Halo Campuspedia Friends! Bagi kamu semua yang sudah mahasiswa pastinya pengen banget dong ya punya nilai IPK tinggi. Bahkan kalau bisa sampai nanti lulus dapat predikat cumlaude. Namun, ada juga beberapa mahasiswa yang memiliki IPK kecil atau rendah di bawah standar.

Baca Juga:

Penyebab dari IPK kecil tersebut tentunya beragam, gak cuman dari segi akademis saja. Terus, gimana dong caranya buat keluar dari jeratan IPK kecil tersebut? Tenang aja, bagi kamu yang punya nilai IPK kecil, coba praktikkan beberapa tips berikut ini ya!

tanya teman sambil belajar barengTanya Teman yang Lebih Paham

Tentu saja cara ini menjadi cara yang paling mudah kalau kamu bingung dengan materi yang diajarkan dosen tapi kamu malu untuk bertanya di kelas.

Kamu bisa bertanya atau bahkan belajar bareng dengan teman kamu yang lebih paham dengan materi perkuliahan tersebut. Dengan begitu, nilai IPK mu pun akan terbantu naik karena kamu bakal lebih paham dengan materi kuliah.

mencoba teknik belajar yang lainEvaluasi Cara Belajar

Mungkin nilai IPK mu rendah karena selama ini cara belajar kamu salah? Itu bisa menjadi salah satu faktornya lho, walaupun memang jarang yang menyadarinya.

Baca Juga:

Nah kalau begitu kasusnya, kamu bisa mencoba teknik atau cara belajar yang lain. Misalnya yang biasanya kamu pakai sistem kebut semalam, mungkin kamu lebih cocok belajar bareng dengan teman. Selain itu, bisa saja kamu lebih cocok untuk belajar melalui audio atau sebaliknya secara visual yang harus melihat materi PPT.

fokus pada masa depan mengerjakan tugas agar ipk tinggiFokus Pada Masa Depan

Semakin tua semestermu, semakin malas pula kamu dengan tugas-tugas kuliah. Bahkan bisa jadi kamu mulai lalai dengan tugas-tugas kuliah sejak semester awal?

Sebagai anak kuliahan alias mahasiswa kamu harus bisa bertanggung jawab pada dirimu sendiri. Kelulusanmu benar-benar ditentukan oleh dirimu sendiri. Berbeda dengan jaman sekolah dimana kalau kamu belum mengumpulkan tugas maka guru mu yang akan mengejarmu. Kalau di kampus, yang terjadi adalah sebaliknya.

Baca Juga:

Jadi lebih baik kamu mulai fokus dengan masa depanmu. Kerjakan semua tugas dan ujian dengan serius dan benar alhasil IPK mu pun gak akan mengecewakan.

ngobrol dengan dosen buat meningkatkan ipkNgobrol Sama Dosen

Banyak orang yang nyebut ini caper atau cari perhatian sama dosen. Ya mau gimana lagi ya.. faktanya di perkuliahan caper ke dosen tuh boleh kok bahkan harus, asal caper-nya baik ya bukan yang aneh-aneh.

Kamu bisa caper ke dosen dengan aktif bertanya di kelas dan bahkan sekedar ngobrol aja sama dosen. Mungkin pas ketemu di kantin atau saat selesai kelas. Dengan kamu rajin berkomunikasi dengan dosen, apalagi bicarain materi perkuliahannya, IPK mu bisa terselamatkan.

Nah, jadi gitu Campuspedia Friends, beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk meningkatkan IPK mu bagi yang punya IPK kecil atau rendah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan juga ke teman-temanmu ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *