Hallo Campuspedia Chingu! Siapa nih yang lagi skripsian? Kalau iya, chingu wajib baca artikel ini sampai selesai. Skripsi merupakan sebuah tahap akhir dari masa perkuliahan yang harus dilalui sebelum mahasiswa dinyatakan lulus dari bangku perkuliahan. Setelah mengerjakan skripsi kita akan melaksanakan sebuah sidang akhir sampai akhirnya dinyatakan lulus dari bangku perkuliahan. 

Selain itu teman-teman harus memperkirakan hal-hal yang akan terjadi saat menjalani sidang skripsi. Ada beberapa hal yang harus kalian hindari saat sedang sidang nanti.

“Apa aja tuh minca?”

Penasaran kan? Yuk langsung aja simak informasinya di bawah ini ya.

Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan tahap akhir dalam mengerjakan tugas akhir. Di sini kamu akan membawakan hasil kerja dari skripsimu. Kamu harus bisa mempertanggung jawabkan hasil yang telah didapat. Saat sidang skripsi juga kalian akan dibanjiri pertanyaan dari para dosen penguji. 

Hampir semua mahasiswa yang akan menjalankan sidang akan merasa khawatir dengan yang akan terjadi nanti.

”Gimana kalau kita nggak bisa jawab pertanyaan?” 

”Gimana kalau kita nggak bisa jelasin materinya?”

Ingat! Jangan pikirkan hal-hal buruk yang belum tentu akan terjadi ya. Berpikirlah positive agar kalian bisa tenang menghadapi sidang.

Baca juga:

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sidang Skripsi

Untuk itu minca akan kasih tahu nih apa saja yang tidak boleh kamu lakukan menjelang dan saat sidang skripsi. Jangan lupa dilakukan ya chingu.

Berpenampilan Seadanya

Hal pertama yang wajib kalian hindari adalah memakai pakaian yang seadanya atau terkesan kurang pantas. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan untuk menunjukan kesan baik kalian di hadapan penguji. Jangan menganggap langkah ini berlebihan, justru ini adalah langkah pertama yang paling penting. Berpenampilanlah serapi mungkin seperti akan melakukan wawancara kerja.

Meminta Pergantian Dosen Penguji

Kalian takut dengan dosen penguji yang killer dan minta meminta pergantian dosen penguji? It’s BIG NO! ya chingu. Jangan pernah meminta pergantian dosen penguji hanya kalian takut dipersulit saat sidang. Siapapun dosen pengujinya kalian harus yakin bisa menghadapinya. Selama kalian sudah mempersiapkan yang terbaik hal-hal buruk tidak akan terjadi. Just do it!

Baca juga:

Membuat Slide Presentasi Dengan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Slide presentasi untuk sidang skripsi juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari ya chingu. Hindari membuat file presentasi saat malam sebelum sidang. Buatlah jauh-jauh hari sebelum sidang dimulai, untuk meminimalisir adanya kesalahan.

Malas Berlatih Presentasi

Berlatih presentasi merupakan hal yang paling penting. Kalian tidak mau kan jika nanti tidak lancar menjelaskan saat sidang berlangsung. Sama seperti poin sebelumnya, latihan presentasi juga harus dilakukan minimal 2 hari sebelum hari H. Kamu bisa menyiapkan kata-kata yang akan dibawakan saat sidang.

Jawab Asal-Asalan

Saat sesi pertanyaan jangan pernah berpikir untuk ”asal jawab yang penting terjawab”. Itu adalah kesalahan besar. Sidang skripsi bukan lagi seperti perkuliahan, dimana para dosen akan memaklumi jawaban salah kalian. Kalian dituntut harus mengetahui seluk beluk tugas akhir kalian. So, jawablah pertanyaan sesuai dengan data yang ada. Sebelum menjawab berpikirlah 10 sampai 15 detik untuk menyusun kalimat yang tepat.

Baca juga:

Itu dia hal-hal yang tidak boleh kalian lakukan saat menjalani sidang. Pastikan untuk mempraktikannya saat sidang nanti ya. Minca doakan chingu diberikan kelancaran saat sidang skripsi nanti. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *