Halo sahabat Campuspedia! Tau nggak sih kalian, kalau ikut program magang tuh penting banget loh! Khususnya buat kamu mahasiswa yang pengen banget bekerja di salah satu tempat tertentu. Kalau kamu bisa ikut program magang di tempat tersebut, maka peluang kamu untuk bekerja disana juga akan semakin besar. Disini, Campuspedia akan rangkum pertanyaan-pertanyaan yang sering banget muncul di interview magang. Jangan khawatir, karena kami juga akan kasih tips bagaimana menjawab pertanyaan tersebut.

Baca juga:

Selain mendapatkan pengalaman kerja, magang juga bisa menambah daftar isi CV yang kamu miliki. Otomatis hal tersebut juga akan menjadi point plus untuk kamu apabila ingin melamar pekerjaan kelak.

Nah, sebelum kamu diterima magang, biasanya akan ada sesi wawancara dari pihak lembaga atau perusahaan yang akan kamu masuki. Fungsinya adalah untuk menyaring orang-orang terbaik yang sesuai dengan kriteria lembaga atau perusahaan tersebut. Biar kamu sukses di tahap interview ini, yuk simak beberapa informasinya!

1. Perkenalkan Diri Kamu

pertanyaan interview

Pertanyaan ini biasanya muncul sebagai awalan dari interview magang yang kamu ikuti. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini secara terstruktur, singkat, dan padat. Kamu bisa mulai dengan memperkenalkan diri kamu, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi yang relevan dengan posisi yang kamu ambil. Yang terakhir, kamu bisa menambahkan mengapa kamu tertarik untuk mengambil posisi tersebut.

Tidak perlu menceritakan semuanya dengan detail, kamu bisa ceritakan pengalaman yang relevan dan sesuai dengan posisi yang ingin kamu ambil. Selain itu, daripada menceritakan bagaimana pengalaman kerja atau organisasi yang kamu miliki, kamu bisa bercerita mengenai apa yang kamu capai dan peroleh setelah mendapatkan pengalaman tersebut.

Gunakan bahasa dan cerita yang mudah diikuti oleh pewawancara serta kamu bisa menambahkan juga apa yang membuat kamu berbeda dibandingkan kandidat magang yang lain. Buatlah dirimu jadi lebih diingat oleh orang lain.

2. Kesibukan Saat Ini

Pertanyaan interview magang yang kedua biasanya tentang apa kesibukan kamu saat ini dan beberapa bulan ke depan. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini sesuai dengan kesibukan apa yang saat ini kamu alami hingga beberapa bulan ke depan. Dari pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu kira-kira apa saja distraksi yang bisa mengganggu kinerja kamu selama magang. Sehingga hal tersebut dapat dijadikan salah satu acuan untuk menerima intern baru.

3. Resume

Yang ketiga ini bukan ke arah pertanyaan sebenarnya, tetapi bisa saja kamu disuruh untuk menceritakan kembali resume yang sudah kamu buat. Pewawancara pastinya sudah membaca resume yang kamu buat ketika kamu mendaftar magang di tempat tersebut, tetapi kesempatan ini dapat kamu gunakan untuk mengelaborasi apa yang kamu tulis.

Tidak perlu bertele-tele dalam menceritakan resume tentang diri kamu sendiri, manfaatkan untuk memasarkan diri kamu sehingga pewawancara dapat melihat bahwa kamu memiliki keunggulan dibanding kandidat magang yang lain. Kamu bisa berfokus dengan bagaimana dan mengapa kamu melakukan suatu pekerjaan daripada apa yang kamu kerjakan dalam pekerjaan itu.

Kamu bisa ceritakan pencapaian kamu dengan menggunakan teknik STAR yaitu Situation. Task, Action, dan Result.

Baca juga:

4. Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan

Pertanyaan yang sering keluar saat interview magang yang keempat ini adalah mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu. Jawablah sejujur-jujurnya pertanyaan ini dan jangan sampai berbohong. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kamu saat bekerja.

Dalam menjelaskan kelebihan kamu, lihatlah kembali apakah hard skill atau soft skill yang kamu miliki ini sudah relevan dengan posisi yang kamu lamar. Sementara itu untuk kelemahan, jangan sampai kamu menjawab tidak memiliki kekurangan ya! Karena pewawancara bisa saja menilai kamu sebagai seseorang yang sombong. Sejatinya setiap indiviu pasti memiliki kekurangannya masing-masing bukan?

5. Give Me an Example or a Situation Which…

pertanyaan interview

Maksud dari pertanyaan ini adalah pewawancara ingin mengetahui bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah dan mengatasi kendala yang ada di tempat kerja. Atau mungkin bagaimana kamu mengatasi konflik atau tekanan yang kamu hadapi selama bekerja.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan mencari dan menemukan akar permasalahaannya terlebih dahulu. Setelah mengidentifikasi apa akar permasalahan yang kamu temui, jabarkan alternatif solusinya kepada pewawancara. Kalau bisa, buatlah skala prioritas kira-kira mana solusi yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.

Dengan jawaban yang matang dan siap, pewawancara dapat melihat pola pikir kamu dalam menyelesaikan suatu masalah.

6. Dimana Kamu Melihat Dirimu Sendiri Dalam 5 Tahun?

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan oleh pewawancara untuk melihat jangka karir lebih lanjut dari kamu. Tetapi, tidak semua orang sudah memiliki rencana ataupun gambaran mengenai diri mereka sendiri dalam 5 tahun ke depan. Tidak ada jawaban pasti untuk jawaban ini, sehingga jawablah sesuai visi pribadi kamu dalam dunia profesional.

Namun tidak masalah apabila kamu menjawab belum memiliki rencana yang jelas untuk 5 tahun ke depan, kamu bisa menambahkan bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat dan terbuka terhadap kesempatan dan pengalaman yang ada di masa depan.

Itu dia pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan ketika kamu akan mendaftar magang atau internship. Pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kamu dapat memberikan kesan terbaik pada pewawancara ya. Semoga kamu dapat diterima di posisi dan tempat yang kamu inginkan!

Pertanyaan-pertanyaan magang ini juga pernah dikupas habis di Youtube Campuspedia, loh! Kamu bisa dapetin informasi yang lebih lengkap dan menarik di video ini!

Baca juga:

Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *