Halo Sobat Campuspedia! Mengutip dari The Asean Post, leadership atau kepemimpinan masuk ke dalam TOP 10 SKILLS OF 2025 dan menduduki urutan ke-6 loh! Memiliki kemampuan dan sifat kepemimpinan memang memegang peranan penting karena keterampilan ini akan sangat mempengaruhi kinerja individu maupun organisasi, khususnya dalam proses mencapai tujuan bersama.

Apa itu Kepemimpinan/Leadership Skill?

sifat kepemimpinan orang indonesia

Leadership atau kepemimpinan biasanya berkaitan erat dalam konteks kerja tim. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain supaya mau bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Seseorang dengan jabatan tinggi dan memiliki banyak pengikut hendaknya telah menguasai leadership skill dengan baik. Namun, kenyataannya banyak yang tidak mempunyai kapasitas tersebut sehingga akhirnya menjadi hambatan dalam manajemen kerja tim.

Apakah saat ini kamu sedang mengemban amanah sebagai pemimpin? Atau tertarik menjadi pemimpin dalam waktu dekat? Yuk, persiapkan dirimu menjadi pemimpin yang hebat untuk tim dan organisasimu dengan cara mengetahui sifat kepemimpinan apa saja yang wajib kamu miliki. 

1. Berpendirian Teguh

6 skill leadership yang wajib kamu punya

Sebagai seorang pemimpin, sifat kepemimpinan yang wajib kamu miliki adalah pendirian yang teguh. Pendirian kuat tidak akan membuat kamu mudah goyah dalam menjalankan sesuatu dan mengambil keputusan. 

Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih konsisten. Tentu sebagai pemimpin kamu harus memiliki komitmen terhadap keputusan dan tindakan yang kamu lakukan.

Jika kamu menerapkan karakter tersebut dalam dirimu, maka dijamin rekan kerja dan tim kamu pun akan memiliki tanggung jawab yang penuh atas setiap pekerjaan yang kamu berikan.

2. Memiliki Stabilitas Emosi yang Baik

Pemimpin dengan emosi yang stabil akan menunjang pencapaian lingkungan sosial yang rukun, damai, dan harmonis. Memiliki stabilitas emosi yang baik juga didukung dengan kemampuan mengontrol dan memanajemen emosi.

Pemimpin yang baik tidak boleh terbawa arus emosi negatif terlalu mudah dan berlebihan, melainkan harus mampu mengatur stabilitas emosi dan tetap bersikap positif. 

3. Visioner

jenjang karir-etika kerja-sifat kepemimpinan

Sifat kepemimpinan selanjutnya adalah visioner. Sebagai pemimpin setidaknya kamu harus mampu mempunyai kemampuan analisis kuat dan bisa merencanakan berbagai hal, serta membuat perkiraan tentang apa yang terjadi di masa mendatang berdasarkan data-data yang ada. orang indonesia

Dalam hal ini kamu juga membutuhkan kecerdasan yang mencakup kebijakan, pemikiran kreatif, dan daya pikir. Dengan begitu, sebagai pemimpin kamu akan memiliki sifat kepemimpinan yang proaktif dan inovatif.

Baca Juga:

4. Jujur dan Dapat Dipercaya

Memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya memang selayaknya dimiliki oleh setiap orang, tidak hanya seorang pemimpin. Sosok yang jujur adalah sosok yang dapat diandalkan dalam berbagai hal dan tidak akan menggagalkan suatu tujuan hanya untuk kepentingan pribadinya.

Sebagai pemimpin kamu harus bisa memiliki sikap yang terbuka dalam setiap kondisi yang dialami. Dengan begitu, kamu akan mempererat relasi mendapatkan kepercayaan dari bawahan atau rekan kerjamu. 

5. Memiliki Empati

Sifat kepemimpinan yang ke-5 adalah empati. Empati merupakan sifat kepemimpinan yang akan membuatmu mempunyai rasa kepedulian terhadap orang lain terutama rekan kerjamu. Pemimpin harus memiliki tingkat kepekaan tinggi terhadap lingkungan kerja di sekitarnya.

Sebagai pemimpin, kamu harus mampu memberikan perhatian khusus kepada setiap orang di dalam tim tersebut. Rasa empati juga penting sebagai tanda kepekaanmu terhadap masalah yang sedang dialami dalam tim. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih cepat tanggap menghadapi masalah yang terjadi. 

6. Tegas dalam Mengambil Keputusan

Pemimpin yang berhasil pasti dapat mengambil keputusan secara cepat, tegas, dan tepat sebagai hasil dari kearifan dan pengalamannya. Memiliki sifat tegas juga akan menambah value dan kewibaanmu dalam menjadi pemimpin lho!

Sebagai pemimpin, kamu adalah contoh dan representasi dari keseluruhan tim. Oleh karena itu, kamu harus mampu tegas dan percaya diri dalam memimpin dan mengambil keputusan. 

Baca Juga:

7. Komunikatif

Sifat kepemimpinan yang terakhir adalah komunikatif. Artinya, pemimpin mampu menyampaikan berbagai hal dengan jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Untuk bisa memiliki sifat ini, pemimpin harus tahu bagaimana metode komunikasi yang baik.

Metode komunikasi yang baik adalah komunikasi yang persuasif sehingga mampu menarik orang untuk melakukan sesuatu tanpa paksaan. Selain itu, pemimpin yang baik juga semestinya terhindar dari kesalahan dalam penyampaian pesan.

Yuk, Jadi Pemimpin Muda yang Hebat!

kamu sedang mengemban amanah sebagai pemimpin? Atau tertarik menjadi pemimpin dalam waktu dekat? Wah, pas banget nih!

Kamu cocok lho untuk ikutan online career class edisi “Having A Leadership Mindset in Your Team” pada 20 Februari 2021 pukul 19.15 WIB bersama Irdham Kusumawardhana, Territory Sales Manager at Lonza. Di kelas ini, kamu akan diajak untuk memahami lebih dalam terkait kepemimpinan/leadership. Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

What will you learn:

  • Pengertian dari Leader
  • Perbedaan Leader dengan Boss
  • Do and Don’t dalam dunia Leadership
  • Cara berkomunikasi yang baik saat menjadi Leader
  • Keterampilan memimpin sebuah tim
  • Cara menangani anggota yang tidak satu visi
  • Cara mengenbangkan Leadership Skill
  • Sharing session pengalaman

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam orang indonesia
  • E-Sertifikat
  • Donasi orang indonesia
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *