IQ Tak Menjamin Sukses, Ini Kata Ketua Forum Rektor Indonesia – Seseorang dengan IQ (intelligence quotient) tinggi tidak menjamin akan sukses. Akan tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Demikian diungkapkan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof. Arif Satria pada webinar bertajuk “Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020” melalui kanal Youtube LTMPT OFFICIAL, Sabtu (28/11/2020). 

Prof. Arif yang juga Rektor IPB University menyatakan bahwa IQ yang tinggi maupun kuliah di kampus ternama tidak menjamin. “IQ tinggi atau kuliah di perguruan tinggi terbaik di luar negeri tidak menjamin pada masa depan yang baik. Karena yang membawa masa depan itu semua tergantung dari kemampuan pribadi orang tersebut,” tegasnya. 

Hal itu dikatakannya terkait 100 faktor orang bisa sukses. Apa saja faktor itu? Ternyata, dari hasil penelitian Thomas J Stanley: IQ berada di urutan ke-21 Bersekolah di sekolah favorit urutan ke-23 Lulus dengan nilai terbaik urutan ke-30 

Baca juga:

“Jadi, IQ kita ini 150 tidak menjamin kita ini sukses. Lulus dengan nilai terbaik juga tidak menjamin,” ucapnya. 10 faktor sukses Dijelaskan, kita sukses dalam pendidikan, pekerjaan, atau karir itu ada 10 faktor: 

  1. Kejujuran
  2. Kedisiplinan
  3. Goodinterpersonal skill 
  4. Dukungan dari pasangan hidup (yang sudah menikah)
  5. Bekerja lebih keras dari yang lain
  6. Mencintai apa yang dikerjakan
  7. Kepemimpinan yang baik dan kuat
  8. Semangat danberkepribadiankompetitif 
  9. Pengelolaan kehidupan yang baik
  10. Kemampuan menjual gagasan dan produk

Baca juga:

IQ tak menjamin sukses, kamu harus pilih jurusan kuliah sesuai passion 

Terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2021, Prof. Arif juga memberikan pesan kepada calon mahasiswa agar memilih kampus tidak bisa asal pilih. Namun semua harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya, termasuk prospek kerja nanti ke depannya. 

Namun yang paling penting ialah harus disesuaikan dengan passion siswa itu sendiri. Maka nanti akan kuliah dengan nyaman karena sesuai dengan hati. “Memilih kampus dan jurusan jangan bergantung pada persepsi publik atau seseorang, tapi sesuaikan dengan passion calon mahasiswa,” ujarnya.  

Karena itu, Prof. Arif berpesan pada calon mahasiswa agar dapat mengembangkan soft skill dengan baik, memilih jurusan atau kampus sesuai dengan passion dan bidangnya. Serta bisa menjadi orang sukses dengan menerapkan 10 faktor itu.

Baca juga:

Nah itulah faktor sukses menurut ketua forum rektor Indonesia. Jelas kan, IQ tak menjamin sukses. Jadi bagi kamu yang merasa rendah, jangan begitu lagi ya karena setiap mimpi pantas untuk diperjuangkan, semangat.

Itulah rekomendasi channel Youtube edukasi yang wajib kamu tonton. Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *