Tidak ada yang bisa menjamin masa perkuliahan akan berjalan mulus begitu saja. Kamu bertemu dengan banyak hal baru yang menyenangkan. Namun pastinya kamu juga akan merasakan momen-momen berat sebagai mahasiswa. Oleh karena itulah teman kuliah menjadi elemen penting di masa kuliahmu.

Kamu perlu betul-betul menaruh perhatian ketika memilih teman kuliah. Karena memilih teman kuliah layaknya dua sisi mata pisau. Kalau tidak berhati-hati, kamu akan celaka. Terlebih lagi, kehidupan kuliah berbeda jauh dengan kehidupan di sekolah.Tujuannya, agar teman kuliahmu tidak berakhir menjadi racun bagi dirimu sendiri.

Lantas, bagaimana cara memilih teman kuliah yang tepat? 

Kali ini, Minca membeberkan beberapa tips memilih teman kuliah, supaya kamu tidak salah memilih teman. Tips ini bisa kamu terapkan sesegera mungkin, lho. Yuk, simak artikel ini sampai akhir.

Baca juga:

Kenali Dirimu dan Be Yourself!

Sebelum kamu mencari teman yang baik, kamu perlu mengenali dirimu sendiri. Cari tahu apa yang kamu inginkan dari sebuah pertemanan, apa yang kamu suka, dan orang yang seperti apa yang cocok dengan dirimu. Dalam proses ini kamu perlu menjadi diri sendiri, karena yang akan menjalani hubungan pertemanan adalah diri kamu bukan orang lain.

Inisiatif

Karena kamu sudah tahu teman seperti apa yang ingin kamu cari, maka kamu perlu bergerak atas kemauanmu sendiri. Karena ada kalanya teman tersebut tidak datang dengan sendirinya. Caranya, kamu bisa membuka diri dengan siapapun dan jadilah pribadi yang menyenangkan.

Baca juga:

Jalin Komunikasi yang Baik

Ajak orang-orang yang kamu temui untuk berbincang tentang hal-hal yang kamu suka. Jalin komunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Dari perbincangan tersebut, kamu dapat menilai apakah mereka adalah orang yang kamu cari atau tidak. 

Berani Katakan Tidak

Tidak jarang, ketika kamu sedang dalam proses mencari teman kamu akan bertemu dengan orang-orang yang tidak sesuai dengan keyakinanmu. Pada momen ini, kamu perlu berani untuk mengatakan tidak kepada mereka. Dengan berani mengatakan tidak, kamu sebenarnya tidak sedang menyakiti orang lain, hanya saja kamu sedang menjaga nilai-nilai yang kamu yakini.

Kejujuran yang Utama

Hubungan pertemanan yang baik diisi oleh orang-orang yang jujur. Apabila kamu menemukan teman yang tidak jujur denganmu, mulailah untuk berhati-hati. Karena satu kejujuran akan menciptakan kejujuran yang lain.

Ikuti Banyak Kegiatan Kampus

Setiap kegiatan kampus memiliki tantangan dan rintangan tersendiri. Secara tidak sadar, kondisi ini akan mencerminkan kepribadian masing-masing orang. Dengan demikian, kamu dapat mencari orang-orang yang saru frekuensi denganmu. Carilah mereka yang memenuhi kriteria pertemanan versi kamu, melalui berbagai kegiatan kampus.

Baca juga:

Mencari teman kuliah yang tepat merupakan sebuah proses. Kamu mungkin saja tidak menemukan mereka dalam satu kali waktu. Jadi, kamu perlu bersabar dan tetap menjalankan tips yang Minca jabarkan di atas.

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *