Hello Campuspedia Friends! Institut Teknologi Bandung (ITB) akan segera meluncurkan Laman baru untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dengan nama Admission ITB. Munculnya Laman baru ini akan semakin memudahkan calon mahasiswa baru untuk melakukan pendaftaran.

cara masuk ITB

Tiga Jalur Yang Disediakan

Pembukaan pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun ini pun akan dibuka lewat 3 jalur, yakni: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Direktur Pendidikan ITB, Dr. Arief Hariyanto, mengungkapkan bahwa pada tahun ini ITB akan menerima 4620 mahasiswa baru dengan kuota untuk jalur SNMPTN sebesar 40%,  jalur SBMPTN sebesar 30%, dan jalur Seleksi Mandiri sebesar 30%. Ketiga jalur ini pun terbuka untuk seluruh sekolah/fakultas yang ada di ITB. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur SNMPTN dan SBMPTN bisa langsung .

Baca Juga: 

mahasiswa ITB

Program Peminatan

Terkhusus untuk jalur SNMPTN, ITB menawarkan Program Peminatan yang bisa dipilih berdasarkan minat dan bakat calon mahasiswa baru.

Dalam Program Peminatan, terdapat 16 program studi yang ditawarkan, yakni:  Program Studi Astronomi, Kimia, Meteorologi (Ganesha), Oseanografi (Ganesha), Oseanografi (Cirebon), Teknik Geofisika (Ganesha), Teknik Geofisika (Cirebon), Teknik Fisika, Manajemen Rekayasa, Teknik Material, Perencanaan Wilayah dan Kota (Ganesha), Perencanaan Wilayah dan Kota (Cirebon), Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Kriya (Cirebon), Teknik Industri (Cirebon) dan Kewirausahaan.

Untuk mengikuti Program Peminatan, calon mahasiswa baru harus mengisi pilihan program studi yang diminati melalui laman Program Peminatan ITB 2021 yang akan dibuka pada tanggal 15 – 25 Februari 2021. Peserta tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari 1 program studi dari sekolah/fakultas yang sama.

Baca Juga: 

Kelas Internasional

Selain Program Peminatan, ITB juga menawarkan kelas Internasional bagi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa Indonesia, dengan melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa atau Double Degree dengan perguruan tinggi dari Luar Negeri yang menjadi mitra kerja sama ITB.

Dr. Arief Hariyanto mengatakan bahwa penyelenggaraan kelas internasional memberikan kesempatan bagi siswa – siswi Indonesia yang telah tinggal di luar negeri dan ingin menempuh pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, kelas Internasional juga diperuntukan bagi WNA, siswa – siswi Indonesia yang menempuh pendidikan menengah di luar negeri dan SMA Internasional, dan siswa – siswa Indonesia dari SMA Indonesia yang menginginkan pengalaman Internasionalisasi.

Baca Juga:

Keseluruhan proses perkuliahan akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Selain itu, tidak semua program studi menyediakan kelas Internasional. Beberapa program studi yang menyediakan, yakni: Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Manajemen Bisnis Internasional.

Nah, itu dia berita terbaru seputar Institut Teknologi Bandung atau ITB. Buat Campuspedia Friends yang akan menjadi calon mahasiswa baru tahun 2021, persiapkan dirimu dengan baik ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *