelektual. Jadi sebagai mahasiswa haruslah memiliki moral yang beradab. Pasti gak mau kan kalau sebagai mahasiswa nantinya dikenal sebagai makhluk gak berakhlak atau akhlakless?

Sebagai Social Control

Nah yang ciri mahasiswa yang terakhir adalah sebagai social control. Contoh yang bisa kita ambil adalah mahasiswa yang berani untuk melakukan demo terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat.

Baca Juga:

Dari hal tersebut kita bisa melihat bahwa peran mahasiswa adalah untuk mengontrol hal-hal yang bertentangan dengan keadilan bagi masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa sewajarnya mampu menjadi aspirasi bagi masyarakat.

Jadi itu dia, Campuspedia Friends, beberapa ciri mahasiswa yang sebenarnya. Kira-kira kamu sudah memiliki ciri-ciri tersebut belum?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *