Jenis-jenis Perangkat Output pada Komputer

Jenis-jenis Perangkat Output pada Komputer

Salah satu komponen yang paling dasar dari sebuah sistem komputer adalah output device atau perangkat keluaran. 

Perangkat output dapat didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang menampilkan keluaran atau hasil pemrosesan data mentah yang telah dimasukkan melalui perangkat input

Ada beragam perangkat output, bergantung dari jenis media yang ingin ditampilkan seperti gambar, video, teks cetak, dan lain-lain.

BACA JUGA !!!Alasan Kamu Harus Kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia

1. Monitor

Monitor adalah perangkat output berupa layar untuk menampilkan jendela utama dari antarmuka sistem operasi. Monitor juga dikenal sebagai visual display unit (VDU). 

Perangkat ini merupakan perangkat keluaran utama yang dapat menampilkan data atau informasi yang telah diproses sebagai teks, gambar, audio, atau video.  

Monitor menghasilkan gambar dengan menyusun titik-titik berukuran kecil berbentuk pola persegi yang biasa dikenal sebagai pixel. Ketajaman dari sebuah gambar ditentukan oleh jumlah pixel tersebut. 

Berikut ini merupakan jenis-jenis monitor 

Monitor CRT

Monitor CRT adalah monitor berbasis tabung cahaya katode. Monitor ini mirip seperti tabung vakum yang memproduksi gambar dalam bentuk signal video.

BACA JUGA !!!

 Alasan Kamu Harus Kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia

Monitor CRT mengandung jutaan titik fosforus berwarna merah hijau dan biru. Titik tersebut akan bersinar apabila dilewati cahaya elektron dan gambar akan terbentuk akibat proses ini. Fenomena ini disebut dengan cathodoluminescence. 

Bagian utama dari monitor CRT adalah elektron Gun, layar neon, amplop kaca, rakitan plat difleksi, dan alas. Bagian depan atau permukaan luar layar tempat gambar dihasilkan pada monitor CRT disebut sebagai face plate yang terbuat dari serat optik. 

Saat ini monitor CRT banyak digantikan oleh monitor LCD. Meskipun begitu, monitor CRT masih sering digunakan oleh para desainer grafis profesional karena kualitas layar dari monitor ini cukup bagus. 

PENULIS : DWI INDAH IRAWATI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *