Hallo Campuspedia Friends! Saat ini kita sudah memasuki tahun baru yaitu 2021, tapi gak banyak juga nih beberapa dari kamu masih belum tahu mau jadi apa sehingga masih bingung memilih jurusan kuliah. Seorang pakar psikologi dari Amerika Serikat, Howard Gardner Ph. D mencetuskan teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences, yaitu ada sembilan tipe kecerdasan manusia yang dapat dikuasai jika diasah dengan baik.

Berikut informasi tentang tipe kecerdasan manusia yang dapat membantu kamu memilih jurusan kuliah.

1. Tipe Kecerdasan linguistik (verbal-linguistic

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasan

Seseorang yang punya kecerdasan linguistik biasanya punya kemampuan berkomunikasi yang baik dan juga cenderung ahli dalam mengolah kata-kata baik itu secara tulisan ataupun lisan. Mereka yang memiliki kecerdasan linguistik gak akan sungkan untuk belajar kata-kata baru. Mereka juga suka bermain permainan yang menyangkut bahasa atau mengartikan tulisan dengan jelas.

Kalau kamu merasa sebagai orang yang punya kecerdasan linguistik, kamu cocok banget nih masuk jurusan komunikasi, sastra, pariwisata atau hukum.

2. Tipe Kecerdasan matematika atau logika (logical-mathematical)

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasan

Sesuai namanya, orang yang punya kecerdasan ini memiliki pola pikir yang baik dengan menggunakan angka dan logika. Mereka dapat menganalisis dan menciptakan hipotesis, membuat klasifikasi, berpikir dalam pola sebab-akibat, dan mempunyai pandangan yang bersifat rasional. Cocok banget buat masuk jurusan akuntansi, matematika, sains, aktuaria, atau programmer.

3. Tipe Kecerdasan spasial (visual-spatial

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasanNah tipe kecerdasan spasial ini biasanya punya kepekaan terhadap visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Makanya jangan heran kalau mereka ahli banget soal seni.

Mereka bisa banget membuat sketsa ide dengan jelas. Jadi cocok nih kalau mau jurusan arsitektur, seni rupa, DKV, teknik, atau pilot.

Baca Juga :

4. Tipe Kecerdasan kinetik dan jasmani (bodily-kinesthetic

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasan

Kecerdasan gak hanya mengandalkan otak lho. Kecerdasan juga bisa berhubungan dengan fisik tubuh, ini disebut kecerdasan kinetik dan jasmani. Sesuai namanya, orang-orang ini menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Tentunya kalau kamu termasuk ini direkomendasikan banget deh masuk jurusan keolahragaan.

5. Tipe Kecerdasan musikal (music-rhythmic and harmonic

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasan

Orang-orang yang punya kecerdasan musik memiliki kemampuan mengembangkan, mengekspresikan, serta menikmati musik dan suara. Biasanya mereka mudah banget menghapal nada lagu yang baru didegar, menguasai alat musik dan peka terhadap suara sumbang. Cocok banget nih di jurusan musik.

6. Tipe Kecerdasan interpersonal (people-smart

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasanBiasanya orang yang memiliki kecerdasan interpersonal sangat peka terhadap perasaan disekelilingnya. Mereka bisa mengerti tentang perasaan, itensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Kepekaan mereka ini bisa membantu banget kalau ikut kegiatan sosial berkat empatinya yang tinggi. Jurusan yang cocok dengan tipe kecerdasan ini yaitu perawat, kesehatan masyarakat, gizi, pendidikan, atau psikologi.

Baca juga :

7. Tipe Kecerdasan intrapersonal (self-smart)

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasanSebenarnya kecerdasan intrapersonal bisa dimiliki semua orang lho. Orang yang punya tipe ini sangat memahami dirinya sendiri. Mereka tahu apa yang perlu diintropeksi dari diri mereka sendiri. Selain punya kemampuan mengenal diri sendiri. Orang tipe ini juga dapat beradaptasi terhadap lingkungannya dengan mudah.

Cocok banget lho kalau masuk psikologi, dengan kemampuan ini kamu bisa membantu orang lain yang gak bisa memahami dirinya sendiri.

8. Tipe Kecerdasan naturalis (naturalistic)

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasanSuka alam dan lingkungannya? Mungkin kamu termasuk tipe orang yang satu ini. Orang yang punya kecerdasan naturalis biasanya memahami lingkungan dengan baik dan umumnya sangat peduli binatang. Cocok banget deh kalau masuk jurusan dokter hewan, peternakan, kelautan atau kehutanan.

9. Tipe Kecerdasan eksistensial

jurusan kuliah berdasarkan tipe kecerdasan

Untuk kecerdasan yang satu ini, mereka bisa memahami dan mengetahui tentang yang ada di kehidupan ini. Terkadang mereka suka membantu seseorang dalam memecahkan dan mencari jawaban permasalahan yang ada. Cocok banget nih kalau masuk jurusan psikologi atau filsafat.

Baca juga :

Walaupun tiap kecerdasan punya kecenderungan terhadap keahlian masing-masing. Bukan berarti kamu gak bisa mempelajari semua lho. Alangkah baiknya jika kamu juga mencoba mempelajari tipe kecerdasan lainnya agar kamu personality kamu semakin baik.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *