JURUSAN AKUNTANSI

JURUSAN AKUNTANSI

 77,734 total views,  2 views today

Jurusan akuntansi ialah belajar cara memelihara keuangan. Ini mempersiapkan siswa untuk menjadi akuntan dengan mengajar mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak.  Tapi jangan berpikir bahwa hanya matematika yang terkait dengan angka? Tentu saja tidak, teman. Jika kamu menambahkan simbol “Rp” di depan angka tersebut, maka topik pembicaraannya akan berpindah ke ranah ekonomi atau akuntansi.

Untuk orang awam, istilah “akuntansi” seringkali dihubungkan dengan “teller bank” atau segala hal yang terkait dengan bank. Namun, apakah hal tersebut benar adanya? Kita dapat mencari tahu lebih lanjut dalam artikel ini!

Mengenal Jurusan Akuntansi

Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), Akuntansi diartikan sebagai seni mencatat, mengklasifikasikan, dan merangkum secara khusus transaksi keuangan dan moneter.

Intinya, akuntansi adalah proses mencatat dan mengelola laporan keuangan, namun juga melibatkan penghitungan dan manajemen uang yang tidak selalu jelas posisinya. Bagi yang tertarik dengan penghitungan dan pencatatan, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga : 5 MANFAAT KKN UNTUK MAHASISWA

Mata Kuliah di Jurusan Akuntansi

Banyak orang yang belum paham tentang akuntansi akan menganggap bahwa jurusan ini mudah lulusnya. Meskipun beberapa alumnus bisa lulus dalam waktu singkat, tapi hal tersebut tidak berarti bahwa perkuliahan akuntansi itu mudah. Ada beberapa kata kunci dalam akuntansi seperti “retur”, “pembukuan”, “metode”, dan “debit-kredit” yang membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan ketekunan. Kesalahan kecil dalam akuntansi dapat memengaruhi hal lainnya. Selain itu, anak-anak akuntansi harus memahami pasar modal dan efeknya, serta memperhatikan berita perekonomian untuk memahami maksud di balik tabel debet-kredit. Di perkuliahan akuntansi, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah, mulai dari Pengantar Akuntansi hingga Akuntansi Keuangan, Akuntansi Lanjut, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintahan, Hukum Bisnis, Sistem Informasi Akuntansi, dan masih banyak lagi. Anak-anak akuntansi dituntut untuk teliti, penyabar, dan memiliki logika berpikir yang baik dan runut, mulai dari penyusunan laporan hingga pembuatan laporan keuangan tanpa ada coretan. Mari kita apresiasi anak-anak akuntansi!

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Setelah menyelesaikan jurusan akuntansi, kamu akan mendapatkan gelar S.E (Sarjana Ekonomi). Namun, jika ingin menjadi akuntan publik, kamu harus melanjutkan pendidikan selama 1 tahun dan mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP).

Terdapat banyak pilihan karir lain yang bisa diambil oleh lulusan akuntansi. Mulai dari menjadi akuntan, ahli keuangan, hingga konsultan pajak. Jika tertarik dengan pekerjaan start-up, kamu bisa bergabung dengan start-up yang bergerak di bidang financial planner. Meskipun pekerjaan ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan konsultan pajak, namun yang dikelola adalah keuangan dan klien yang dilayani bisa berupa perorangan, kelompok, atau organisasi.

Selain itu, kamu juga dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti Direktorat Jenderal Pajak, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Oleh karena itu, pilihan karir bagi lulusan akuntansi sangat beragam dan tidak hanya sebatas menjadi teller bank.

Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik

Jika kamu memiliki minat untuk melanjutkan kuliah di jurusan akuntansi, berikut ini beberapa universitas yang menawarkan program studi tersebut:

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Terbaik 1 PTN/PTS Nasional Pemeringkatan Impact Rank Webometrics

Universitas Indonesia
Universitas Gadjah Mada
Universitas Diponegoro
Universitas Sebelas Maret
Universitas Padjajaran
Universitas Jenderal Sudirman
Universitas Airlangga
Universitas Sumatera Utara
dan masih banyak universitas lainnya.

Sudah pahamkan mengenai jurusan akuntansi sekarang? Jika kamu tertarik, persiapkan dirimu untuk menjadi seorang akuntan yang handal dengan mempelajari berbagai materi di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux