Hallo sobat Campuspedia!

Introvert dan pemalu sering dikaitkan sama. Orang yang introvert pasti dia pemalu. Atau sebaliknya, orang yang pemalu pasti dia introvert. Namun, benarkah kedua hal ini sama? 

Nah biar kamu nggak bingung, yuk baca tulisan ini sampai habis!

Baca juga:

Alasan mengapa introvert selalu dikaitkan dengan pemalu

Introvert dan pemalu sering dianggap sebagai satu kesatuan. Orang yang introvert pasti pemalu dan orang yang pemalu pasti introvert. Namun pada kenyataannya, kedua hal ini berbeda. Introvert adalah kepribadian seseorang. Sementara pemalu adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang.

Orang-orang sering beranggapan sama karena orang dengan kepribadian introvert cenderung lebih menyukai suasana yang sepi dan penuh dengan ketenangan. Sementara orang pemalu cenderung tidak merasa nyaman ketika berada di keramaian

Ciri orang yang berkepribadian introvert

Berikut adalah beberapa ciri orang yang memiliki kepribadian introvert:

  • Membutuhkan suasana yang tenang untuk berkonsentrasi
  • Membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan
  • Lebih merasa nyaman ketika sendiri
  • Jika melakukan interaksi dengan banyak orang maka energinya akan terkuras
  • Sering banyak berpikir untuk menyelesaikan masalah
  • Tenggelam dalam pikirannya sendiri

Baca juga:

Jenis introvert

Untuk memahami bahwa seseorang dengan kepribadian introvert tidak selalu pemalu, berikut adalah beberapa jenis introvert:

  • Introvert sosial

Yaitu kepribadian introvert yang lebih menyukai kelompok kecil dan suasana tenang daripada keramaian

  • Introvert pemikir

Merupakan kepribadian introvert yang cenderung akan banyak menghabiskan waktu  untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah. Pikiran-pikiran tersebut juga sering kali kreatif dan imajinatif. Ketika membuat keputusan, orang dengan kepribadian ini selalu mencari dan mendahulukan fakta.

  • Introvert yang tidak suka keramaian

Merupakan kepribadian introvert yang cenderung menghabiskan waktu sendiri karena merasa canggung, malu, dan tidak nyaman ketika berada di tengah sekumpulan orang banyak.

Baca juga:

  • Introvert yang terkendali

Jenis kepribadian ini merupakan kepribadian orang-orang yang cenderung memerlukan waktu berpikir sebelum berbicara atau melakukan suatu tindakan

Jadi orang dengan kepribadian introvert belum tentu pemalu dan orang yang pemalu belum tentu introvert ya guys. Memang benar sangat mungkin seseorang dengan kepribadian introvert memiliki sifat pemalu. Namun jangan lupa bahwa introvert itu banyak jenisnya. 

Buat kamu yang belum tau kepribadian kamu tergolong introvert atau ekstrovert, bisa segera mengikuti tes kepribadian. Tes kepribadian juga banyak macamnya, yaitu tes grafis, tes MBTI, tes psikologi, dan lain sebagainya. 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, info kelas, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *