Hallo Campuspedia Friends! Saat ini sudah banyak jalan guna memperoleh kemudahan untuk menempuh pendidikan tinggi. Banyak universitas di Indonesia yang seakan berlomba memberi kemudahan akses untuk menempuh kuliah di sana. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD). Melalui Talkshow “Ayo Kenal UNPAD” yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 22 Mei 2021, pihaknya menjelaskan bahwa mahasiswa yang memiliki kesulitan dan keterbatasan biaya masih bisa menempuh pendidikan tinggi melalui berbagai program yang disediakan UNPAD.

 

Baca juga :  

 

Biaya Pendidikan Bukan Lagi Faktor Pengganggu

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita, PhD, menegaskan bahwa selama berprestasi baik, pihak UNPAD tidak akan segan menyalurkan mahasiswa kepada pemberi beasiswa yang tersedia. Oleh karenanya masalah biaya sudah seharusnya bukan lagi jadi faktor pengganggu.

Dilansir dari yang menyiarkan talkshow tersebut, program beasiswa tidak hanya diperuntukkan untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan. Masih banyak juga program beasiswa yang dikhususkan kepada calon mahasiswa dari program Pascasarjana.

Kuota Penerima KIP-K UNPAD

Salah satu bentuk bantuan biaya untuk berkuliah di UNPAD yang dapat diperoleh oleh mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri adalah KIP-Kuliah. Prof. Arief menjelaskan bahwa tahun ini, UNPAD mendapatkan jatah KIP-Kuliah sebesar 1200 orang.

Walau sudah sedikit terkurangi kuota KIP-Kuliah dari calon mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN, pihak UNPAD juga tidak segan mengajukan KIP-K kepada pemerintah untuk calon Mahasiswa dari jalur mandiri yang masih belum dapat jatah. Hal ini dikarenakan pemerintah sendiri yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi peserta KIP-K untuk berkuliah di kampus negeri.

Peserta Yang Punya Kartu KIP-K Bebas Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri

Sejak lama, UNPAD sudah membebaskan biaya pendaftaran untuk Jalur Mandiri. Hanya saja, syaratnya calon mahasiswa harus punya kartunya  terlebih dahulu. Menurut Prof. Arief, terkadang calon mahasiswa yang belum mempunyai kartu KIP-K akan mempersulit pemilahan calon mahasiswa yang bukan atau peserta.

 

Baca juga :  

 

Program Beasiswa Pascasarjana

Selain beasiswa untuk calon mahasiswa sarjana, UNPAD juga memberikan beasiswa untuk program Pascasarjana. Tiga diantaranya adalah Beasiswa LPDP, beasiswa unggulan Pascasarjana Padjadjaran untuk program fast track Magister-Doktor, dan beasiswa Program Doktoral Padjadjaran untuk program S3. Selain itu, banyak pula beasiswa yang dapat Calon Mahasiswa dapatkan melalui program beasiswa kementrian, daerah, hingga dari pihak swasta.

UNPAD Adalah Milik Masyarakat

“Prinsipnya, Unpad adalah milik masyarakat, sehingga jangan sampai ada kendala nonteknis akademis bisa menghambat seseorang masuk UNPAD. Nanti kita bersama-sama berusaha agar studinya tidak terganggu.” Sambung Prof.Arief.

Sementara itu, talkshow “Ayo Kenal UNPAD” tersebut diadakan untuk mensosialisasikan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) pada seluruh jenjang.

 

Nah itu tadi informasi mengenai biaya kuliah UNPAD. Bagi kalian yang ingin mendaftar di UNPAD, mulai sekarang jangan ragu lagi  soal biaya ya!

 

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *