Halo Sobat Campuspedia! Berbicara perihal lingkungan kerja, pasti tidak akan jauh tentang berbagai hal yang unik dan menarik. Contohnya saja seperti pertanyaan menjebak yang tiba-tiba diberikan kepada kamu. Oleh sebab itu, kamu harus tahu nih tips dunia kerja agar nantinya tidak salah langkah dalam menjawab pertanyaan yang menjebak.

Memang, pertanyaan mengenai lingkungan kerja bisa menjadi pertanyaan paling membingungkan karena sebenarnya tersimpan banyak jebakan di pertanyaan tersebut. Bahkan, seseorang yang memiliki banyak pengalaman pun bisa terpeleset di sini. Hal ini disebabkan karena pertanyaan mengenai lingkungan kerja sering kali bersifat subjektif dan tidak ada jawaban yang terhitung benar.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah menambahkan jawaban dengan sedikit bumbu kebohongan. Meskipun demikian, memang tidak dapat dipungkiri kalau berbohong merupakan hal yang tidak boleh dilakukan karena termasuk perbuatan yang kurang terpuji.

Namun, berbohong juga tidak salah dilakukan sesekali terutama ketika kamu diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang menjebak. Pastinya dengan cara seperti itu akan menyelamatkan kamu nantinya, Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 

1. Menurut Kamu, Bos X Itu Ngeselin Banget Ga Sih?

Menurut Kamu, Bos X Itu Ngeselin Banget Ga Sih?

Tips dunia kerja yang pertama ini bisa dibilang sangat penting lho, Sobat Campuspedia! Sebab, biasanya pertanyaan seperti ini memiliki maksud lain yang pastinya kurang baik. Biasanya sih pertanyaan seperti ini diajukan dengan dua tujuan yang berbeda.

Pertama, tujuannya karena ingin menguji pandangan pribadimu mengenai kinerja atau sikap dari bosmu. Sedangkan, untuk tujuan kedua biasanya karena ingin menjatuhkan pandangan bosmu terhadap kualitas dirimu. Bos mana yang tidak akan kecewa ketika karyawannya menjelek-jelekkan dirinya?

Baca Juga: 

Oleh sebab itu, meskipun bos kamu memang ngeselin banget, cobalah untuk memanipulasi ungkapanmu dengan lebih halus. Karena penilaianmu terhadap bos adalah privasi yang hanya kamu yang boleh tahu.

2. Kamu Sebentar Lagi Mau Cari Pekerjaan Baru, ya?

Kamu Sebentar Lagi Mau Cari Pekerjaan Baru, ya?

Selanjutnya, untuk tips dua kerja yang kedua ini juga tak kalah penting, lho! Di mana kamu pastinya memiliki hak untuk merahasiakan aktivitas saat kamu sedang berusaha untuk mencari pekerjaan yang lain.

Hal seperti itu sebenarnya tidak boleh kamu beritahu ke siapapun, khususnya seseorang yang bekerja di tempat kerjamu. Karena hal ini akan mempengaruhi pandangan lingkungan di sekitarmu terhadap dirimu, lho! Misalkan saja kamu sedang ada jadwal wawancara untuk pekerjaan barumu, cobalah untuk mencari jadwal ketika kamu sedang berlibur, ya!

Baca Juga:

3. Presentasi yang Dibawain Sama Si X Tadi Tidak Masuk Akal, ya?

Presentasi yang Dibawain Sama Si X Tadi Tidak Masuk Akal, ya?

Saat kamu diminta untuk menyampaikan pandangan mengenai presentasi dari seseorang yang bekerja denganmu, hal ini sebenarnya “jebakan batman” yang harus kamu waspadai nih, Sobat Campuspedia!

Meskipun presentasi yang orang itu bawakan banyak kesalahan atau memang benar-benar tidak masuk akal, cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan senyuman yang sopan saja. Jangan terlalu jujur untuk mengungkapkan pandanganmu, ya! Hal ini disebabkan karena kamu harus waspada dengan rekan kerjamu yang gemar gosip!

Baca Juga: 

4. Hasil Meeting Tadi Sudah Paham Betul, kan?

Hasil Meeting Tadi Sudah Paham Betul, kan?

Tips dunia kerja selanjutnya ini bisa dibilang jebakan yang wajib diwaspadai nih, Sobat Campuspedia! Setelah kamu meeting, biasanya bos atau teman kerjamu akan bertanya terkait dengan paham atau tidaknya kamu dengan hasil meeting yang telah dibahas tadi.

Meskipun kamu belum terlalu memahami hasil meeting tadi, cobalah untuk menjawab dengan cara yang cukup elegan, ya! Jangan sesekali kamu menjawab secara gambling kalau kamu belum memahami hasil meeting tadi. Daripada menjawab dengan cara seperti itu, cobalah untuk menanyakan kembali beberapa kata yang kamu masih ingat sebagai bahan untuk crosscheck.

5. Kamu Beneran Bisa Ngerjain Bagian yang Ini, kan?

Kamu Beneran Bisa Ngerjain Bagian yang Ini, kan?

Selanjutnya, ini tips terakhir yang harus kamu ketahui nih, Sobat Campuspedia! Ketika kamu diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan pekerjaan yang bisa dibilang sangat sulit dan di luar batas kemampuanmu, cobalah untuk menjawab dengan yakin kamu siap.

Baca Juga: 

Dengan catatan, kamu akan berusaha dulu, asalkan kamu berani mencoba dan tidak menyerah, kamu pasti bisa, kok! Namun, kamu juga harus siap-siap nih kalau misalkan pekerjaan kamu dinilai bagus, kamu akan benar-benar dipercaya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, ya!

Kamu ingin dapat informasi lain seputar upgrade skill dan persiapan karier? Yuk, ikuti instagram dan pantau kelas online yang tersedia di web untuk bantu kamu mengembangkan skill dan mempersiapkan karier yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *